Trip Keong Goa Kiskendo, Kendal

/
0 Comments

Halo #SobatKeong, Kali ini saya akan menceritakan Trip Keong objek wisata di daerah Kabupaten Kendal, yang terletak di Desa Terayu kecamatan Singorojo, yakni Wisata Goa Kiskendo. Mungkin Sobat Keong belum pernah mendengar atau belum pernah berkunjung di Goa Kiskendo? Nah, dari pada penasaran, langsung aja yuk baca selengkapnya….

Kesempatan #TripKeong kali ini saya tidak sendiri loh sobat saya di temani sama organisasi FPTI Kabupaten Semarang, apa itu FPTI? FPTI itu kepanjangan dari Forum Panjat Tebing Indonesia yang ada di Kabupaten Semarang, disini saya tidak akan bercerita tentang FPTI, tapi saya akan bercerita pengalaman saya #TripKeong di Goa Kiskendo. 

Sedikit cerita dulu nih sobat apa itu Goa Kiskendo, supaya sobat tidak penasaran ya. Goa Kiskendo ini terbentuk selama ratusan tahun dari resapan air yang turun dan menetes di dalam goa dan terbentuklah pesona di dalam goa seperti batu Stalakmit dan Stalaktit. Apa itu batu Stalakmit dan Stalaktit? Stalaktit dan Stalakmit adalah bentuk alam khas daerah Karst. Stalaktit dan Stalakmit terbentuk akibat dari proses pelarutan air di daerah kapur yang berlangsung secara terus menerus. Air yang larut di daerah karst akan masuk kelubang-lubang (doline) kemudian turun ke gua dan menetes-netes dari atap gua ke dasar gua. Nah tetesan-tetesan air ini lama-lama berubah jadi batuan yang bentuknya runcing-runcing seperti tetesan air. Stalaktit adalah batu yang terbentuk di atap gua, bentuknya meruncing kebawah, sedangkan stalakmit adalah batu yang terbentuk di dasar gua bentuknya meruncing keatas. 

Lokasi 

letak Goa Kiskendo terletak 15 km dari kota Kendal tepatnya terletak di desa Trayu kecamatan Singorojo, kalau dari arah selatan, bisa melalui jalur Kecamatan Boja. Sedangkan bila melalui arah utara, sobat bisa lewat jalur Kecamatan Kaliwungu yang jaraknya lebih kurang delapan kilometer. Jika sobat mau berkunjung kewisata ini saya sarankan jangan malu bertanya untuk menuju akses wisata ini, karena untuk menuju wisata Goa Kiskendo ini sangatlah minim petunjuk arahnya. Kalo sobat tidak bertanya saya jamin sobat kesasar hhe. 

Biaya 

Biaya parkir Rp.2.000,- dan tarif masuk Rp.4000,- per orang tarif yang sangat murah. Dari lokasi parkir kita bisa melihat pemandangan sekitar yang sunguh indah. 

Kemudian setelah saya menyelesaikan retribusi saya segera masuk ke komplek Gua Kiskendo, menyusuri jalan setapak berbatu menuju mulut gua yang cukup curam, Sobat tidak perlu khawatir ketika sobat masuk langsung disambut hembusan angin yang sejuk serta gemericik air saat memasuki mulut gua yang biasa disebut dengan “Gua Lawang”. Lorong lorong di dalam gua menambah keindahannya, serta dihiasi dengan ornamen stalagmit dan stalagtit dari tetesan air yang turun ke bawah yang telah berusia ratusan tahun.



Kesan yang saya dapatkan pertama kali adalah kondisi alam yang masih alami, dan suasana sunyi yang memberi kesan misterius pada gua ini. Meskipun gua ini memiliki pemandangan yang mengagumkan. 

Nah, ternyata di area wisata ini tidak cuma goa Kiskendo loh sobat tapi di dalamnya terdapat gua-gua kecil yang dijuluki berbagai sebutan, misalnya Gua Lawang, Gua Kampret, Gua Pertapaan, dan Gua Kempul. Gua yang terakhir dinamai Kempul karena jika dipukul-pukul mengeluarkan bunyi khas seperti kempul atau alat musik gong. 



Jadi sobat jangan heran, apabila saat berkunjung kesini kondisi gua selalu sepi. Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengurangi kemegahan dan keindahan Gua Kiskendo. Gua ini mempunyai sungai yang mengalir di dalamnya, dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah. 


setelah saya menikmati keindaan alam goa ini saya mencoba ikut panjat tebing sama temen-temen FPTI Kabupaten Semarang yang sedang asik latihan panjat di tebing-tebing Goa Kiskendo.



Nah, sekian dulu ya sobat ceritanya tunggu apa lagi coba? Daripada sobat penasaran, dan membayangkan saja langsung saja packing dan bergegas untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Kalo saya banyak bercerita sobat gak berangkat-berangkat lagi hhe.. 

Oya sobat jangan lupa kalo wisata di tempat satu ini sobat siapkan kamera atau hp yang tahan air supaya bisa berfoto-foto dan jangan lupa jangan membuang sampah sembarangan ya… sekian dari saya sampai ketemu di Trip Keong selanjutnya :)


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

No comments:

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.