Pesona Alam Yang Terlewatkan (Bukit Rong)

/
13 Comments
Pesona Alam yang terlewatkan mungkin banyak yang anda belum ketahui tentang Bukit Rong? dan pasti anda bertanya-tanya dimana lokasinya? dan ketinggianya berapa? kok aneh betul namanya?


Pertanyaan di atas itu sama yang saya lontarkan ke pada teman-teman Trisala yang mau mengadakan acara Jambore Jateng DIY. Temen-temen Trisala memilih lokasi tersebut karena lokasi ini banyak orang yang belum tahu dan saya sendiri pun belum tahu dimana Bukit Rong berada. jika anda penasaran yuk baca cerita saya di bawah ini.

Waktu itu tepatnya malam minggu saya maen ke sekre KPA Trisala yang tujuan semula hanya ingin menyambung silaturohmi karena sudah lama saya tidak maen ke sekre Trisala. Ternyata disana ada rapat di mana semua pengurus dan anggota sedang merapatkan acara Jambore SeJateng DIY.

Semua nampak fokus,serius dan kadang bercanda untuk menghilangkan jenuh saat rapat sedang mulai, setelah rapat selesai sayapun di ajak temen-temen trisala untuk survey lokasi Bukit Rong keosokan harinya. Karena saya merasa penasaran dengan lokasi tersebut yang katanya bagus dan view pemandanganya yang sangat indah saya mengiyakan ajakan temen-temen untuk survey lokasi.

Karena saya memutuskan untuk ikut survey lokasi otomatis saya meninap semalam di sekre Trisala, ini yang saya kangenin dari suasana sekre Trisala, orangnya ramah, sopan dan kocak, meraka welcome kepada semua orang yang mampir ke sekre Trisala. Skre Trisala ini tempanya temen-temen mengasah karya seni dari menyablon, mengukur nama dari kayu, dan masih banyak yang lain deh. gak rugi maen ke sekre Trisala selain banyak sodara juga dapet banyak ilmu.

Ke esokan harinya saya dan yang lain bersiap untuk menuju lokasi yang bikin saya penasaran yakni Bukit Rong. setelah bersiap kami meninggalkan sekre Trisala untuk menuju lokasi, ternyata di tengah perjalanan hujan pun turun lebat kami pun mencari tempat teduh.

Setelah 15 menit kami menunggu, hujanpun reda walaupun cucaca tidak bersahabat kamipun tidak kunjung patah semangat untuk tetap survey.

Akhirnya kamipun sampai di tempat lokasi Bukit Rong, Bukit Rong sendiri terletak di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang . Bukit ini memiliki ketinggian 998 mdpl. Untuk menunju ke puncak, saya harus melewati jalan berkelok yang dibuat dari batu gunung. Terjalnya jalan berliku menuju puncak justru merupakan keasyikan tersendiri. Apalagi di kanan-kiri jalan, terbentang jurang terjal berhias panorama alam indah yang membentang luas.

Tak heran, Saya naik ke puncak Bukit Rong banyak berhenti karena di titik-titik tertentu saya menyaksikan indahnya lukisan alam Sang Pencipta. Bahkan dari puncak Bukit Rong, sejauh mata memandang, beningnya rawa pening dengan aktivitas nelayannya bisa terlihat dengan jelas.

saya tidak banyak cerita lagi langsung saja yuk liat foto-foto yang terlukiskan dari kamera saat saya dan temen-temen survey lokasi Bukit Rong

Gapura Dusun Delik

Pos Perijinan Bukit Rong

Jalan Menuju Puncak Bukit Rong bisa dilalui (Mobil,Sepeda Montor dan jalan kaki)

Fasilitas yang ada di atas Bukit Rong seperti foto yang di dokumentasikan di bawah ini:

Aula yang berada di atas atas puncak Bukit Rong, disini bisa untuk melepas lelah setelah perjalanan ke puncak dengan menikmati pemandangan yang di sajikan seperti Rawapening, gunung telomoyo, ladang petani, gunung merbabu.

Selain Aula di Puncak Bukit Rong tersedia gasebo untuk beristirahat dan melihat pemandangan alam yang tersaji.

Kalo kita ingin toilet di atas sini juga tersedia toilet,tempat wudu dan, tempat istirahat
tempat wudu 

Mini bar

tempat beristirahat


Jika teman-teman tidak ingin menginap di tempat penginapan, di sini juga tersedia tempat camping grond, tempat buat mendirikan tenda.
Camping Ground

Rute Menuju Lokasi

Dari Kota Semarang untuk menuju bukit Rong bisa di tempung dengan sepeda montor, dari pertigaan bawen ambil arah solo, setelah melewati jembatan tuntang ada pertigaan pos polisi ambil arah kiri ikuti jalan sampai di lapangan delik/TLOGO ambil arah lurus kira-kira 200m ada pertigaan ambil kanan sampai ujung jalan ambil arah kanan lagi di sekitas area ada papan yang menunjukan rute bukit rong berada, kalo #SobatKeong masih bingung saya sarankan untuk bertanya kepada warga setempat.

Nah, itulah sekilas tentang Bukit Rong yang ada di daerah Kecamatan Tuntang jika temen-temen tertarik buat kesini, Keong cuma berpesan jaga alam kita dengan membuang sampah ke tempat sampah. Jangan sampai keindahan alam ini rusak dengan adanya sampah-sampah yang di buang sembarangan. #WisataKeong



YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

13 comments:

  1. aku pengen kesana. by the way tiket masuknya berapa ya? :)

    by: muhamandrianto.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. @muhamandrianto biayanya cuma masuk dulu sikatar 3000 om..
    makasih kunjunganya #SalamNgeong :)

    ReplyDelete
  3. BAWA MOBIL BS GAK?

    ReplyDelete
  4. minta rutenya dunk kalo dari tuntang...

    ReplyDelete
  5. @putri sofiana: udah saya sertakan rutenya mbak silahkan baca di atas.. makasih dah berkunjung :) #SalamNgeong

    ReplyDelete
  6. terima kasih rutenya... saya juga baru aja dari sana, ternyata jalannya udah beraspal halus ga spt foto2 diatas yg masih batu... cuma aku minta maaf karena ga sempet aku foto... serta untuk ke goa juga udah ada tangga turunnya...

    ReplyDelete
  7. putri sofiana : sama2 mbak.. makasih juga dah berkunjung di sini... wah sudah di aspal ya.. keren dong.. saya belum kesana lagi soalnya :)

    ReplyDelete
  8. Goa rong juga termasuk bukit rong atau bukan? Thx :-)

    ReplyDelete
  9. Weh ternyata, ada juga yang deket ya.. bukit rong menarik untuk dikunjungi saya rasa.

    ReplyDelete
  10. sip sip sip, keren...

    ReplyDelete
  11. mantap nih.. besok kesana dah :)

    ReplyDelete
  12. Didesa delik ada gak tanah yg tandus..

    ReplyDelete

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.