Jalur Gunung Prau Via Wates


Gunung Prau merupakan gunung berketinggian 2565 mdpl, yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau berada diantara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Sesuai namanya, Dataran Tinggi Dieng memilki cukup banyak gunung dan bukit yang menjulang berdampingan dengan Gunung Prau. Dinamakan Prau – atau Perahu dalam Bahasa Indonesia, yaitu dikarenakan gunung ini berbentuk mirip seperti perahu, dengan gunung-gunung kecil lain yang menyerupai ombak.. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Prau via Wates.


Informasi Transportasi Menuju Basecamp Wates

Bagi sahabat yang berdomisili jawa barat untuk menuju basecamp Gunung Prau via Wates bisa menggunakan kereta dengan jurusan Jakarta – Purwokerto. Sesampainya setasiun Purwokerto sahabat bisa naik angkutan umum menuju terminal Wonosobo, dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan elf, atau bisa juga menggunakan bus Jakarta – Wonosobo dan dilanjutkan dengan bus elf jurusan Dieng Batur turun di Pasar Kejajar Wonosobo, lalu perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang omprengan atau ojek menuju Basecamp Wates yang terletak di desa Wates, kecamatan Wonoboyo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Nah Bagi sahabat dari Jawa timur bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo sesampainya di terminal Wonosobo dapat dilanjutkan dengan bus elf jurusan Dieng Batur turun di Pasar Kejajar Wonosobo, lalu perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang omprengan atau ojek menuju Basecamp Wates yang terletak di desa Wates, kecamatan Wonoboyo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Pendakian Gunung Prau Via Wates

  • Basecamp – Pos 1 Belumbang Kodok
Dari basecamp menuju Pos satu ini melewati hamparan ladang milik warga. Waktu yang ditempuh yaitu sekitar 60 menit perjalanan. Disini kita bisa menikmati luasnya ladang warga dengan berbagai macam tanaman buah dan sayuran. Jangan lupa untuk berfoto terlebih dahulu untuk dokumentasi perjalanan. Pos satu sendiri merupakan perbatasan antara perkebunan dengan hutan, karena jalan hingga pos satu dapat diakses menggunakan motor, warga di sini menawarkan jasa ojek dari basecamp hingga pos satu.

  • Pos 1 – Pos 2 Cemaran
Dari Pos satu Blumbang Kodok menuju Pos dua, kita akan melewati area pepohonan dan hutan dengan trek yang tidak terlalu terjal, trek ini selama perjalanan berupa akar dan tanah, disarankan jika musim hujan untuk memakai sepatu, karena jalanan akan mejadi licin ketika cuaca hujan. Estimasi perjalanan waktu untuk sampai ke Pos dua adalah sekitar 30 menit.

  • Pos 2 – Pos 3 Sudung Dewo
Perjalanan menuju Pos tiga pohon yang ditemui akan semakin lebat dan sebagian besar berhiaskan lumut hijau yang menambah kesan segar selama perjalanan. Kita akan menemui persimpangan menuju air terjun, jika mengambil arah kanan, kita akan bertemu dengan air terjun dan jika mengambil arah kiri kita akan menemui Pos tiga. Di sepanjang perjalanan sudah tersedia papan penunjuk jalan, sehingga jangan khawatir akan tersesat. Estimasi perjalanan waktu untuk sampai di Pos tiga yaitu sekitar 30 menit.

  • Pos 3 – Camp Sunrise
Berlanjut perjalanan Pos tiga menuju camp sunrise juga bisa di sebut camp area, vegetasinya akan semakin berkurang dan semakin terbuka sesuai dengan ketinggiannya. Di trek ini, kalian akan melewati tangga yang panjang dan melewati Plawangan yang bisa menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian sekitar 2100 mdpl sebelum akhirnya sampai di camp area. Estimasi perjalanan waktu dari Pos tiga menuju camp area memakan waktu sekitar 45 menit. Kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam di camp area atau puncak. Karena baik di camp area maupun puncak, sabananya sangat luas, cukup untuk puluhan tenda.

  • Camp Sunrise – Puncak
Perjalanan dari camp area menuju puncak akan menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Puncak gunung prau ditandai dengan plat kecil bertuliskan “Puncak 2565” pendaki sudah mencapai puncak.

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Prau
Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi Gunung Merbabu, Gunung Lawu

Puncak Gunung Prau

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Prau, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Prau Via Wates
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Persiapkan fisik sebelum hari pendakian tiba
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Prau
  • Basecamp – Pos 1 : 60 menit
  • Pos 1 – Pos 2 : 30 menit
  • Pos 2 – Pos 3 : 20 menit
  • Pos 3 – Camp sunrise: 30 menit
  • Camp sunrise – Puncak : 20 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Prau via Wates. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

No comments:

Post a Comment