Halo #SobatKeong ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menceritakan #MingguNgeong edisi ke tiga dalam pencarian bidadari. Pencarian kali ini saya disebuah tempat wisata yang berada Kabupaten Semarang. Kenapa saya bisa ketempat ini? Dan apakah bidadari ada disini? Langsung saja yuk simak cerita selengkapnya.

Halo #SobatKeong, ketemu lagi nih di #MingguNgeong, setelah minggu lalu saya ke Curug Tujuh Bidadari dan tidak menemukan bidadari yang bisa dibawa pulang. Ternyata waktu perjalanan pulang saya mendapatkan bisikan bahwa saya harus berkunjung ke Candi Gedong Songo yang terletak di Desa candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bisikan itu berbicara bahwa saya disuruh mencari bidadari di Candi Gedong Songo. Penasaran? Apakah saya menemukan bidadari di Candi Gedong Songo? Yuk simak ceritanya sobat.

Halo #SobatKeong, Trip Keong kali ini saya akan membuktikan kalo saya akan bertemu bidadari di Curug Tujuh Bidadari, selain membuktikan keberadaan bidadari saya akan mengulas tentang tempat wisata alam yang masih berada di wilayah kabupaten Semarang ini, nama tempat wisata yang saya kunjungin kali ini yaitu Pancuran Tujuh Bidadari yang biasa di sebut warga setempat dengan Curug Tujuh Bidadari yang artinya pancuran tujuh bidadari. Udah pada pernah kesini sobat? Pastinya kalo orang Semarang dan sekitarnya pastinya sudah dong? Ya kan? yah, kalo sampai orang Semarang belum pernah ketempat ini, wah keterlaluan. Yasudah langsung simak #TripKeong edisi #MingguNgeong

Malu tapi mau, kata-kata itu pantas buat saya saat ketemu sosok wanita yang cantik, manis, dan ceria waktu itu. Pertama kali ketemu wanita tepatnya tahun 2008 itu saat saya belajar kelompok waktu SMA di rumah teman, bukanya saya sok pintar dan rajin loh sobat pakai belajar kelompok segala. Saya belajar kelompok karena waktu itu mau Ujian Akhir Nasional

Kisah Pacar Kedua

by on 20:00
Malu tapi mau, kata-kata itu pantas buat saya saat ketemu sosok wanita yang cantik, manis, dan ceria waktu itu. Pertama kali ketemu wa...

Halo Sobat Keong, kali ini saya akan menceritakan #TripKeong tempat wisata yang berada di kabupaten Semarang tempat wisata ini menyajikan panorama alam yang sangat indah tentunya, ada yang sudah tau kemana #TripKeong saya kali ini? Pastinya banyak yang belum tau? Ya kan? soalnya saya kan belum kasih tau tempatnya :D. kalo ada yang sudah tau pasti sobat keturunan paranormal :D. Pasti pada penasaran? Yasudah langsung saja yuk simak #TripKeong kali ini.

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman pacar pertama nih #SobatKeong bukanya saya galau lo.. saya menulis #KeongLoveStory ini karena menurut saya seru aja, kali aja kisahku ini bisa menjadi film atau menjadi sebuah buku yang berjudul “Pencarian Tulang Rusuk” *ngarep banget :D langsung saja ke cerita dari pada ngelantur, cerita kali ini berjudul Kisah Pacar Pertama.

Kisah Pacar Pertama

by on 13:32
Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman pacar pertama nih #SobatKeong bukanya saya galau lo.. saya menulis #KeongLoveSt...

Mimpi.. ya mimpi, apakah kalian punya mimpi? Apakah kalian punya masa depan? Nah pasti #SobatKeong punya alasan tersendiri ataupun mempuanyai pendapat tentang mimpi dan masa depan masing-masing tentunya. Saya menyadari mimpi itu abstrak, mimpi itu ada dua mimpi dunia nyata dan mimpi dunia imajinasi.

