Trip Keong Cave Tubing Kalisuci

/
1 Comments

Halo Sobat Keong ketemu lagi dengan saya nih pada kangen kan? pasti kangen dong :) , pasti yang di kangenin bukan yang nulis tapi tulisan trip keongnya hmm tidak apa lah yang penting ada yang dikangenin hhi. Kali ini saya akan shere pengalaman yang sangat mengasikan tentunya, trip keong kali ini saya lagi menyusuri permainan air yang ada di Gunung Kidul apakah itu? langsung simak yuk

Lokasi 

Untuk menuju lokasi Cave Tubing Kalisuci yang terletak di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. saya harus menempuh jarak 50 km dari Kota Yogyakarta dan sekitar 10 km dari Kota Wonosari. Lebih tepatnya lokasi cave tubing berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS S8°0'34.76" E110°38'21.36" 

Oya sebelum saya lanjut cerita saya akan ceritakan sedikit apa itu cave tubing, siapa tau sobat masih ada yang  bertanya-tanya. Cave Tubing adalah kegiatan menyusuri sungai yang ada dalam goa dengan menggunakan alat bantu ban dalam. 

Untuk wisata cave tubing sobat yang tidak bias berengan santai aja tidak usah takut walaupun tidak bias berenang tetap bias menikmati keindahan ini kok, selain menggunakan ban dalam sobat yang mencoba cave tubing akan di lengkapin pelampung yang selalu menempel di badan sehingga jangan kawatir jikalo hanyut. 

Setelah saya sampai basecamp kalisuci saya bercakap-cakap dengan pengurus basecamp saya bertanya – tanya seputar wisata kalisuci. Ternyata kenapa bias disebut kalisuci ? ditempat ini ada sumber mata air yang tidak pernah kering sekalipun musim kemarau tiba dan air disini selalu jernih. Air sumber ini katanya langsung bisa langsung di minum tanpa perlu dimasak loh sobat, coba bayangkan betapa jernih dan bersih sumber mata air di kalisuci ini.. 

Fasilitas

Setiap wisatawan yang mengikuti susur goa akan mendapatkan fasilitas standar cave tubing seperti ban dalam truk buat mengarungi sungai, pelampung, pelindung lutut, dan penerangan. semua fasilitas ini disediakan oleh pengelola. Sedangkan fasilitas yang disediakan lain oleh pengelola diantara lain tempat parkir, warung makan, dan jasa pemandu.

Tak sabar saya dengan cerita saya pun mendaftarkan diri untuk menyusuri keindahan sungai didalam goa. Setelah proses registrasi saya di suruh memakai pelampung dan helm pengaman karena untuk standar keselamatan bagi semua peserta. Setelah terpakai semua saya dipersilahkan turun sama pemandun untuk menaiki ban-ban yang telah disediakan. 

Setelah ban terpenuhi oleh peserta penyusuran pun segera dimulai, pemandu pun bilang kepada peserta kalo kita akan menikmati keindahan kalisuci yang total panjangnya 800 m. Sambil mengarungi sungai pemandu pun menerangkan terjadinya pesona alam di Goa Kalisuci. Begini ceritanya sobat yang saya rangkum sedemikian rupa. Dulunya Goa Kalisuci ini merupakan lorong goa yang panjang yang didalamnya ada sungai. Hingga suatu hari terjadi gempa yang meruntuhkan atap goa dan membentuk dua buah lubang yang kini disebut dengan Goa Glatik dan Goa Gelung. Penyusuran saya ini terdiri dari tiga goa lo sobat Goa Kalisuci, Goa Glatik, dan goa Gelung, gimana sobat? tertarik? Kalo belum baca dulu deh cerita trip keong sampai selesai ya :) 

Penyusuran Pertama Goa Kalisuci 

Goa Kalisuci ini rute pertama yang saya masuki, pertama saya masuk goa kalisuci ini Cuma bisa terucap dalam hati “Subhanallah” saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan panorama keindahan yang disajikan di Goa Kalisuci ini, saya melihat keindahan goa ini dengan dibantu pantulan sinar cahaya senter. Tinggi atap-atap goa ini sekitar 30 m. 

Penyusuran kedua Goa Glatik 

Setelah menikmati pesona yang indah di Goa Kalisuci saya berlanjut penyusuran kedua di Goa Glatik. Memasuki Goa Glatik ini memiliki ketinggian 15 m. disini ada beberapa jeram yang menyembul di antara derasnya arus sungai, di sini perlu ekstra hati-hati karena kalo kehilangan keseimbangan visa terpelanting dari ban alhasil nyebur deh hhe.. 

Penyusuran Ketiga Goa Gelung 

Setelah selesai menyusuri Goa Glatik saya dibawa menyusuri goa yang terakhir yaitu Goa Gelung. Ditempat ini saya kembali disuguhi kecantikan pesona alam dinding dan atap goa yang begitu mempesona sobat. 

Setelah selesai menyusuri Goa gelung saya nyampai juga di pemberintian terahir. Kurang lebih dua jam menyusuri sungai akhirnya kelar juga. Tapi untuk menuju di penjemputan menuju ke basecamp saya harus berjalan menaiki bukit dengan kemiringan 45 derajat curam banget sobat, disini juga ekstra hati-hati jika kondisi habis hujan trek nanjak begitu licin. 

Biaya dan Nomer Contact Person

Tarif: Rp. 65.000 / orang (minimal 5 orang)
Jam buka: 09.00 - 16.00 WIB
Contact person: Winarto (0877 3879 4513), Kendro (0878 3974 0730), Yanto (081 7412 2826).
catatan: biaya sewaktu-waktu bisa berubah. 

Nah, sekian dulu ya sobat ceritanya tunggu apa lagi coba? Daripada sobat penasaran, dan membayangkan saja langsung saja packing dan bergegas untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Kalo saya banyak bercerita sobat gak berangkat-berangkat lagi hhe.. 

Oya sobat jangan lupa kalo wisata di tempat satu ini sobat siapkan kamera atau hp yang tahan air supaya bisa berfoto-foto dan jangan lupa jangan membuang sampah sembarangan ya… sekian dari saya sampai ketemu di Trip Keong selanjutnya :) 


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

1 comment:

  1. Waw kren sekali gan, ku tunggu gambar dan artikel menarik lainnya OK

    ReplyDelete

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.