Jalur Pendakian Gunung Cikuray

/
172 Comments



Cikuray yang identik dengan sebuah kerucut raksasa adalah salah satu gunung yang terletak di selatan kota Garut Jawa Barat. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah tiga gunung lainnya yaitu, Gunung Ceremai (3078 mdpl), Gunung Pangrango (3019 mdpl), dan Gunung Gede (2958 mdpl).  Meskipun gunung ini indah, Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.

Transportasi

Pendakian Gunung Cikuray dari Cilawu dapat dicapai dari Garut. Perjalanan dari jalan raya untuk menuju titik awal pendakian yaitu stasium pemancar TV  dapat memakan waktu sekitar 2 jam sampai dengan 3 jam berjalan kaki atau dapat menggunakan jasa ojek hanya sekitar 40 menit. Untuk trek jalan dari jalan raya menuju stasiun pemancar TV, dapat dilalui dari Desa Babakan Loak – Desa Cisumur – Desa Mekarsari – stasiun pemancar TV. 

Keadaan jalan untuk menuju stasiun pemancar cukup lebar di mana dapat dilalui mobil namun jalan tersebut hanya tesusun dari bebatuan. Jika hendak menuju Kecamatan Cilawu ini dengan kendaraan umum dapat mengambil jurusan Garut yang akan berhenti di Terminal Garut (Guntur), kemudian dilanjutkan dengan angkot 06 menuju Cilawu, dapat turun di Sukamulya atau Cigarungsang,di tengah jalan kita ketemu Pos perkebunan,di situ kita di suruh ngisi buku tamu dan kena biaya Rp.2.000/orang. Lalu dapat dilanjutkan dengan jasa ojek untuk menuju Stasiun pemancar Rp.30.000/orang

Jalur Pendakian Cilawu

Dari stasiun pemancar, memulai pendakian melalui kebun teh dengan punggungan yang terlihat jelas, dari sana juga dapat terlihat bentuk punggungan yang akan didaki hingga menuju puncak Gunung Cikuray jika cuaca cerah tanpa kabut. Perjalanan melewati kebun teh hanya singkat, sekitar 30 menit dengan keadaan jalur yang gersang dan berdebu. Setelah itu baru memasuki hutan yang teduh. Di luar musim hujan, kondisi tanah masih terlihat gersang dan berdebu bila ditapaki.

Pos 1 dapat dicapai dari stasiun pemancar TV dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. Kemudian ditambah sekitar 50 menit lagi untuk menuju Pos 2. Waktu tempuh Pos 2 ke Pos 3 adalah 1,5 kali lebih lama dibanding waktu tempuh dari Pos 1 ke Pos 2.  Karena medannya yang curam, dengan kontur yang rapat, Pos 1, Pos 2, dan Pos 3 hanya mampu menampung satu sampai dua tenda. Sementara di Pos 4 terdapat tempat yang lebih luas yang dapat menampung sampai tiga tenda.

Sebelum memulai pendakian, sebaiknya mengisi perbekalan air di stasiun pemancar TV. Dalam musim kemarau panjang, pendaki tidak dapat mengisi perbekalan air di stasiun pemancar karena para pekerja di stasiun pemancar tersebut juga harus bolak–balik ke desa untuk mengisi ulang air yang mereka butuhkan. Maka untuk lebih pastinya, sebaiknya diisi sebelum menuju stasiun pemancar, tepatnya di desa terakhir : Desa Cisumur atau Cikoneng di Desa Dayeuh Manggung, Kecamatan Cilawu.

Pos 4 Perjalanan dilanjutkan terus mendaki dari Pos 4 menuju Pos  membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kemiringan yan lebih terjal seperti Pos 3 menuju Pos 4 yang kemudian dapat dilanjutkan ke Pos Puncak Bayangan yang memiliki lahan yang lebih luas dari lima pos sebelumnya dan dengan keadaan lebih datar tanpa adanya semak belukar.

Perjalanan setelah Pos Puncak Bayangan dapat dilakukan menuju Pos yang luasnya hampir sama dengan pos puncak bayangan yang mampu menampung sekitar 3 sampai 4 tenda. Dari Pos 6 ini pepohonan tinggi sudah tidak terlalu rapat namun masih dapat menghalangi hantaman angin langsung dan sudah sangat dekat dengan Puncak Gunung Cikuray. Pos 6 ini dapat menjadi tempat yang paling santai untuk menunggu momen matahari terbit atau tenggelam. Hanya tinggal menanjak ke puncak kurang dari 15 menit dengan membawa perbekalan secukupnya, lalu balik lagi ke Pos 6 sekitar 10 menit.