Terkadang hidup tak selalu lurus bersama dengan kegembiraan, kadang tak juga selalu dalam kegundahan. Kadang naik kadang pula turun, kadang kekiri kadang kekanan. Namun itulah yang membuat hidup seakan berwarna. Saat ini yang saya rasakan malas ? Ya, malas ! Perasaan yang tak pernah saya harapkan. Akhir-akhir ini saya membentang bagai dinding tak berpintu berdiri kokoh dihadapanku. Rutinitas ? Tak jelas sudah.

Kapan kalian menemukan cinta pertama? Kapan kalian merasakan cinta pertama? Dan kapan kalian pertama kali pacaran? Nah, loo… Pastinya ngebayangin sambil senyum-senyum sendiri, bahkan pasti ada yang ngebayangin sambil nangis.. *ups. Dari pada senyum-senyum dan nangis mending baca dulu yuk kisah First Love Keong.

First Love Keong

by on 23:15
Kapan kalian menemukan cinta pertama? Kapan kalian merasakan cinta pertama? Dan kapan kalian pertama kali pacaran? Nah, loo… Pastinya ...
Bulan Oktober kali ini saya berkunjung di Kota Surakarta niat awal cuma pengen menghibur diri yang sedang kalut dengan banyak pikiran yang tidak kunjung saya selesaikan. Bisa disebut #TripKeong kali ini sebuah pelarian dari semua tugas tidak kunjung saya selesaikan. Mungkin cara yang saya lakukan ini menurut #SobatKeong salah karena saya tidak mencoba menyelesaikan masalah malah melarikan diri dari masalah.


Eits, tapi cara ini paling manjur loh menurut saya buat menyelesaikan masalah, bukan membela diri lohh, tapi ini benar-benar cara ampuh saya menyelesaikan masalah dengan cara refreshing. Nah, langsung saja yuk simak #TripKeong kali ini. 

Kali ini saya menulis tentang sejarah atau asal mula Gunung Slamet. Banyak wisatawan yang kurang mengetahui asal mu-asal tempat yang dikunjunginya, oleh sebab itu di sini saya memaparkan cerita rakyat menurut warga sekitar tentang asal mula Gunung Slamet. langsung aja ke cerita yuk #SobatKeong.

Kali ini saya menulis tentang sejarah atau asal mula Gunung Lawu. Banyak wisatawan yang kurang mengetahui asal mu-asal tempat yang dikunjunginya, oleh sebab itu di sini saya memaparkan cerita rakyat menurut warga sekitar tentang asal mula Gunung Lawu. langsung aja ke cerita yuk #SobatKeong.

Kali ini saya akan mengulas #TripKeong ke tujuh pantai di gunung kidul, Yogyakarta, Bagi #SobatKeong yang hobi dengan kegiatan alam bebas tidak ada salahnya untuk mengunjungi tujuh pantai di daerah gunung kidul. Karena tujuh pantai di gunung kidul ini sangat cocok buat #SobatKeong kunjungi selain pemandanganya indah, tujuh pantai ini memiliki panorama pemandangan yang berbeda-beda. Pasti #SobatKeong penasaran kan? apa saja pantai yang di kunjungi dan mana saja pantai yang menjadi pilihan destinasi #TravellerKeong kali ini.

Kali ini saya menulis tentang sejarah atau asal mula Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Banyak wisatawan yang kurang mengetahui asal mu-asal tempat yang dikunjunginya, oleh sebab itu di sini saya memaparkan cerita rakyat menurut warga sekitar tentang asal mula Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. langsung aja ke cerita yuk #SobatKeong

Kali ini saya menulis tentang sejarah atau asal mula Gunung Merapi. Banyak wisatawan yang kurang mengetahui asal mu-asal tempat yang dikunjunginya, oleh sebab itu di sini saya memaparkan cerita rakyat menurut warga sekitar tentang asal mula Gunung Merapi. langsung aja ke cerita yuk #SobatKeong

Kali ini saya menulis tentang sejarah atau asal mula Gunung Merbabu. Banyak wisatawan yang kurang mengetahui asal mu-asal tempat yang dikunjunginya, oleh sebab itu di sini saya memaparkan cerita rakyat menurut warga sekitar tentang asal mula Gunung Merbabu. langsung aja ke cerita yuk #SobatKeong

