Menikmati Keindahan Obyek Wisata Kota Serambi Mekkah Indonesia


Hallo Sobat Keong! Sudah pernah berkunjung ke Nangro Aceh Darussalam atau yang lebih dikenal dengan nama Banda Aceh? Kota yang dijuluki Serambi Mekkah ini merupakan salah satu provinsi yang letaknya berada di ujung Pulau Sumatera. Tempat ini juga telah dikenal dan pernah mencatat sejarah memilukan karena di landa bencana alam yang sangat besar yaitu gelombang tsunami. Dari pada penasaran yuk langsung simak ceritanya sobat. 

Gelombang tsunami yang terjadi pada tahun 2004 lalu telah mengakibatkan banyak kerusakan. Fasilitas umum, rumah warga, bahkan seluruh aktivitas kota sempat mati total dan terhenti. Namun, kondisi kritis tersebut tidak berlangsung lama, seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah setempat di bantu oleh berbagai pihak terus berusaha keras sampai akhirnya bisa berhasil mengembalikan Aceh seperti sedia kala. 

Jadi, tak perlu khawatir Sobat Keong, di tahun 2016 ini tentunya kondisi Aceh telah jauh berbeda, lebih dari sekedar pulih. Hal ini juga terjadi dengan sektor wisatanya. Bahkan beberapa tempat di Aceh yang pernah mengalami kerusakan akibat tsunami menjadi salah satu daya tarik pelancong yang datang ke Aceh. Perkembangan sektor wisata dan ekonomi kota ini semakin menunjukkan perubahan positif. 

Buat Sobat Keong yang berniat untuk berlibur ke Banda Aceh beberapa tempat berikut bisa menjadi referensi untuk sobat kunjungi: 

  • Masji Raya Baiturrahman 

Masjid ini merupakan landmark dan salah satu kebanggaan yang dimiliki masyarakat Aceh. Selain itu, masjid ini juga menjadi saksi bisu terjadinya gelombang tsunami yang pernah melanda provinsi yang dikenal dengan julukan Bumi Serambi Mekkah ini. 

Saat semua lokasi rusak akibat bencana tersebut, Masjid Raya Baiturrahman menjadi satu satunya bangunan yang selamat dan bisa menyelamatkan banyak orang yang berlindung di dalamnya. Tsunami hanya mengakibatkan kerusakan pada bagian pagar masjidnya saja, sedangkan bangunannya tetap berdiri kokoh. 

Sumber: Wikimedia.org 

Selain kisah mengenai gelombang tsunami yang sangat melekat pada masjid ini, saat berkunjung ke tempat ini, sobat bisa mendapatkan banyak informasi dan wawasan mengenai sejarah dan kebudayaan Aceh. 
  • Museum Tsunami 
Museum ini merupakan salah satu tempat yang dibuat dengan tujuan untuk mengenang dan menghormati korban yang telah meninggal akibat gelombang tsunami. Lokasi museum ini berada di Jalan Sultan Iskandar Muda. 

Sumber: acehprov.go.id 

Saat memasuki lorong yang berada di dalam museum, Sobat akan disuguhkan dengan suara gemuruh ombak serta suara aliran air yang deras. Hal tersebut tentu akan mengingatkan pengunjungnya akan bencana besar yang pernah terjadi di sini. 

Di dalam museum juga terdapat banyak sekali benda bersejarah, puing dan sisa dari bencana tsunami yang di pamerkan. Ada juga foto korban meninggal dan cerita mengenai kesaksian korban selamat yang ikut di pamerkan didalam museum ini.
  • Pantan Terong 
Pantan Terong merupakan salah satu bukit yang harus Sobat kunjungi saat berada di Serambi Mekkah. Karena di bukit ini, Sobat bisa melihat pemandangan Aceh dari ketinggian sekitar 1830 mdpl. Sobat juga bisa melihat pemandangan Danau Laut Tawar yang menyerupai kuali berbentuk raksasa. Oh iya, udara di atas bukit ini cukup dingin, jadi sebaiknya Sobat mengenakan jaket saat mengunjungi tempat ini.
  • Pantai Iboih 
Pantai Iboih adalah salah satu pantai di Aceh yang menjadi primadona para pelancong yang datang dari berbagai berlahan dunia. Maka tak heran jika datang ketempat ini, Sobat akan menemui banyak sekali wisatawaran asing. Bahkan mereka rela untuk menginap berminggu-minggu demi menghabiskan waktu berlibur di pantai ini. 

Sumber: transportationheritage.com 

Saat Sobat datang ke Pantai Iboih, Sobat akan disuguhkan keindahan laut yang terhampar luas. Tanpa harus berenang sekalipun, Sobat bisa menikmati keindahan pantai ini. 

Untuk Sobat yang ingin berkeliling pulau dan mengeksplorasi keindahan bawah laut, bisa menyewa perahu lengkap dengan peralatan snorkeling dan diving seharga kurang lebih Rp60.000 saja. (harga sewaktu-waktu bisa berubah) 

Nah, Sobat Keong! itulah beberapa tempat yang bisa menjadi referensi Sobat ketika mengunjungi Aceh. Tunggu apa lagi? Ayo nikmati keindahan obyek wisata yang ada di sudut Indonesia bagian Barat ini. Jangan lupa untuk tetap menjadi wisatawan yang pintar dan tetap menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan ya, Selamat berwisata!

5 comments:

  1. Mudah mudahan bisa ke situ gan... "amien"

    ReplyDelete
  2. Serambi Makkah, semoga Allah senantiasa memberikan berkah ke tempat itu...

    Menari cerita perjalanannya..

    ReplyDelete
  3. wah mantap nih agan bisa jalan2 terus

    ReplyDelete