Puncak Gunung Cikuray dengan menampilkan panorama kota dan pegunungan di wilayah Garut. Di sebelah barat tampak berjajar pegunungan sampai ke arah utara, mulai dari Gunung Papandayan sampai Gunung Guntur.

Di puncak Gunung Cikuray terdapat bangunan berupa pos seluas 2.5 x 2.5 meter. Jadi hanya mampu menampung 1 tenda. Menempati pos di puncak ini merupakan pilihan yang beresiko, apalagi di saat musim hujan. Selain karena kondisi puncak yang gersang dan tidak dikelilingi pepohonan, pos tersebut biasa menjadi incaran para pendaki yang langsung menuju puncak untuk mendirikan tenda.

Tambahan:
  • Bawa jaket tebel krn dingin bgt,apalagi pas di puncak
  • Sedia air yg banyak krn setelah Pemancar ga ada sumber air
  • Yang dari Bekasi bis arah Garut jam 10 mlm itu yg terakhir
  • Buat ke Pemancar klo mau carter Elf mending yg udah kenal sama daerah situ atau udh kenal sama tukang ojek nya,krn ojek nya kyk nya agak sedikit rese klo ada angkutan lain yg naik ke atas (ngerasa di ambil jatah rejeki nya mgkn)
  • Klo bisa pake sepatu krn jalur nya banyak akar (drpd kaki luka2 kena potongan akar)

Pesan

Disini saya tidak meberikan estimasi biaya perjalanan karena estimasi biaya setiap waktu bisa berubah dan saya menganjurkan untuk tanya langsung ke petugas langsung dengan cara menghubungi petugas lewat postingan CP petugas silahkan klik di sini untuk mengetahui nomer telfon petugas gunung 


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

172 comments:

  1. Tgl 3-4nov ngerayap ni broo.. Sya Arya dari jakarta bagi yg mau merapat di tunggu kabarnya.. bisa hubungin 081282862836 /  2A1C1329

    ReplyDelete
  2. Insyallah januari kesana , doakan

    ReplyDelete
  3. mbak Rika Sartika Dewi jngn mintak doa ke saya tapi mintak ke pada Tuhan :) #SalamNgeong

    ReplyDelete
  4. Insya Allah tgl 7 februari mau naik, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  5. Salam keong..untuk bualan marer oke ga ni naik ke sana.

    ReplyDelete
  6. tgl 30 insyaallah ingin menikmati alam cikuray hehe
    salam lestari

    ReplyDelete
  7. salam lestari..
    klo jlan dari bogor ada yg langsung k'garut gk bang..
    mohon info ny bang..
    klo gk ada halangan 28 skrng saya mau nanjak cikuray bang.thx

    ReplyDelete
  8. #SalamNgeong #SalamBesiTua
    mas #jonScooterust.. panggil gendut aja mas.. kalo soal transportasi saya kurang tau mas.. ni lagi saya carikan info tmn yang tinggal di jakarta..
    di tunggu kedatanganya #BesiTua di Gubuk Keong :D

    ReplyDelete
  9. Insyaallah cikuray target destinasi kami selanjutnya setelah lebaran..hehehe... thank's info nya... :)

    ReplyDelete
  10. Longweek ini ke cikuray bro insya Allah.. kalo ad yang mau barengan ayok :D

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Kondisì terakhir dicikuray gmana bang,jumat ini ane mau muncak kesana

      Delete
  12. jumat tanggal 23 ane ma temen ane mau kecikuray,ada yg mau gabung ga?ane dari bekasi

    ReplyDelete
  13. mas @dana wah kurang tahu mas kan saya bukan juru kuncinya sana hhi.. langsung aja ke postingan sini mas tanya2 ke penjaga basecamp-nya

    http://chk2489.blogspot.com/search/label/CP%20

    Gunung kalo mau tanya2 kondisinya saat ini.. makasih dah berkunjung di #CatatanHarianKeong

    ReplyDelete
  14. Rekomendasi ngecamp bang keong di mana nih? Pos 5 atau 6? Thx

    ReplyDelete
  15. mas @pramu: kalo saya dulu di pos 6 mas

    ReplyDelete
  16. Yg dari jabodetabek Yang mau 17agustusan di cikurai,,, yuk gabug sm kita ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brngkat brp orng mba? Sya brangkat Ber 3 dri bekasi..

