Trip Keong Tujuh Pantai di Gunung Kidul

/
3 Comments

Kali ini saya akan mengulas #TripKeong ke tujuh pantai di gunung kidul, Yogyakarta, Bagi #SobatKeong yang hobi dengan kegiatan alam bebas tidak ada salahnya untuk mengunjungi tujuh pantai di daerah gunung kidul. Karena tujuh pantai di gunung kidul ini sangat cocok buat #SobatKeong kunjungi selain pemandanganya indah, tujuh pantai ini memiliki panorama pemandangan yang berbeda-beda. Pasti #SobatKeong penasaran kan? apa saja pantai yang di kunjungi dan mana saja pantai yang menjadi pilihan destinasi #TravellerKeong kali ini.


Langsung saja inilah daftar selengkapnya tujuh Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta yang menjadi destinasi #TravellerKeong :#TravellerKeong kali ini memang dikhususkan untuk mengelilingi pantai-pantai Gunung Kidul. Karena letaknya yang berdekatan dengan samudra Indonesia ini, sehingga banyak sekali pantai-pantai yang menurut saya panorama pemandanganya tak kalah dengan pantai di Pulau Bali atau Pulau Lombok terkenal dengan pasir putihnya.

Dari kota Jogja, tepatnya Malioboro dibutuhkan waktu dua jam dengan menggunakan kendaraan bermontor untuk sampai di area pantai dengan jalan yang berbelok-belok. Untuk akses jalan walaupun di plosok, kondisi jalan menuju tempat wisata sangatlah bagus jadi bias di tempuh menggunakan bus,mobil maupun kendaraan roda dua. untuk peta bisa dilihat di atas.

Sepanjang daerah Gunung Kidul terdapat banyak pantai yang tentu saja waktu seharian tetap tidak cukup untuk mengunjungi semua pantai yang ada. Akhirnya #TravellerKeong kali ini hanya mengunjungi tujuh dari banyak pantai yang ada. Jadi, mana saja pantai yang menjadi destinasi, ini dia.

1. Pantai Indrayanti 
Siapa yang bisa bosan untuk mengunjungi Pantai Indrayanti? Pantai cantik di Gunung Kidul ini perlahan mulai menjadi objek tujuan utama wisatawan. Pantai Indrayanti sangat ramai, seperti Pantai Kuta di Bali. Apa lagi sekarang sudah banyak pedagang yang menjual makanan dan tenda berwarna - warni untuk para pengunjung yang ingin bersantai di pinggir pantai. 

Fasilitas yang ada Pantai Indrayanti
  • Pondok Penginapan
  • Kamar Mandi 
  • Gazebo – Gazebo 
  • Pondok Panggung 
  • Mushola

Di sudut lain pantai, terdapat tebing tinggi yang juga menawan. Ternyata ini merupakan spot favorit penikmat pemandangan pantai. Suasana pantai yang ramai dan birunya laut terlihat cantik dari atas tebing. Selengkapnya untuk melihat foto pantai indrayanti bisa klik disini

2. Pantai Sundak 
Sundak, sebuah pantai di wilayah kabupaten Gunungkidul, tepatnya di desa sidoharjo kecamatan tepus. Berada di jajaran pantai selatan berderet dengan pantai Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang dan Pantai Baron. Lembaran pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai, menunggu kecup mesra sang Ombak yang berlarian memendam rindu yang teramat dalam, memberikan kenyamanan mata yang memandang. Semilir angin membelai dedaunan melambai di ujung dahan-dahan yang tumbuh mengitari pantai menyejukkan hati para pencari kedamaian.


Sundak, perpaduan nama antara ASU dan LANDAK. Bermula dari pertarungan antara ASU (anjing) dan Landak. Pergelutan yang meninggalkan jejak bagi penduduk sekitar akan adanya sebuah gua dengan sumber air tawar di dalamnya.

Fasilitas yang ada Pantai Sundak
  • Pondok Penginapan
  • Kamar Mandi 
  • Gazebo – Gazebo 
  • Mushola

Hamparan bibir pantai bergincu karang-karang mungil tempat bermain biota laut nan menggemaskan. Karang yang berdiri kokoh seolah penjaga Pantai Sundak nan kokoh dan pemberani. Perbukitan kapur di latar belakang pantai yang menjulang menambah keelokan pertemuan laut dan daratan pesisir selatan pulau Jawa. Selengkapnya untuk melihat foto Pantai Sundak bisa klik disini

3. Pantai Krakal 
Pantai Krakal sebagai tempat rekreasi keluarga yang nyaman dikombinasikan keindahan panorama pantai serta pantai putih yang diselingin dengan karang dan dapat dijumpai di sekitar area obyek wisata dan memiliki pantai terpanjang diantara pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, akses jalannya halus, nyaman dan mudah ditempuh dengan berbagai alat transportasi darat. Berbagai fasilitasnya pun memadai bagi wisatawan yang berkunjung, khususnya bila tiba liburan sekolah, tahun baru atau hari minggu pantai ini ramai buat plesiran