Kali ini saya menulis tentang sejarah atau asal mula Gunung Ungaran. Banyak wisatawan yang kurang mengetahui asal mu-asal tempat yang dikunjunginya, oleh sebab itu di sini saya memaparkan cerita rakyat menurut warga sekitar tentang asal mula Gunung Ungaran. langsung aja ke cerita yuk #SobatKeong

Saya bukanlah seorang traveler yang tergila-gila akan momen matahari terbit dan matahari terbenam. Orientasi dan kegemaran traveler bisa saja berbeda satu dengan lainnya. Sah-sah saja kalau mereka pergi ke suatu tempat ke tempat lain demi mengejar matahari terbit atau matahari terbenam katanya pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam itu tidak pernah sama antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Sobat keong, kali ini saya akan menulis tentang nomer telepon pengurus Taman Nasional dan Gunung di Indonesia, tujuan dari ini semua supaya sobat keong yang ingin berkunjung atau mau mendaki tidak merasa kecewa, di karenakan tidak semua gunung di Negara kita ini bisa di daki tanpa ijin, soalnya kebanyakan gunung di Negar kita itu aktif (gunung berapi).

Ini kali pertama saya mencoba camping di sebuah pantai, yang dulunya saya sering camping di gunung di hutan yang rata-rata suhunya dingin. Kali ini saya mencoba hal baru, dimana untuk mencoba camping di pantai, tujuan saya camping di pantai itu pengen melihat matahari terbit dan matahari tenggelam di pantai.

Hai sobat keong, kali ini saya akan menceritakan perjalanan ke dua saya di hutan. Cerita kali ini saya akan menceritakan perjalanan menuju atap Gunung Merapi, perjalanan kali ini tidak jauh beda bodohnya dengan perjalanan saya di Gunung Ungaran pada postingan yang lalu tentang “Kebersamaan Loyalitas dan Persahabatan” . Sebuah perjalanan yang menurut sobat keong mungkin perjalanan yang bodoh.

Tahun 2008, awal saya mengenal arti persahabatan,kebersamaan, dan loyalitas. Perjalanan pendakian ke Gunung Ungaran adalah awal saya mengijakan kaki di hutan, jauh dari kebisingan Kota Semarang, tanpa adanya alat komunikasi,elektronik seperti HP,TV,game Online.

Baru pada hari Sabtu (16/03/2013) pertama kalinya, saya berkesempatan menikmati obyek Wisata Apung Kampoeng Rawa. Tempat wisata ini berada di jalan lingkar - Ambarawa Jika dari arah Semarang, Kampoeng Rawa terletak di sebelah kiri jalan. Alamat tepatnya Jalan Lingkar Selatan Km.03 Ambarawa. Biaya masuk per orang relative murah sekitaar Rp. 2.500,-. Parkir motor Rp. 2.000,-. Parkir Mobil Rp. 5.000,-. 

Belakangan ini mungkin saya di julukin orang yang sok sibuk dengan alasan “fokus skripsi”. Menghilang dari beberapa kegiatan rutin yang sering saya lakukan di alam bebas, hobi saya pun ikut kandas karena “skripsi”. Tidak tau juga kalo makan dan minum ikut kandas karena “skripsi” kayak apa jadinya :D
Pesona Alam yang terlewatkan mungkin banyak yang anda belum ketahui tentang Bukit Rong? dan pasti anda bertanya-tanya dimana lokasinya? dan ketinggianya berapa? kok aneh betul namanya?


Pertanyaan di atas itu sama yang saya lontarkan ke pada teman-teman Trisala yang mau mengadakan acara Jambore Jateng DIY. Temen-temen Trisala memilih lokasi tersebut karena lokasi ini banyak orang yang belum tahu dan saya sendiri pun belum tahu dimana Bukit Rong berada. jika anda penasaran yuk baca cerita saya di bawah ini.