      Delete
  17. Kira kira kalau bawa 30 orang cukup ga ya untuk tempat camp di puncaknya?

    ReplyDelete
  18. Tanggal 5 Agustus saya mau ngerayap kesana.. Ada yang mau gabung? Dari depok

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum bang,maaf bang kalo boleh tanya bang,untuk info biaya dari terminal sampai pemancar berapa ya total nya?terimakasih

    ReplyDelete
  20. Bro biaya per pos berapa duit ya? Tolong di perjelas dong, rencana tanggal 31 juli 2014 ane merayap kesana bro kalau ada yang mau gabung call me: 08999136217

    ReplyDelete
  21. mas Botay dan mas Farid : Waalaikumsalam.. klo soal biaya transportasi dan bascamp saya tidak menulis karena biaya sifatnya bisa berubah-ubah.. lebih lengkapnya langsung aja menuju postingan ke kontak ini.. copy paste kan link ini di broswer anda ( http://chk2489.blogspot.com/2013/06/nomer-telepon-pengurus-taman-nasional.html#more ) *Tidak pakai tanda kurung

    trimakasih atas kunjunganya Salam Keong

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum... ane rencana sminggu abis lebaran nih ke cikuray, ada yang mau gabung ? Hehe ane dari garut, kalo ke cikuray belum pernah sih karena sibuk haha tapi kalo ke papandayan sama guntur ane sering buat sekedar refreshing karena banyak sumber air hehe. Cp : 087724788656 (fauzy) kalo ada yang barengan nih haha

    ReplyDelete
  23. Bismillah.. Hari ini kami mendaki ke Cikuray.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan d pmancar msh bnyak sumber air ga..

      Delete
  24. Slam lestari kawan.. Mu tanya gan kl motor ato mobil pribadi bsa nitip dmn y gan.. 27 oktbr aku ma tmn" insyaAlloh mu ksn

    ReplyDelete
  25. Mas/mba kalau kesana harus Pake Surat Izin gak ya ? , tolong infonya ya soalnya ane pemula , thanks

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum
    Ane sama temen2 dari bogor mau coba dari kesana akhir januari 2015 nih bang,,
    Tau rute kendaraan dari bogor atau jakarta buat kesana?

    ReplyDelete
  27. Tgl 29 insa Allah brgkt start kp.rambutan
    ada yg mau gabung kah ?
    sendirian nih

    ReplyDelete
  28. Tanggal 5 januari 2015 naik nih dari bandung ada yg mau gabung boleh kok. Bisa hub 085221212466 ato 276ac940 nuhunn

    ReplyDelete
  29. Bulan april ini cikuray ditutup ngak yah?

    ReplyDelete
  30. Bulam maret kira2 buka jalur gak ya gunung cikurai???

    ReplyDelete
  31. Mas kalau ad pendakian ajakin dong,kapan lg nih mendakinya

    ReplyDelete
  32. Ada yg mau trip brg? Tgl 19 mlem dr kp rambutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira kira saya mau join gan ada pin yang bisa di hubungi ga gan

      Delete
  33. Info gan pendakian untuk 13 maret apakah jalur aman, ga ? thanks

    ReplyDelete
  34. Bsk tgl 5 april ane ksna gan sma tmn kerja ane. Minta doa'a ye biar slamet brgkt n plg'a

    ReplyDelete
  35. Kalo buat pemula aman ga tuh gan trus kalo dari stasiun tv ke pos 6 brapa jam ya kira kira kalo untuk pemula gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  36. nanti sabtu minggu mau naik kesana. Kira2 cuacanya aman gak ya?

    ReplyDelete
  37. nanti sabtu minggu mau naik kesana. Kira2 cuacanya aman gak ya?

