Jalur Pendakian Gunung Papandayan




Papandayan berada di kabupaten Garut. Gunung bertipe Stratovolcano ini saat sebelum meletus pada tahun 2002 mempunyai empat buah kompleks kawah besar tapi saetelah meletus kawah ini menjadi sebuah areal kawah yang cukup besar, dan kawah ini terlihat jelas dari kejauhan. Kompleks kawah gunung Papandayan ini bisa didatangi oleh masyarakat umum yang bukan pendaki gunung sekalipun, ini dimungkinkan karena adanya jalan aspal mulus yang membentang dari bawah hingga kedekat kawah gunung ini.


Pendaki bisa memarkir kendaraannya di pelataran parkir yang cukup luas dan berjalan kaki sekitar 5 menit dari parkiran dan setelah itu akan memasuki kawasan kawah gunung ini yang dikenal dengan sebutan Kawah Mas. Di kawasan parkir banyak terdapat warung-warung yang menjual makanan dan selain di kawasan ini didekat alun-alun Pondok Salada juga ada sebuah warung. 

Mekipun untuk mencapai kawasan kawah gunung ini bisa didatangin dengan kendaraan, bagi para pendaki gunung tantangan di gunung ini masih ada, yaitu jalur trekking dari alun-alun Pondok Salada hingga kepuncak gunung ini dan kemudian turun melipiri punggungan puncak gunung ini dan jalan setapak dari jalur ini berakhir di belakang daerah parkiran kendaraan. Jalur trekking ini memakan waktu kurang lebih 6 jam. 

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, dari Kota garut belokan kendaraan anda menuju arah Cijulang dan dipertigaan Cisurupan ambil jalan yang lurus jangan berbelok ke kiri, sebagai patokan di pertigaan Cisurupan ini ada Plang selamat datang di Gunung Papandayan. 

JALUR TREKKING KE PUNCAK 

Parkiran – Alun-alun Pondok Salada

Dari parkiran jalur setapak dimulai mendekati kawah dan kemudian membelah kawah, hati-hati saat melangkah karena dibebeberapa tempat terdapat bagian yang gembur dengan suhu yang cukup panas dan kaki bisa terperosok. Kemudian jalur setapak membelok kekanan dan saat keluar dari komplek kawah ini jalan setapak terus mendatar hingga sampai di sebuah warung and disini terdapat sebuah lapangan yang cukup menampung lebih dari 30 tenda. Jalur setapak menuju Pondok Salada bisa ditemukan didepan warung ini dan sekitar lima menit berjalan dari warung ini kita akan sampai di Pondok Salada. Di Pondok Salada ini ada sungia kecil berair jernih hanya mengandung belerang. 

Pondok Salada – Alun-alun Tegal Alur 

Dari Pondok Salada jalur setapak mendaki sebuah punggungan yang ada didepan pondok salada, keadaan jalur setapaknya sedikit hancuran banyak batu-batu besar seperti aliran sungai kering. Setelah menyelesaikan etape tanjakan yang cukup curam ini jalan setapak menjadi datar dan kemudian berbelok ke kiri dan kemudian menyusuri punggungan. Hati-hati saat menyusuri pungungan ini karena di sebelah kiri jurang dalam yang berjarak hanya seengah meter dari jalan setapak. Tak lama setelah keluar dari kawasan hutan yang tidak begitu lebat, kita akan sampai disebuah alun-alun yang cukup besar. Yang dikenal dengan nama Alu-alun Tegal Alur, di bagian ujung dari alun-alun ini (di hitung dari tempat kita muncul) ada sebuah sungai kecil yang mengalir jernih. Sebelum mencapai alun-alun ini terlebih dahulu kita akan melewati sebuah lapangan mirip sebuh kawah mati.

