Umbul Ponggok, Klaten


Halo #SobatKeong kali ini saya akan berbagi cerita tentang perjalanan #MingguNgeong di kota Klaten. #MingguNgeong kali ini saya menggunjungi tempat wisata Umbul Ponggok dimana tempat wisata ini sudah cukup dikenal teman-teman yang mempunyai hobi snorkeling dan diving karena umbul ponggok sendiri sudah sering dijadikan latihan menyelam.

Umbul Ponggok yang berarti umbul mata air dan ponggok adalah nama desa di mana umbul itu berada. Jadi, umbul ponggok itu mata air yang berada disebuah desa ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Menurut cerita dari penjaga loket di umbul ponggok ini sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan. 

Transportasi 

Untuk menuju lokasi umbul ponggok sangatlah mudah sobat keong, bisa dicapai dari jalan Solo-Yogya, setelah pom bensin Pakis belok kanan. Lalu ikuti arah jalan yang menikung ke kanan sampai pertigaan tugu belok kiri. Tidak jauh dari situ, sekitar 25 meter, Umbul Ponggok berada disebelah kanan. Kalo kurang paham sobat keong bisa cari lokasinya di GPS atau google maps dan jangan malu untuk tanya kepada warga setempat karena akses untuk menuju ke lokasi sedikit membingungkan karena tidak ada petunjuk jalan untuk menuju lokasi. 

Biaya Masuk dan Fasilitas 

Biaya masuk Wisata Umbul Ponggo bagi saya sangatlah terjangkau untuk biaya parkir montor roda dua Rp 2,000 dan mobil Rp 4.000. untuk biaya masuk cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5,000 (hari libur), Rp 3,000 (hari biasa), dan fasilitas yang ada seperti Sewa ban Rp 3,000, sewa kacamata rengan Rp 10,000 ruang bilas Rp 1,000. Tersedia warung makan yang menjual beraneka makanan dan minuman yang cukup murah dipinggir kolam.
Catatan biaya bisa berubah sewaktu-waktu

Kesan dan Pesan 

Kesan 

Setelah sampai begitu melihat Tulisan Umbul Ponggok saya sangat senang, senang banget malahan. Karena setelah perjalanan 2,5 jam dari kota Semarang akhirnya sampai juga. Namun, kesenangan itu hanya berlangsung beberapa detik saja setelah saya melihat kolamnya. Duaar!!! 

Saya tidak percaya bahwa ini tempatnya, Kenapa? karena hanya berbentuk kolam renang persegi panjang seperti pada umumnya dengan warna air perpaduan antara hijau dan biru serta ada perahu bebek! Kecewa pada pandangan pertama. Sedikit menyesal perjalanan kami dihadapkan dengan pemandangan kolam renang seperti pada umumnya, sudah naik motor 2,5 jam dengan tanya-tanya warga lagi. 

Teringat dengan kata-kata ibu saya, kalo menilai sesuatu jangan dari luarnya saja, coba cari tau lebih dalam, tidak semua itu keliatan menarik di luar, bahkan ada yang luarnya menari dalamnya jelek, dan sebaliknya di luar jelek tapi dalamnya menarik. Yah, itu lah kehidupan, terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita bayangkan. Dan akhirnya saya memutuskan untuk masuk, dan melihat dalamnya. 

Setelah saya masuk umbul ponggok ternyata hmm.. bagus sekali sobat keong diluar keliatan biasa ternyata didalam luar biasa dasyat baru kali ini saya melihat sebuah kolam renang yang sangat jernih airnya, karena air umbul ponggok sendiri dari sebuah mata air. Selain airnya yang jernih, bersih dan dingin saya bisa melihat dasar dari umbul ponggok dengan sangat jelas. 


Kelebihan lain dari umbul ini adalah dasar didominasi oleh bebatuan, lumut dan pasir sehingga terlihat seperti didalam laut. Kelebihan selanjutnya Umbul Ponggok adalah kolam yang berisi ratusan ikan air tawar dengan berbagai ukuran dari yang kecil sampai yang besar. Ikan-ikan di umbul ini tidak berbahaya, justru mereka sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Walaupun banyak ikanya air di umbul ponggok tidak berbau amis karena airnya terus mengalir di sungai. 




Pesan 

Untuk menjaga keindahan umbul ponggok sebaiknya sobat keong tindak membuang sampah atau meninggalkan apapun di lokasi ataupun di dalam umbul. Sayang sekali kan tempat seindah ini jika terlihat kotor. 

Tidak salah jika Umbul Ponggok adalah sumber mata air bernuansa dalam laut, dengan ratusan ikan, bebatuan besar, pasir didasar umbul, air yang sangat jernih. Nah, tunggu apa lagi bagi sobat keong yang hobi bermain air sempatkan mampir di daerah Klaten, karena Umbul Ponggok ini bisa jadi salah satu alternatif objek wisata untuk bermain air. Sumber mata air alam dengan sentuhan modern, tanpa meninggalkan konsep hijau. Sampai disini dulu sampai ketemu di #TripKeong selanjutnya :)

oh iya satu hal yang sangat menyesal itu ketika saya wisata air. Saya tidak bisa berfoto-foto didalam air kenapa? Karena saya tidak punya kamera yang bisa motret di dalam air hmm. tapi tenang aja foto-foto nya yang ada di sini saya carikan dari googel image. 

17 comments:

  1. Yang pengen main ke Umbul Ponggok dan pengen ditemenin sekalian difotoin bisa lho mampir di blog saya UmbulPonggok.com ehe

    ReplyDelete
  2. Ad fasilitas foto underwater? harganya brp ya klo ad....

    ReplyDelete
  3. Review yang menarik.... Yang mo ke Umbul Ponggok n pengen foto narsis dalam air, siapkan kantong waterproofnya.
    http://kantongwaterproof.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. rencana besok sabtu mau kesana.. semoga sekeren cerita di sini mas keong xixixixixi

    ReplyDelete
  5. Mau tanya mas..kl dari Semarang enaknya lewat mana ya? Thanks

    ReplyDelete
  6. Umbul Ponggok - youtube : https://youtu.be/BmlRzA-r53A

    ReplyDelete
  7. tempat wisata yang menarik inilah yang dapat anda jadikan refrensinya hehehe

    ReplyDelete
  8. Kalo dari jakarta itu arah mana ya? Jika dari jakarta lebih enak naik apa? Makasih

    ReplyDelete
  9. Kalo dari jakarta itu arah mana ya? Jika dari jakarta lebih enak naik apa? Makasih

    ReplyDelete
  10. kalo vmau foto itu ada fasilitasnya nggaik ? apa kita harus bayar berapa gitu ?

    ReplyDelete
  11. desa wisata air Ponggok, Kec Polanharjo, Kab Klaten,
    desa wisata air yang unik dan asyik, terus berbenah dan menambah fasilitas untuk wisatawan, dapat dijangkau dari arah Solo, Klaten, maupun Boyolali

    ReplyDelete
  12. Bagus infonya :)
    Umbul Ponggok tempatnya memang bagus banget.
    Ijin berbagi ini dia info lengkap tentang Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

    ReplyDelete
  13. Artikelnya sangat membantu. Terimakasih banyak kebetulan saya juga akan kesana

    ReplyDelete
  14. jangan lupa pakai jaket kalo mau berenang di umbul ponggok, karena airnya sangat dingin :D

    ReplyDelete
  15. mantap lurr recommended buat photo prewedding
    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete