Keong Kuliner : Mie Ongklok

/
0 Comments

Hallo #SobatKeong kali ini saya akan share tentang kuliner waktu saya ngetrip di Wisata Dieng, rasanya kurang lengkap kalo jalan-jalan tidak mencoba makanan khas betul kan? Nah, kali ini saya memcicipi makananan khas Wonosobo. Ada yang tau? Kuliner khasnya Wonosobo? Kalo banyak yang belum tau yuk langsung baca.

Bicara soal kuline di Wonosobo sangatlah banyak ada Carica, ada Tempe kemul, serabi dan masih banyak lagi. Tapi di sini saya akan beri tahu ke sobat kalo di Wonosobo itu ada ada kuliner yang namanya “Mie Ongklok” ada yang pernah dengar kuliner satu ini? Atau sudah pernah nyobain? 

Kalo #SobatKeong yang sudah pernah berkunjung ke Wonosobo atau obyek wisata Dieng pasti udah pernah nyoba, soalnya penjual “Mie Ongklok” tidak cuma satu. Jika sobat berkunjung ketempat wisata dieng pasti bakalan menemukan warung yang menjajakan “Mie Ongklok”. 

Nama Mie Ongklok sendiri berasala dari kata “Ongklok”. Ongklok adalah sebuah keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu proses memasak mie itu dengan mencelup-celupkan bahan mentah ke dalam air yang mendidih menurut saya ini cara unik dalam memasak mie.



Mie ini disajikan bersama irisan kol dan kucai ( daun bawang ). Kurang lengkap rasanya kalo menikmati mie ongklok tanpa ada sate sapi loh sobat, tapi tenang saja jika sobat tidak suka sate sapi ada penggantinya sate ayam atau tempe kemul. 

Soal rasa jangan di tanyakan lagi, kuliner satu ini pecah rasanya dari tampilanya aja udah bikin nelen ludah, apa lagi kalo udah masuk kemulut hmm, rasanya sobat kamu tau? Nyus, ketika masuk mulut. Biar lebih “Super Pecah” Mie ongklok bisa di tambahin sambal dan jadilah mie ongklok yang nikmat, perpaduan rasa manis, gurih dan pedas. Kuliner makanan satu ini 



Di Wonosobo yang berhawa dingin, sangat nikmat menyantap mie ongklok di watu pagi hari atau sore hari. Kalo soal harga jangan kuatir terjangkau kok sobat. Murah meriah kalo makanya satu porsi loh. Jika sobat makanya banyak ya siapin aja uang banyak bereskan masalah.

Nah, rugi banget deh kalo belum pernah nyoba. Bagi yang belum nyoba silahkan sobat packing trus ngetrip lagi deh. Menurut saya pribadi kalo lagi ngetrip tidak nyobain makanan khas itu rasanya kayak belum berkunjung ke kota yang saya kunjungi bener deh sumpa, suwer, yakin *nah lo berlebihan kan. 

Oh iya kuliner nusantara itu paling nikmat dinikmati jika sobat berada dikotanya jadi jangan sampai kelewatan lagi jika sobat berkunjung ke Wonosobo atau ke Wisata Dieng nyobain Mie Ongklok kuliner Nusatara Khas Wonosobo.

Sekian dulu sobat keong jadi laper nih perut kalo menceritakan kuliner, nantikan #JelajahKuliner selanjutnya ya.. #SalamKeong
.


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

No comments:

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.