Tegal Alur – Puncak 

Dari tegal Alur jalan setapak menuju arah puncak berada di seberang sungai kecil, jalan setapak yang tiak begitu jelas ini kemudian membelok kearah kanan memasukui hutan, Hati-hati saat berada di kawasan ini mungkin karena jalur ini jarang di tempuh sehingga terkadang jalur jalansetapaknya tiba-tiba menghilang tapi jika jeli kita akan banyak menemukan string line atau ikatan tali raffia berwarna merah dan bitu yang di ikatkan pada ranting pohon sebagai penanda jalan. Dikawasan puncak Gunung Papandayan tidak banyak yang bisa dinikmati selain pemandangan kawah. Dipuncak ini tidak ada tiang trianggulasi nya atau tiang penunjuk ketinggian. Tidak ada tanda selain saat sampai di puncak gunung ini jalan setapak seterusnya akan menurun. Jika anda membawa altimeter atau GPS makan akan mudah menentukan puncaknya. Puncak gunung ini hanya pelataran kecil saja dan tersamar dengan jalan setapak yang membelahnya. 

Puncak – Parkiran 

Dari puncak jalan setapak kemudian menurun, lama-kelamaan jalan setapaknya turun curam mengikuti gigiran punggungan puncak hati-hati dengan langkah anda karena disebelah kiri jurang menganga kea rah kawasan kawah. Jalan setapak di kawasan ini banyak ditumbuhi oleh rimbunnya tumbuhan dan pohon yang banyak ranting-ranting an dahan yang menjorok hinga ketanah sehingga saat melewati etape ini kita harus membungkuk dan terkadang merangkak. Dari puncak ke parkiran butuh waktu sekitar tiga jam dan kita akan muncul di bagian belakang parkiran ada sebuah sungai yang mengalir dan airnya jernih

Perijinan 

Tidak susah hanya saat memasuki kawasan anda dikenakan retribusi Rp.3.000,- per orangnya. Untuk kendaraan jika anda membawa kendaraan dan menginap anda bisa memberikan uang jasa menjaga kendaraan pada tukang pakirnya. 

TEMPAT-TEMPAT MENARIK 

Dikawasan gunung Papandayan ini ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi yaitu: 

Kawasan Kawah 
Kawasan kawah ini cukup menarik di telusuri namun anda harus hati-hati, dibeberapa temat ada Lumpur belerang yang sangat baik untuk penyakit kulit. 

Alun-alun Pondok Salada
Di alun-alun ini dulunya sebelum letusan tahun 2002 banyak terdapat bunga abadi edelweiss tapi setelah letusan bunga tersebut hingga saat ini belum tumbuh lagi, namun Susana dikawasan ini dan bentangan alamnya sangat menarik untuk dinikmati. 

Alun-alun Tegal Alur 
Tegal Alur sebuh alun-alun yang cukup besar dari sini kita bisa mengedarkan pandangan kearah kawah dan puncak terlihat jelas juga dari sini.
Tambahan
  1. Jangan memulai pendakian pada sore hari, selain berkabut, asap dari kawah volumenya banyak, dan sangat membahayakan pernapasan.
  2. Kalau pendakian dilakukan tanpa membangun tenda, bawa saja minuman dan makanan secukupnya, selebihnya tinggalkan di Pos Informasi, sampai puncak langsung turun.
  3. Kalau mau bermalam, ada baiknya di Pondok Salada, jadi menuju puncak tidak perlu membawa banyak barang.
  4. Kendaraan dari Terminal Guntur menuju Desa Cisurupan ada setiap waktu, namun sangat direkomendasikan sampai Garut sebelum sore hari, kendaraan mudah harga murah.

Pesan

Disini saya tidak meberikan estimasi biaya perjalanan karena estimasi biaya setiap waktu bisa berubah dan saya menganjurkan untuk tanya langsung ke petugas langsung dengan cara menghubungi petugas lewat postingan CP petugas silahkan klik di sini untuk mengetahui nomer telfon petugas gunung 

69 comments:

  1. kondisi jalur nya bagaimana tuh??

    ReplyDelete
  2. Tq infony nih keong, teruskn !

    ReplyDelete
  3. Kalau kesana sendirian disana bnyak turis gk

    ReplyDelete
  4. insyaaloh blan dpn sya akn k tkp

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum..