    ReplyDelete
  38. Yeyeyeeeeee endah n team Pekan ini 345 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya n kawan" juga mau muncak ke sana tgl 345/april,,, brangkat dri jakarta,,
      Endah n Team brangkat dri kota mana,,??
      Sapatau mau bareng,,, makin rame makin seru,,,

      Delete
  39. Info jya bagus bgt mas gendut hehe
    Mau tny, cikuray itu pake simaksi ga yh?
    Pny kontak carteran mobil/angkot dr guntur ke pemancar ga mas, rencana 3 April mau ksn, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manteb gan,,,
      Ane juga tgl 3,,,
      Mungkin kita bisa daki bareng di sana,,,

      Delete
  40. Ane juga berangkat besok ke cikuray

    ReplyDelete
  41. Tgl 10 april saya ke cikuray, tolong info nya ?

    085945850188/ pin : 5355bf77

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. insya Allah tgl 1,2,3 mei 2015 saya ke sana

    ReplyDelete
  44. Tanggal 4 mei insaalloh berangkat

    #

    ReplyDelete
  45. Ada yang mau ke cikuray akhir mei ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gabung sobat2 ,saya berlima tgl 1 mei brngkat kesna,,mau gbung kontek aj ba 085773473726

      Delete
  46. Saya dr bogor bang..boleh gabungkah ? Tgl 1 sore insya allah kita jg mau ksna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bogornya dimn ? Sya nak bogor juga ,tgl 1 mau ksna juga,,

      Delete
  47. Saya dri bogor juga ba novi mau kesan tgl 1 mei ni,,brngkt dr mna ?

    ReplyDelete
  48. Ada ysng naik tgl 4 ngga ni bro

    ReplyDelete
  49. Juni sebelum puasa ada yang mau naik ga? Sekitar tgl 15-16 yang mau naik info ya bbm saya 54A1C92E

    ReplyDelete
  50. pucuk pucuk pucuk ..dcikuray gak ada mata aer sama sekali gtu kaya di gunung gede ?

    ReplyDelete
  51. Saya rncna besok pgn laju ke garut,,besok nya tgl 22 bru nnjak..
    Dari jkrta 2 org + tmn dr garut 1 orang,,kali aja ada yang tgl sgtu jg mao bareng kita bersetubuh dengan alamm..
    Hee..hee...
    Dah g sabar nehh

    ReplyDelete
  52. Salam kenal Dari Perintis.. Sukabumi

    ReplyDelete
  53. Yuu kita merapat.. saya bertiga dari sini berangkat hari sabtu tanggal 15.

    ReplyDelete
  54. Saya muncak cikuray tanggal 15 agustus bulan ini, sampai ketemu di sana kawan2

    ReplyDelete
  55. Ane juga mau muncak tgl 15 gan, boleh bareng g gan. Ane Dr tangerang
    Kontek ane d wa : 081294246069/bbm : 769d5871

    ReplyDelete
  56. Gan rawaku ane juga dari tangerang gan mau muncak tanggal 15 juga. Ane berlima sama temen2 ane. Sampai bertemu semuanya di gunung cikuray :)

    ReplyDelete
  57. Insyaallah awal oktober tgl 2 malemnya berangkat dari setasiun lebak bulus

    ReplyDelete
  58. Insyaallah awal oktober tgl 2 malemnya berangkat dari setasiun lebak bulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo..slam kenal, boleh ikut joint gak rencana berangkat berapa org, blh minta kontak nya, thx

      Delete
  59. Sebelum akhir tahun pengen naik nih,, yg dr Bekasi ajak gw lah....

    ReplyDelete
  60. Insyaalloh awal oktober muncak ,bandung hayu bareng....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal oktober ktmu dsana ya. Tgl 2 brangkat dari Kp. Rambutan

      Delete
  61. mas fajar minta kontak nya boleh, ikut joint

    ReplyDelete
  62. Insyallah awal oktober muncak ksna :)

    ReplyDelete
  63. Insyallah awal oktober muncak ksna :)

    ReplyDelete
  64. Bang tanya transpotnya dari stasiun cibatu ke pemancar naik apa

    ReplyDelete
  65. Bang tanya transpotnya dari stasiun cibatu ke pemancar naik apa

    ReplyDelete
  66. Tgl 29 saya mau nanjak cikuray,yu siapa yg mau bareng

    ReplyDelete
  67. Ada yg mau brrangkat tgl 25 ga..?

    ReplyDelete
  68. Idul adha ada yg mau naik ga?klo ada sms dong biar ada barengannya,maklum pemula 089653760389

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan.. kita brngkt nov.tgl 9.10 aja gmn? Ane ama tmn kantor berdua..

      Delete
  69. Pendakiana cikuray si tutup ga min..?

    ReplyDelete
  70. Tgl 8 ada yg mo nanjk gk nih ,bareng nyook, keadaan cuaca y skr gmn nih cikuray

    ReplyDelete
  71. Jam11 mlm bru nympe terminal guntur gan ...
    Belom ada arah n tujuan kang ojek'a galak galak...

    ReplyDelete
  72. Insya allah besok sabtu pagi muncak.
    Ada yg punya kenalan transport (elf atau kolbak) dri trimnal guntur buat ke pemancar?

    ReplyDelete
  73. Misi gan.. ada yg mau nanjak bln nov tgl 8.9.10 ? Kalo ada sms ane gan.. 081312152826.. ane dri bdg..

    ReplyDelete
  74. Ada yang mau naik tanggal 17 nov 2015 besok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane insyaallah tgl 18 november gann , ketemu disana aja ��

      Delete
  75. Numpang promo Mas Bro, temen ane punya jasa angkutan buat yg mau mendaki ke puncak Cikuray. Jasa angkutan dari terminal Guntur sampai dengan stasiun TV di Kebun Dayeuhmanggung. Untuk info bisa hubungi 085315252610 atau bisa inbox facebook saya. http://facebook.com/dede.mahmud
    Trims.. smile emoticon

    ReplyDelete
  76. Tgl 29 ane nanjak nih mas ada yg mau gabung gk ??

    ReplyDelete
  77. Tanggal 7-8 ane mau nanjak ada yang mau gabung ..
    Ane dari tangerang

    ReplyDelete
  78. Yoo merapat yg mau ngetrip bareng tgl 2_3 november..ane dari bekasi ketemuan aja di pos pemancar...
    Klo ada yg mau ngetrip baring bisa hubungi lewat WA 085777881991

    ReplyDelete
  79. Ada yang mau naik awal Des gak? Mau join dong. Kami bertiga cewek semua nih dari Jakarta-Bogor. Bawa tenda sama peralatan sendiri. Ga ada cowoknya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya mau mendaki tanggal 17-19 mba,kalau mau join hubungi 081290973223 aja kami semua anak remaja yg masih sma hehe

      Delete
    3. Saya mau mendaki tanggal 17-19 mba,kalau mau join hubungi 081290973223 aja kami semua anak remaja yg masih sma hehe

      Delete
  80. hati2 hujan skrg...jlan lbih berat klo bisa cari yg gk hujan

    ReplyDelete
  81. klo mw join wA / bbm kami dri jkarta-bogor-garut tmen2 kami 087779291948 untuk naik gunung slanjut nya

    ReplyDelete
  82. sya punya tmen org garut siap mngantarkan kalian k puncak hub.sya ja

    ReplyDelete
  83. Ada yg naik tgl 13 novenber2015

    ReplyDelete
  84. Tgl 25-27 ada yang mau naik ga?
    Ada rencana ni mau kesana.

    ReplyDelete
  85. Wah, terima kasih banyak bantuannya, Bang Amir Dede Amirudin. Boleh minta contact temannya yang orang Garut?

    ReplyDelete
  86. Cikuray bulan maret nanti buka atau tidak ya pendakiannya?mohon info

    ReplyDelete
  87. 24-25 Desember yg mau join yuk bareng kita manjat bareng biar makin rameeee hehe !!!

    ReplyDelete
  88. Jd ingat memori 2003, dipuncak keabisan air, kyu bkr kg mempan pke myk tnh,untung kmi bw blue gas,,msak indomie pke air ujan,tp yg penting bangga bs sampe puncak,,,slm pecinta alam,,,damai selalu

    ReplyDelete
  89. 25 desember mau ksana nie..ada yang ksana tanggal segitu gak?

    ReplyDelete
  90. KITA NGADAIN TRIP CIKURAI TGL 25-26 NIH ADA YG MAU GABUNG BOLEH HUB. 08979864506/56E757DB
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  91. Lewat jalur mana itu gan? Kami baru ksana dari jakarta tanggal 25, sepertinya baru nanjak tanggal 26

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih 25 malam berangkat dari bekasi 26 pagi ndaki

      Delete
  92. 23-25 des cikuray gan..dari tangerang pin 54AFF131

    ReplyDelete
  93. 6 - 10 januari kira2 ada yg mw bareng?

