Bersafari Ke Taman Safari Jawa Barat

/
4 Comments

Hallo Sobat Keong kali ini saya akan berbagi cerita tentang Taman Safari yang berada di Kawasan Puncak. Taman Safari merupakan daerah wisata pegunungan yang berada dalam wilayah Kab. Bogor dan Kab. Cianjur, Prov. Jawa Barat. Puncak terletak sekitar 70 km selatan Jakarta. Wilayahnya terletak di kaki dan lereng gunung Gede Pangrango. Daerah Puncak terkenal dengan kawasan wisata pegunungan untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Ada banyak obyek wisata di daerah Puncak, salah satunya adalah Taman Safari Bogor.


Meskipun Taman Safari merupakan kebun bintang namun sobat tak dapat masuk tanpa kendaraan. Sobat diharuskan menggunakan mobil pribadi atau bisa juga menggunakan bus yang disediakan untuk menelusuri habitat liar para hewan. Ada Tiga Taman Safari di Indonesia, Taman Safari Satu terletak di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Taman Safari Dua berada di kaki gunung Gunung Arjuna, Prigen, Jawa Timur . Dan yang terakhir Taman Safari Tiga yang disebut juga dengan Bali Safari dan Marine Park terletak di Serongga Gianyar, Bali.

Taman Safari Bogor terletak di daerah puncak, sekitar 80 km dari Bandara International Jakarta, dan 78 km dari Kota Bandung. Area yang seluas 170 hektar ini menampung sekitar 2,500 hewan, seperti macan, beruang, jerapah, orang utan, kuda nil, zebra, cheetah, gajah, komodo, dan masih banyak lagi.

Di pinggir jalan area masuk Taman Safari banyak sekali pedagang-pedagang yang menjual wortel, dan sayur lainnya, yang digunakan untuk memberi makan hewan di dalam. Pepohonan rindang dan udara yang dingin akan menyambut sobat saat memasuki wilayah Taman Safari Bogor. Dengan mobil sobat akan memasuki habitan para hewan jinak dan liar, Sobat tidak di ijinkan untuk membuka kaca atau keluar dari mobil. Sangatlah cocok jika sobat ingin membawa anak-anak ke Taman Safari ini.

Setelah melewati habitat hewan-hewan Sobat bisa berkunjung ke atraksi hewan yang ada. Di dalam juga masih banyak lagi wahana-wahana wisata yang tersedia, seperti taman burung, taman reptil, taman bayi hewan, menaiki gajah, kuda dan unta. Disini juga terdapat wahana lain seperti kora-kora, jet coaster, spinning boat, dan masih banyak lagi yang bisa sobat coba. 


Jika sobat ingin berenang disini juga ada Safari Water Park, sobat bisa merasakan bagaimana berenang bersama buaya disini, tapi tentu saja dengan pembatas atara kolam renang dengan tempat buaya. Di Water Park ini juga ada seluncur yang cukup tinggi untuk menantang nyali sobat, air dingin khas pegunungan juga menjadi ciri khas tersendiri dari Safari Water Park ini.

Berbagai macam atraksi dapat sobat lihat secara gratis disini. Ada gajah, harimau, burung, singa laut, lumba lumba, sirkus, hingga koboi. Pertunjukan tersebut dilakukan dua sampai tiga kali sehari. Di pertunjukan ini sobat bisa melihat kepintaran hewan hewan tersebut, dan terkadang tingkah mereka pun lucu mengundang tawa, seperti orang utan dengan tingkah yang lucu, dan gajah yang pandai melukis. Semua pertunjukan disini memiliki cerita yang mendidik, kebanyakan bertema tentang manusia agar tidak merusak lingkungan sekitar. Saat acara telah selesai sobat dapat ber foto dengan hewan yang ada.

Baby Zoo, merupakan tempat yang paling banyak peminatnya, di depan pintu masuknya ada kuda poni yang bisa ditunggangi anak anak. Sesuai dengan namanya Baby Zoo merupakan kebun binatang yang berisi hewan hewan yang masih bayi. Sobat bisa mnyentuh hewan hewan disini, member makan, bahkan memeluknya.

Masuk lebih dalam ada bangunan yang berbentuk Taj Mahal India, bangunan ini dibatasi pembatas bening, dan di dalamnya terdapat harimau putih. Baby Zoo diminatin karena hewan hewannya yang lucu dan menggemaskan, sobat bisa berfoto dengan hewan yang masih bayi disini, sobat bisa memilih berfoto dengan anak macan, anak orang utan, anak singa, anak harimau putih dan harimau Sumatra. Siapkan kamera sobat karena pihak Taman Safari tidak menyediakan jasa foto. Di Baby Zoo juga ada berbagai jenis burung dalam sebuah kubah, terdapat lebih dari 1000 burung dengan 90 jenis yang berbeda disni.


Ada satu binatang unik yang jarang sobat jumpai di tempat lain di Indonesia, yaitu Penguin. Penguin ini berada dalam kolam khusus dengan suhu air yang sangat dingin, sobat bisa melihat bagaimana tingkah lucu para penguin ini.

Di bagian atas Taman Safari ada Air Terjun Jaksa, air terjun ini memberikan kesegaran bagi pengunjungnya. Bila ingin membeli oleh-oleh maka disini juga terdapat toko toko souvenir dan bila perut terasa keroncongan maka banyak restoran yang bisa dijadikan pilihan.

Safari Trek, ini adalah jalur khusus pejalan kaki. Sobat bisa meilhat hewan hewan dari atas dan ditemani oleh pemandu. Rutenya cukup jauh, dengan jalan yang tidak mulus. Di perjalanan sobat akan melewati air terjun, dan bisa mencoba flying foxes, panjat tali, dan berbagai permainan outbond lainnya.

Pada malam hari ada Safari Night, tapi Safari Night hanya tersedia pada hari akhir pekan saja. Sobat dapat meilhat habitat hewan hewan yang ada di malam hari. Di Taman Safari juga tersedia hotel dengan berbagai macam fasilitas untuk sobat yang ingin menginap disini. Tempat penginapan dari kayu, caravan, dan hotel. Semua penginapan memiliki suasana pegunungan yang tenang dan sejuk. Cobalah berlibur dan menginap ke Taman Safari untuk mendapatkan suasana yang berbeda dengan hotel atau penginapan lain. Karena penginapan di dalam Taman Safari bernuansa seperti di dalam hutan dan tak jarang sobat akan mendengar suara-suara hewan di keheningan malam. Untuk memudahkan sobat mencari hotel yang ada di daerah yang kamu kunjungi kamu bisa klik disini

Nah, Bagaimana Sobat bagus bukan, Jangan lupa untuk menjaga kebersihanya ya sob. Sekian dulu ya Sobat share ceritanya. Nantikan cerita selanjutnya.
Salam Ngeong


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

4 comments:

  1. Tempatnya keren banget, suatu saat bakalan main kesana nih insya Allah bareng keluarga

    ReplyDelete
  2. Menurut ane ini salah sih Tempat wisata kebun binatang terbagus, orang Indonesia wajib banget kesini.

    Download/Watch The Forrest (2016)

    ReplyDelete
  3. kebon bin atang... seru yaa,, pngen jg ajak keluarga maen ksono..
    Obat Jerawat

    ReplyDelete
  4. paling demen liatin anak hewan sambil diajak foto, ngegemesin :D

    ReplyDelete

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.