    Kira2 kalo mau nikmatin sunrisenya pendakian dimulai malam bisa gak.?
    Kata kawan ane masih banyak hewan liar kalo malem..udh gitu agak bahaya buat naik malem dan diusahakan pagi naiknya..
    Mohon infonya

    #salam keong

    ReplyDelete
  6. InsyaAllah tanggal 11-13 ini saya dan kawan kawan akan kesana :)

    ReplyDelete
  7. Insya Allah tgl 14-16 Bujang Rimba Adventure akan mendaki kesana

    ReplyDelete
  8. minggu ini saya akan mendaki , ke Gn. Papandayan..

    ReplyDelete
  9. Haiiii...kemungkinan bln dpn tgl 9 mau kesana. Kalo gak pake pemandu gak masalahkan Ya? Gak bakalan nyasar Kan?

    ReplyDelete
  10. dian P J : gak bakal nyasar kalo mendakinya lewat jalus pendakian yang resmu boy

    ReplyDelete
  11. Okee muhammad hamdun...thanks infonya. Takutnya banyak jalur aja disana

    ReplyDelete
  12. Wa"2 mr.dian sdh lg dsna ya nti cerita" ya kabar trakhir dsna. Udah lama ga maen" lg

    ReplyDelete
  13. ada yang mau mendaki ke papandayan tanggal 21-24 juni 2014 tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau sih cuma blm ada temen kesananya. Kopdar aja apa? :)

      Delete
    2. Nanti gabung kami aja..tgl 21 pagi mulai naik..
      ,Rncana Kmi ber 4 dri pekalongan (2cowk 2cwek) & sma tman ank bekasi 1org

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. Hai, salam Kenal... kita juga mau naik rencana tgl 21 pagi dari karawang... Kopdar di terminal Guntur gimana?

    ReplyDelete
  15. Gmn tgl 17 agustus sklian upcra

    ReplyDelete
  16. Makasih informasi dan gambarannya.
    InsyaAllah 5-7 & 12-14 Desember 2014 besok, temen2 Kepanduan bekasi mau ke Papandayan

    ReplyDelete
  17. Ad kh yg mw daki mahameru tgl 8 desember 2014 bsok ..klo ad hbg q 085332444886 soalx sndirian ni spa tw aj dpat tmn naik.

    ReplyDelete
  18. salam gunung buat para trekker ....

    ReplyDelete
  19. kalo daki malam dari camp awal papandayan bisa gan? apa resikonya?

    ReplyDelete
  20. kalo daki malam dari camp awal papandayan bisa gan? apa resikonya?

    ReplyDelete
  21. mohon info untuk tiket masuk wisatawan mancanegara berapa ya?

    ReplyDelete
  22. Mohon info buat bln desember papandayan udh buka blm

    ReplyDelete
  23. Mohon info buat bln desember papandayan udh buka blm

    ReplyDelete
  24. Mohon info buat bln desember papandayan udh buka blm

    ReplyDelete
  25. Terima kasih infonya lengkap sekali.,
    jangan kapok ya jalan2 ke papandayan :D

    Salam untuk semuanya.

    ReplyDelete
  26. Aku pernah kepapandayan tapi ga pernah kepuncak , sesampai tegal alun aku bingung milih jalurmana. Ada yg bisa Jelasin jalur puncak??

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. Tgl 31 mbak biar kita sekalian gabung hehe

      Delete
    2. Insya ALLAH tgl 24 des 2015 kami ber 4 berangkat dr Jakarta.
      Semoga dibisakan.

      Delete
    3. boleh gabung gak sy dari jakarta ber 4 no kontak saya 081511175117 rencana jalan tgl 24

      Delete
    4. boleh gabung gak sy dari jakarta ber 4 no kontak saya 081511175117 rencana jalan tgl 24

      Delete
  28. Minggu ketiga aja yokk..tanggal 26 ada penanaman pohon massal msalahnya di merbabu

    ReplyDelete
  29. Tanggal 25 desember ada yang naik ? kalo ada bareng yuk sama temen" bekasi biar rame hehe, info 081293533559

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tanggal 24 berangkat sore dari jakarta , tanggal 25 pagi baru naik dan bangun tenda di saladah . Yuk gabung 08881559313