    ReplyDelete
  94. Mohon info dong yang udah ndaki, kira2 klo musim hujan gini recomended gak untuk ksana? Ada yg pernah ndaki di akhir tahun?

    ReplyDelete
  95. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  96. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  97. atas ane anonymous@ gak suka ndaki pas tahun baru kapok...... endase mumet krungu mercon&terompet bisinge pollllll..... translate: kepalanya pusing denger petasan&trompet bising banget..... ane ndaki sendiri Insya Allah tgl 23-12-2015 klo ada yg mo gabung / ngajak gabung silahkan sms/tlp mahbub sholatin 0822-9895-8880 sya wonosobo yg sedang mencangkul di tangerang twitter : @boby_kapala fb : mahbub sholatin instagram : @sholatien

    ReplyDelete
  98. Wah jalannya extreme apa gimana gan , ane mau nyoba naekknya . kapan2 ane join ya gan :D

    Blog Walking visit myblog nyapnyap.com ^^

    ReplyDelete
  99. Di pastikan mah treknya ngangenin gan, ga akan terlupakan lah kalo trek cikuray, kalo bisa gan sekalian coba ke gunung gunturnya gaan. Mantep sumpah

    ReplyDelete
  100. Rencana tanggal 1 jan 2016 hari jumat berangkat, insha allah sampe puncak.
    Yang mau bareng ayo... ketemu di garut (mendaki bareng)

    ReplyDelete
  101. Gue tgl 25 naik. Dr bandung pagi2. Siang daki kesana. Kl mau join add line gue. Biar nambah2 temen. Thanks id : @itsyulir

    ReplyDelete
  102. Yg brangkat 25-26. Smpai ktemu di puncak ya. . . Salam lestari. :) #add me 2929d914

    ReplyDelete
  103. Insyaallah tanggal 31 desember mau muncak cikuray ..
    saya dari tangerang Yang mau bareng kita ketemuan di terminal garut biar enteng biaya ampe pemancar ..hehehe

    ReplyDelete
  104. tgl 6 february team kt insyaallah ke cikuray,ad yg mau bareng add line & WA ku 082298180578 buat tambah temen

    ReplyDelete
  105. Insyaallah sabtu ini saya naik curay hehe
    Kira2 cuaca mndukung tidak yah
    Info dong

    ReplyDelete
  106. sya insyallah bersama rombongan bakal naik tgl 2, bagaimana prakiraan cuaca tgl segitu? mohon info

    ReplyDelete
  107. 24 or 25 Februari insyallah mt.cikuray yg mau bareng silakan saya dari serang banten
    Bisa ketemuan diterminal kp.rambutan or terminal guntur
    Kontak. Pin 7D0847CB

    ReplyDelete
  108. yang planing bulan april manjat cikuray yo merapat 5B73024A
    kebetulan saya belum pernah kesanah

    ReplyDelete
  109. Saya ucapkn terima kasih buat kawan" yg udah prnah ngerayap maupun yg baru mau, sy orng grt yg brdomisili dikaki gnung cikuray merasa bangga bangt, skedar info buat tmn" yg mau merayap sebaiknya gunakan jalur Dayeuhmanggung buat yg brkendara bisa lngsung diparkir d pemancar TV, buat yg naik bis sebaiknya kl dr jakarta atw bandung bisa naik bis jurusan tasik, turun dipangkalan ojeg genteng langsung jln kaki, alhamdulillah sampai hari ini cikuray aman cuman kl musim hjan jalurnya rada extreem, selamat menikmati

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualikum
      teh riska boleh minta kontaknya ga?
      buat nanya2 saya mau kesana tgl 12 agustus 2016. terimakasih

      Delete
    2. assalamualikum
      teh riska boleh minta kontaknya ga?
      buat nanya2 saya mau kesana tgl 12 agustus 2016. terimakasih

      Delete
  110. Mantap, cikuray emang lumayan dibanding Papandayan sama Guntur.
    worth to try gan...
    .
    ini cerita ane pas di cikuray kmren gan.
    http://faridkei.com/hujan-hujanan-di-cikuray-2821-mdpl/