Menurut saya, kenikmatan tertinggi dalam melakukan perjalanan hanyalah saat alam memberi kehidupan, tapi jangan merusak. Ketahanan fisik bukan masalah besar, melainkan kekuatan mental dan psikologis sangat di utamakan. Telah banyak campur tangan Tuhan dalam perjalananku selama ini. Bahkan sekali kejadian yang terjadi secara kebetulan. Ibaratnya, ratusan kali saya telah diloloskan dari lubang jarum kehidupan.

Dimana ada keindahan di situ ada sampah, betul kan sobat keong? Coba deh sobat keong liat sekitar kita di rumah, sekolah, kampus, lingkungan kerja bahkan di hutanpun banyak sampah. Trus sampah itu sebenarnya siapa sih? Di manapun berada sampah kok selalu di perbincangkan orang-orang dari berbagai kalangan Atas,Menengah,dan Kebawah.

Kota Semarang memiliki objek wisata religi yang menarik. Salah satunya adalah Vihara Buddhagaya Watugong yang terletak di daerah perbukitan Semarang Selatan. Jika berangkat dari pusat Kota Semarang, wihara ini berjarak sekitar 45 menit di sepanjang jalan menuju Solo dan Yogyakarta. Vihara ini memiliki banyak bangunan dan berada di area yang luas.

Klenteng Sam Po Kong bukan hanya sekedar Klenteng sebagai tempat bersembahyang namun Klenteng Sam Po Kong juga mempunyai nilai sejarah, sehingga Klenteng Sam Po Kong dijadikan ikon sebagai salah satu wisata sejarah di Jawa Tengah. Sejarah Klenteng Gedung Batu Sam Po Kong dahulu merupakan sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang LaksamanaTiongkok bernama Cheng Ho. Di sebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu terletak di bukit berbatu.

Jalan yang dulu bernama Heerenstraat, masih berdiri tegak monumen landmark Semarang, warga sekitar menyebutnya Gereja Blenduk. Gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di Kota Lama Semarang. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras dan mudah dikenali. Bentuknya lebih menonjol.

Masjid Agung Jawa Tengah adalah Masjid yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah. Masjid ini sangat megah dengan luas lahan mencapai 10 Hektar dan luas bangunan induk untuk shalat 7.669 meter persegi tersebut bargaya arsitektur perpaduan antara Jawa, Jawa Tengah dan Yunani.

Bagi anda yang hobi dengan kegiatan alam bebas dan ingin mendaki semua gunung di dunia, alangkah baiknya anda mendaki tujuh puncak di Pulau Jawa sebelum mendaki gunung tertinggi di dunia. Tujuh puncak di Pulau Jawa ini sangat cocok buat anda yang hobinya dengan kegiatan alam bebas selain pemandanganya indah dan banyak jalur yang extreme yang ada di tujuh puncak tertinggi di Pulau Jawa. Pasti anda penasaran apa gunung mana saja yang di Pulau Jawa menjadi pilihan langsung saja inilah daftar selengkapnya tujuh puncak tertinggi di pulau Jawa:



Gunung Arjuna dengan ketinggian 3.339 mdpl, sejak jaman Majapahit sudah dijadikan tempat pemujaan. Seperti halnya gunung penanggungan yang terletak tidak begitu jauh dari gunung arjuna ini, keduanya banyak memiliki peninggalan sejarah berupa bangunan pemujaan. Dilereng-lereng gunung Arjuna yang berketinggian 3.339 mdpl tersebut banyak terdapat arca maupun candi peninggalan kerajaan Majapahit. Situs-situs kuno dan bersejarah ini banyak berserakan mulai dari kaki gunung sampai di puncak gunung arjuna
Gunung Raung 3.332 (m dpl), berada dalam jajaran Pegunungan Ijen dan termasuk sebagai gunung berapi yang masih aktif dengan tipe stratovolcano, mempunyai kaldera di puncaknya yang berbentuk lingkaran (circular), Kaldera Gunung Raung mempunya dimensi luasan sekitar 750 m x 2,250 m dan masih selalu mengeluarkan asap dan semburan api.

Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak tertingginya Mahameru (3.676 mdpl). Salah satu rute yang sangat diminati pendaki. Biasanya pendaki akan betah digunung ini karena pemandangannya yang indah. Terutama disekitar ranu kumbolo.



Gunung Malabar merupakan sebuah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung yakni Bajaran, dengan titik tertinggi 2,343 meter di atas permukaan laut. Malabar merupakan salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Gunung wayang,Gunung Haruman,Gunung batu dan Gunung puntang adalah beberapa di antaranya. Dari sekitar lokasi bumi perekamahan terdapat 2 jalur pendakian untuk mendaki gunung puntang dan gunung haruman. Puncak gunung puntang di sebut puncak mega dengan ketinggian sekitar 2220 Mdpl. Sedangkan puncak tertinggi gunung haruman di sebut dengan puncak besar yang bereketinggian lebih dari puncak mega. 



Papandayan berada di kabupaten Garut. Gunung bertipe Stratovolcano ini saat sebelum meletus pada tahun 2002 mempunyai empat buah kompleks kawah besar tapi saetelah meletus kawah ini menjadi sebuah areal kawah yang cukup besar, dan kawah ini terlihat jelas dari kejauhan. Kompleks kawah gunung Papandayan ini bisa didatangi oleh masyarakat umum yang bukan pendaki gunung sekalipun, ini dimungkinkan karena adanya jalan aspal mulus yang membentang dari bawah hingga kedekat kawah gunung ini.


Gunung Ungaran terletak di sebelah Selatan - Barat Daya kota Semarang dengan jarak sekitar 40 Km, tepatnya berada di kabupaten Semarang. Gunung Ungaran termasuk gunung berapi. Gunung ini terdiri dari tiga buah gunung yakni Gn. Gendol, Gn.Botak, dan Gn. Ungaran. Puncak tertinggi Gn. Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl.

Gunung Ungaran ini memiliki tiga jalur pendakian sampai puncak yakni jalur candi Gedung Songo, jalur Jimbaran, dan jalur Medini. Dari tiga jalur tersebut yang sering di lewati pendaki yakni jalur candi Gedung Songo dan jalur Jimbaran.



Cikuray yang identik dengan sebuah kerucut raksasa adalah salah satu gunung yang terletak di selatan kota Garut Jawa Barat. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah tiga gunung lainnya yaitu, Gunung Ceremai (3078 mdpl), Gunung Pangrango (3019 mdpl), dan Gunung Gede (2958 mdpl).  Meskipun gunung ini indah, Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.


Gunung Gede-Pangrango adalah satu-satunya gunung yang menjadi faforit para pendaki di Indonesia, kurang lebih 50.000 pendaki per tahun, meskipun peraturan dibuat seketat mungkin, bisa jadi karena lokasinya yang berdekatan dengan Jakarta dan Bandung.


Gunung Sumbing, termasuk gunung tinggi di Jawa terletak di antara wilayah Temanggung dan Wonosobo Jawa Tengah berdiri gagah berdampingan dengan gunung Sindoro di sebelahnya. Gunung bertype strato ini berketinggian 3.371 mdpl, sedangkan kondisi puncaknya terdiri atas batu tebing menjulang tinggi yang dikelilingi oleh kawah - kawah kecil menebarkan asap belerang. Puncak Gunung Sumbing terdiri atas dua puncak, Puncak Buntu, dengan ketinggian 3.362 mdpl dan puncak Kawah, dengan ketinggian 3.372 mdpl.


Pendakian pada gunung Lawu 3265 mDpl dapat melalui 3 jalur. Jalur selatan yaitu melaluiCemoro Sewu, Jalur Barat melalui Cemoro Kandang, dan Jalur yang terakhir adalah jalur yang jarang sekali di lalui oleh orang pada umumnya hanya warga Ngawi pada kususnya.Yaitu jalur Srambang.

Gunung Penanggungan, merupakan gunung berapi yang sedang tidur atau sedang dalam keadaan tidak aktif. Gunung Penanggungan sering disebut miniatur Semeru, karena jika di lihat kondisi puncaknya sangat tandus, mirip Semeru. Ketinggian sekitar 1.653 mdpl, puncak penanggungan terdiri dari bebatuan cadas dan jarang di tumbuhi pohon, hingga jika di lihat dari kejauhan mirip kepala botak tanpa rambut.