      Delete
    2. mba boleh bareng saya ber 4 sama teman2 saya dari jakarta rencana jalan tgl 24 des ini no kontak saya 081511175117 (sumantri)

      Delete
    3. mba boleh bareng saya ber 4 sama teman2 saya dari jakarta rencana jalan tgl 24 des ini no kontak saya 081511175117 (sumantri)

      Delete
    4. mba boleh bareng saya ber 4 sama teman2 saya dari jakarta rencana jalan tgl 24 des ini no kontak saya 081511175117 (sumantri)

      Delete
    5. mba boleh bareng saya ber 4 sama teman2 saya dari jakarta rencana jalan tgl 24 des ini no kontak saya 081511175117 (sumantri)

      Delete
  30. ada yg tanggal 23 ga berangkatnya, dari bekasi (tambun)???
    id line: panjiindra11

    ReplyDelete
  31. kang , jalur ke puncak papandayan udah di buka belum ??
    mohon info, kira2 saya mau naik tgl 30 desember 2015 , sekalian merayakan tahun baru d puncak...

    ReplyDelete
  32. aku dan teman-teman ada agenda naik tgl 26..berangkat dr Kp.rambutan jumat sore tgl 25.
    Yuuk barengan.. more info: 085717330660

    ReplyDelete
  33. harus daftar dulu ga sih kalau mau daki kayak gunung gede pangrango ?

    ReplyDelete
  34. Yang mau naik..mnggu ini hari jumat atau hari kamis bisa sekalian bareng biar rame.saya dri garut kita bisa ktmu d tkp.kalau ada yg brencana naik silahkan hub.saya my.pin56ABDDDA,WA.081321000056.
    D tnggu+di antosan..

    ReplyDelete
  35. Besok saya berangkat dari bekasi, naik hari jumat. Kalo ada yg mau gabung kabarin ya 081293533559

    ReplyDelete
  36. Ada yang mau mendaki tgl 29 ngga,, brangkat dri bogor atau bandung tgl 28?

    ReplyDelete
  37. Ada yang yang naik tanggal 31 des ? Saya ikuut..082153910898

    ReplyDelete
  38. hallo agan, sist.. taun ini ada yang mau naik ke papandayan ga? info dong, berangkat dr cibinong bogor nih. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggal 19-21 Februari kami menuju kesana. Jika ingin bareng bisa hubungi 089658255524

      Delete
  39. tanggal 12,13,14 februari sist, kita rencana mau ke papandayan, mau join kita berangkat dari bogor juga, deket Univ. Pakuan @syefira Latifah

    ReplyDelete
  40. niatnya sih akhir bulan februari mau kesana tapi belum ada rombongannya nih gan and sist :)

    ReplyDelete
  41. Klo start dari parkir k atas berapa jam? N brapa kilo meter?

    ReplyDelete
  42. tidak harus boking seperti gunung gede dan semeru datang langsung ke lokasi, tetap prosedur pendakian harus digunakan. wlaupun banyak yang bilang gunung papandayan teramat ideal untuk pendaki pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro emaang cocok banget untuk pemula . Trek nya juga ga terlalu berat

      Delete
  43. ijin share video papandayan
    https://www.youtube.com/watch?v=1P3xUn_Osqw

    ReplyDelete
  44. Pantas puncak papandayan tidak sefamiliar tegal alunnya. Nice inpoh

    ReplyDelete
  45. makasih nih atas tulisannya jadi ada gambaran mau ke papandayan

    ReplyDelete
  46. Matap bro artikel nya ,saya jadi pengen ke papandayan lagi .

    ReplyDelete
  47. bener ya mas jalur ke puncak
    lewat tegal alun?

    ReplyDelete
  48. bener ya mas jalur ke puncak
    lewat tegal alun?

    ReplyDelete
  49. maaf buat admin sebelm nya saya mau ikut bantu teman teman yg mau nanjak ke papandayan,yg butuh info tentang papandayan atw butuh teman naik tour guide,porter bisa contak saya di no yg ini aja 085313189055,soalnya no yg biasa di hububgi yg 085723531844 itu dah aktif..tks ka admin.

    ReplyDelete