Fasilitas yang ada Pantai Krakal
  • Pondok Penginapan
  • Parkir Luas
  • Restoran
  • Kamar Mandi 
  • Gazebo – Gazebo 
  • Penjual sovenir
  • Mushola


Selengkapnya untuk melihat foto Pantai Krakal bisa klik disini

4. Pantai Drini 
Sebagai objek wisata alam, pantai Drini tidak lepas dari aktivitas nelayan. Di sisi paling barat, tampak deretan kapal nelayan yang dicat dengan warna seragam yakni biru. Bagi warna setempat yang berprofesi sebagai nelayan, pantai Drini merupakan sumber mata pencaharian. Ikan hasil tangkapan biasanya dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) atau langsung dijual pada pedagang di sekitar pantai. 

Fasilitas yang ada Pantai Drini
  • Area Parkir
  • Kamar Mandi 
  • Pondok-pondok makan
  • Toko sovenir
  • Mushola

Jika lelah bermain di pantai, #SobatKeong bisa beristirahat sambil menikmati kuliner yang disajikan oleh pondok-pondok makan yang berjajar di bagian utara pantai. Es degan atau es kelapa muda menjadi sajian khas objek wisata pantai, demikian pula di pantai Drini. Bagi #SobatKeong yang lapar, bisa memesan aneka ikan bakar atau goreng sesuai selera yang disajikan dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan. Untuk sekedar camilan, #SobatKeong bisa membeli keripik singkong atau rajungan (sejenis kepiting) goreng tepung. Di pantai ini, dan juga bisa membeli ikan segar dari pondok-pondok makan secara kiloan. Jika berkunjung di pantai drini bertepatan dengan musim panen ikan, maka #SobatKeong bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang tentu harganya lebih murah. Selengkapnya untuk melihat foto Pantai Drini bisa klik disini

5. Pantai Sepanjang 
Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka. Nama "Sepanjang" diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar.

Fasilitas yang ada Pantai Sepanjang
  • Kamar Mandi 
  • Gazebo – Gazebo 
  • Pondok Panggung

Di pantai ini #SobatKeong dapat mengabadikan dengan foto sebagai kenangan mengunjungi obyek wisata Pantai Sepanjang. Bermain pasir putih pantai, bermain air, mencari biota laut di pinggir pantai, duduk-duduk disekitar pantai menjadi salah satu pemandangan tak luput dari dilihat. Selengkapnya untuk melihat foto Pantai Sepanjang bisa klik disini

6. Pantai Kukup 
Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggir pantai atau dipelihara di gedung aquarium laut yang terletak pada satu kawasan di pantai. Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut.

Fasilitas yang ada Pantai Kukup
  • Hotel Penginapan
  • Lahan parkir luas
  • Kamar Mandi 
  • Lestoran yang menyajikan berbagai menu masakan laut ( seafood )
  • Kios penjual sovenir
  • Mushola

Di pantai ini #SobatKeong dapat mengabadikan dengan foto sebagai kenangan mengunjungi obyek wisata Pantai Kukup ini. Bermain pasir putih pantai, bermain air, mencari biota laut di pinggir pantai, duduk-duduk disekitar pantai sambil menikmati makanan ringan atau es kelapa muda menjadi salah satu pemandangan tak luput dari dilihat.Selengkapnya untuk melihat foto Pantai Kukup bisa klik disini

7. Pantai Baron
Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23km arah selatan kota Wonosari, pantai ini juga terdapat muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di laut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau, termasuk menu khas pantai Baron yaitu Sop Kakap. Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Kurang lebih 10 km kea rah barat dari Pantai Baron terdapat Pantai Parang Racuk dengan bukitnya yang menjulang dan terjal, dengan leluasa dari atas bukit.

Fasilitas yang ada Pantai Baron
  • Hotel Penginapan
  • Lahan parkir yang luas
  • Lestoran yang menyajikan berbagai menu masakan laut ( seafood )
  • Kamar Mandi 
  • Camping Ground yang berada di sekitar pantai
  • Tempat untuk memancing
  • Mushola

Buat #SobatKeong yang berkunjung akan disuguhi dengan kelembutan desir angin yang menjulurkan ombak untuk bertemu dengan hamparan pasir pantai Baron. Hasil kekayaan pantai Baron juga sangat melimpah seperti udang besar (lobster), ikan bawal putih, kakap, ataupun tongkol akan memanjakan pengunjung, baik yang masih segar ataupun yang siap anda nikmati ditempat. Selengkapnya untuk melihat foto Pantai Baron bisa klik disini


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

3 comments:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    BW gan kunjungi nyapnyap.com

    ReplyDelete
  2. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    ReplyDelete
  3. Ada rekomendasi penginapan, Mas?

    ReplyDelete

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.