Gunung Wilis merupakan gunung tidak aktif dengan tinggi 2563 mdpl di Jawa Timur. Gunung tersebut merupakan gunung dengan 5 puncak yang masing - masing dapat dijangkau dari tiap kota misalnya Puncak Liman dapat dijangkau dari kota Nganjuk dan Kediri dan banyak puncak lain, dan juga konon salah satu puncaknya ada yang belum pernah didaki dan juga belum ada yang berhasil berekspedisi ke salah satu puncaknya tersebut. 

Gunung Panderman bisa dikatakan adalah ikon alam Kota Batu. Dimanapun anda berada dalam wilayah Kota Batu, gunung ini akan selalu tampak dan menjadi latar belakang yang menarik. Puncaknya dapat dilihat jelas dari bawah, namun meskipun puncaknya terkesan tidak begitu tinggi, untuk mencapainya diperlukan stamina yang prima karena jalan menuju ke puncak menanjak cukup tajam dan melelahkan. Jika anda kebetulan sedang berada di alun-alun Kota Batu, maka gunung dengan tinggi 2045 meter ini akan menjadi semacam “backdrop” untuk alun-alun Kota Batu yang terkenal dengan bianglala-nya tersebut. 

Gunung Ciremei adalah gunung tertinggi di Jawa Barat ( 3.078 Mdpl ), dapat terlihat dengan jelas oleh para penumpang kereta api atau kendaraan umum lainnya sepanjang jalur pantura sekitar Cirebon. Untuk menuju puncak Ciremei terdapat tiga jalur yang dapat ditempuh yakni jalur Majalengka, jalur Palutungan dan, jalur Linggarjati. Jalur Linggarjati merupakan yang paling terjal dan terberat, namun jalur ini merupakan yang paling sering dilalui pendaki.


Gunung Sindoro - 3.136 m.dpl, setidaknya ada tiga nama yang dikenal baik oleh masyarakat, Sindoro, Sundoro atau Sendoro. Adalah termasuk dalam jajaran gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe Strato. Dari kejauhan nampak seperti dua saudara kembar antara Sundoro dan Sumbing, berdiri kokoh di batas Kabupaten Temanggung sebelah barat dan sebelah timur kota Wonosobo. Diantara keduanya, dipisahkan oleh pelana Kledung (1.405 m.dpl) yang melintasi jalan raya, menghubungkan Wonosobo dengan kota Magelang.


Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.  Gunung ini memiliki beberapa puncak diantaranya adalah puncak Salak I dengan ketinggian 2.211 m dpl dan puncak Salak II dengan ketinggian 2.180 m dpl.

Gunung Merbabu terletak di jawa tengah dengan ketinggian 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata "meru" yang berarti gunung dan "babu" yang berarti wanita.Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah: kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dankawah Sambernyowo. Gunung Merbabu dapat di daki dari empat jalur yakni Thekelan, Cunthel, Wekas dan Selo.

Gunung Merapi (2.968 m.dpl) terletak di 2 provinsi, di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Gunung merapi terletak berdampingan dengan Gunung Merbabu. Gunung merapi adalah salah satu gunung api yang mempunyai daya rusak yang tinggi dan paling aktif diantara sekian banyak gunung api yang terletak di Indonesia serta merupakan salah satu gunung terganas di dunia. Nama puncaknya adalah puncak Garuda, tapi puncak garuda itu telah hilang karena letusan merapi pada tahun (2010) yang merupakan bongkahan batu besar dengan bentuk mirip burung garuda. Salah satu ciri khas dari Gunung Merapi adalah pada saat terjadi letusan menghasilkan awan panas (glowing avalanches), yang oleh penduduk setempat disebut Wedus Gembel (sejenis bulu kambing Jawa), awan panas ini mempunyai suhu sekitar 1.000 C yang turun berbentuk bulatan keriting mirip kambing.