Trip Keong Kedai Kopi dan Wisata Umbul Sidomukti

/
0 Comments

Halo Sobat Keong, kali ini saya akan menceritakan #TripKeong tempat wisata yang berada di kabupaten Semarang tempat wisata ini menyajikan panorama alam yang sangat indah tentunya, ada yang sudah tau kemana #TripKeong saya kali ini? Pastinya banyak yang belum tau? Ya kan? soalnya saya kan belum kasih tau tempatnya :D. kalo ada yang sudah tau pasti sobat keturunan paranormal :D. Pasti pada penasaran? Yasudah langsung saja yuk simak #TripKeong kali ini.

Minggu tanggal 8 Desember 2013, pagi itu saya #TripKeong ke tempat wisata alam yang berada di kabupaten semarang tepatnya Desa Sidomukti ada dua tempat wisata yaitu Kedai kopi umbul sidomukti dan wisata alam di sido mukti.

Lokasi

Wisata alam kali ini terletak di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl, sebuah kawasan yang berada di wilayah Kabupaten Semarang. Pada ketinggian ini kita bisa bayangkan udara yang begitu sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan sobat keong yang berkunjung. Kawasan wisata ala mini lebih tepatnya ada di sebuah Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan. Dibawah ini peta menuju lokasi wisata umbul sidomukti



Transportasi

Untuk bisa sampai di tempat wisata sidomukti sobat keong ada dua jalur yang umum dilalui yaitu jalur pertigaan pom bensin Lemah Abang dan jalur Ambarawa. Bila sobat dari arah Semarang, maka sesampainya dipertigaan pom bensin Lemah Abang sobat belok kanan agar bisa sampai pasar jimbaran. Kalo sobat keong mengunjungi tidak membawa kendaraan umum bisa naik bus jurusan bandungan dengan ongkos kurang lebih Rp. 10.000,- dan berhenti di pasar jimbaran dan dilanjut naik ojek ke tempat wisata.

Sedangkan kalo sobat keong dari arah Yogya, maka sesampainya di ambarawa sobat belok kiri dan menuju arah pasar jimbaran. Sesampainya di pasar jimbaran sobat bisa sewa ojek kalo tidak membawa kendaraan pribadi.

Kondisi jalan dari pasar jimbaran menuju lokasi wisata sangat sempit dan menanjak. Hanya bisa di lalui mini bus, mobil pribadi, dan kendaraan. Kalo membawa mobil sendiri harus benar-benar berhati-hati terutama saat mau berpapasan.

Fasilitas

Wisata Kedai Kopi dan Goa Tirta Murya

Wisata ini letaknya tidak jauh dari wisata umbul sidomukti, kira-kira sobat keong naik sekitar 500 meter dan menemukan kedai kopi disekitar wisata kedai kopi ada wisata Pondok Kopi di sini sobat keong bisa istirahat di kedai kopi dan menikmati pemandangan sambil meminum kopi pastinya, tidak jauh dari kedai kopi sobat keong juga bisa wisata ke Goa Tirta Murya. Karena lokasinya berdekatan rugi klo sobat keong tidak mencoba masuk ke goa buatan yang akan mengantarkan sobat ke pinggir tebing bukit. Untuk selengkapnya sobat keong bisa liat potret di bawah ini


Pondok Kopi

Tempat outdoor Pondok Kopi

Pintu Masuk Goa Tirta Murya

Lorong Goa Tirta Murya

Untuk menu kedai kopi sendiri ada macam-macam lo sobat tidak cuma kopi, ini menu minuman yang disediakan antara lain : kopi (hot / cold), teh, susu, juice, minuman tradisional (bajigur, skoteng, bandrek, wedang jahe), minuman spesial Pondok Kopi (coklat panas, kopi jahe, teh poci, kopi susu). Sedangkan menu makanan antara lain : roti bakar, pisang bakar, nugget, kentang, sosis, singkong, tape, nasi goreng, bakmi goreng, bakmi jawa kuah, dan menu paket nasi. Untuk harga berkisar IDR 3000 sampai IDR 35.000.

Tapi sayangnya pondok kopi ini sajianya kurang begitu memuaskan dengan harga segitu, mungkin yang di jual bukan makanan dan minuman yang membuat mahal itu viewnya. Andai aja makan dan minumanya enak pasti rame di kunjungin. 

Wisata Alam Sido Mukti

Setelah sobat keong menikmati goa tirta murya dan menikmati kuliner di kedai kopi langsung aja turun kebawah dan melanjutkan #TripKeong ke sido mukti. Di sidomukti sendiri terdapat wisata yang menantang adrenalin sobat keong seperti lintasan flying fox dengan dua pilihan track. Track pertama flying fox dengan panjang 110 meter dan Track kedua 60 meter, marine bride (meniti jembatan tali menyebrangi di lembah), ATV dan jalur trekking. Tentunya semua itu tidak geratis lo sobat keong, mana ada jaman sekarang geratis, orang ketoilet aja kita harus bayar bukan begitu :D. setelah sobat keong menguji adrenalin pastinya capek kan, tapi tenang aja selain wisata menguji adrenalin sobat keong bisa bersantai di kolam renang yang ada di sekitar wisata, selain airnya alami dari pegunungan tentunya dingin sekali. Selengkapnya biar foto yang bercerita tentang wisata sidomukti ini


Kolam Rengan

Flying fox

Marine bride

ATV
Nah, itu sobat yang saya bisa share pasti pada bertanya biaya berapa semua itu? dan masuknya berapa ke wisata umbul sidomukti? tenang aja sobat disini saya sertakan biayanya kok. biar sobat keong gak penasaran ini biaya yang di keluarkan.

Biaya Masuk Kawasan Wisata Umbul Sidomukti
  • Tiket Parkir   : Kendaraan roda dua Rp.1.000,- dan Mobil Rp 2.000,-
  • Tiket Masuk  : Hari kerja Rp 4.000,-/orang dan hari sabtu, minggu dan hari besar Rp 5000,-
  • Tiket Marine Bridge : Rp 7.000,-/orang
  • Tiket Flying Fox 110 meter : Rp 12.000,-/orang
  • Tiket Flying Fox 60 meter : Rp 7000,-/orang
  • Tiket ATV : Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,-/orang untuk tiga kali putaran
  • Tiket Rapplying : Rp 7000,-/orang
  • Tiket Goa Tirta Murya : Rp 4000,-/orang
Catatan Biaya bisa berubah sewaktu-waktu

Lokasi wisata sudah, peta sudah, jalur wisata sudah, wahana yang disediakan sudah, biaya pun juga sudah saya ceritakan semua kepada sobat keong, terus yang belum apa coba? yang belum itu kapan sobat keong mampir kewisata ini udah baca sampai selesai masih aja di skrol trus mouse nya, udah mentok ni saya sering #TripKeong kali ini, nunggu apa lagi? siapkan ransel sobat ajak keluarga atau teman-teman sobat buat ngetrip ketempat ini. 

Pesan saya kali ini tetap jaga kebersihan ya #SobatKeong supaya tempat wisata yang bagus ini tetep terjaga keasrianya, kebersihanya, dan keindahanya. sampai disini dulu sampai ketemu di #TripKeong selanjutnya :)


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

No comments:

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.