    ReplyDelete
  111. mohon infonya donk yang baru ini berangkat ke gunung cikuray, kira kira berapa bajetnya dari jakarta ke g. cikuray?? mohon partsipasinya mas

    ReplyDelete
  112. 25 berangkat dari bekasi nih. 26nya ngetrack cikuray. Line sangga23

    ReplyDelete
  113. Infonya dong biaya transport ke cikuray berapa ? Dri depok ni

    ReplyDelete
  114. 25-27 maret rencana cikuray.infonya gan..dri sukabumi

    ReplyDelete
  115. 25-27 maret rencana cikuray.infonya gan..dri sukabumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang saya tanggal 4 maret nanjak ke cikuray sama papandayan siapa tau mau merapat saya dari sukabumi juga

      Delete
  116. tgl 25 merapat mt cikurai. bbm 5afaa465

    ReplyDelete
  117. Tanggal 21 maret 2016,,, gimana nih cuacanya,,, akang- akang,,,,????

    ReplyDelete
  118. wuihhh, tanggal 25 maret banyak juga temennya ya... manteph

    ReplyDelete
  119. Tanggal 1 April 2016, dari jkt selatan. Siapa tau ada yang tanggal segitu juga, see ya on da trip. WhatsApp +6289627335666

    ReplyDelete
  120. Tgl 25 mart ada yg mau muncak ga ?

    ReplyDelete
  121. Saya ramdhany dari jakarta selatan
    Insya allah tgl 3 april ini saya naik bersama 1 orang teman saya..
    Ada yg mau gabung ?
    Bisa hub : 582FA3FA

    ReplyDelete
  122. Kalo naik angkutan umum dari terminal guntur ke stasiun pemancar berapa jam iya ?

    ReplyDelete
  123. libur skolah ada rncana buat ksana nih ... doain mudah"ah jadi yeee....

    ReplyDelete
  124. Salam kumbala
    Saya ntar tanggal 13 mei 2016 saya mau trek ke cikuray bersama teman saya. Kalo mau gabung kontek aja saya ini pin bbm saya 5C51E9E7
    Salam kumbala

    ReplyDelete
  125. Keponakan saya sama teman2 SMP nya sekarang sdng ke cikuray. Masih SMP tpi hobi nya agak extrem ,tpi mdh2n selamat sampai pulang kmbali,aamiin

    ReplyDelete
  126. cikuray memory 17-08-2015
    mantap brohhhhh next event 17-08-2016 ciremai . .tunggu saya

    ReplyDelete
  127. cikuray memory 17-08-2015
    mantap brohhhhh next event 17-08-2016 ciremai . .tunggu saya

    ReplyDelete
  128. Gan yang tau estimasi biaya ojek sampai tiket yg terbaru minta infonya.
    Rencana 8 juli 2016 nanjak.

    Share infonya gan. 082112700670.

    ReplyDelete
  129. Gan yang tau estimasi biaya ojek sampai tiket yg terbaru minta infonya.
    Rencana 8 juli 2016 nanjak.

    Share infonya gan. 082112700670.

    ReplyDelete
  130. apakah kita dapat menemukan warung makan sebelum memulai pendakian (setelah turun ojek/mobil bak)?

    ReplyDelete
  131. Gan mohon info untuk cuaca minggu ini di cikurai
    Terima kasih

    ReplyDelete
  132. Gan mohon info untuk cuaca minggu ini di cikurai
    Terima kasih

    ReplyDelete
  133. Ya gan sekalian minta info Cuaca untuk tgl 8,9,10 agustus 2016 besok Kami dari bekasi mau nanjak gn. Cikuray klo agan ada yg berminat kesana,Bisa kita nanjak bareng. Salam t-x pala bekasi.

    ReplyDelete
  134. Ya gan sekalian minta info Cuaca untuk tgl 8,9,10 agustus 2016 besok Kami dari bekasi mau nanjak gn. Cikuray klo agan ada yg berminat kesana,Bisa kita nanjak bareng. Salam t-x pala bekasi.

    ReplyDelete
  135. Rencana mau muncak cikurai pas sore/malam hari tgl 16an, dan tgl 17 pengibaran merah putih di puncaknya.

    ReplyDelete

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.