Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang



Gunung Lawu berada di perbatasan propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur lebih tebatnya berada di antara kabupaten magetan, ngawi dan karanganyar. Gunung Lawu mempunyai ketinggian 3265 mdpl gunung ini memiliki tiga puncak yakni puncak Hargo Dumiling, Hargo Dalem dan Puncak Hargo Dumilah. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang.

Rute pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalurCemoro Kandang. Jalur Cemoro Kandang  merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung lawu. Jalur Cemoro Kandang dikenal sebagai jalur paling panjang dan lama, tidak banyak pendaki yang memilihnya, terkecuali mereka yang sangat mencintai tantangan. Jalur ini terletak di kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah, ketinggiannya sendiri mencapai 1.946 mdpl. Disini Bascamp cemorokandang prasarana sangan lengkap seperti kita dapat menemukan kamar mandi, musholla, tempat beristirahat atau menginap, aula yang luas dan beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan dan kebutuhan saat mendaki.

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Cemoro Kandang
Gunung Lawu terkenal dengan pemandangan sabana yang sangat indah dan warung yang berada di puncak yang sering pendaki kenal dengan warung mbok Yem. Untuk sampai basecamp Gunung Lawu via Cemoro Kandang sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Solo. Sesampainya di solo sahabat carilah bus yang menuju terminal tawangmangu. Sesampainya di terminal tawangmangu naiklah angkutan umum L300 turun di basecamp Cemoro kandang, tapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai terminal tawang mangu sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore. Jika sahabat sampai terminal tawangmangu lewat sore hari kalian bisa sewa mobil atau ojek untuk menuju basecamp Cemoro Kandang 

Akan tetapi jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Madiun, dari Madiun sahabat cari bus arah magetan dan turun di terminal magetan, dari terminal Magetan cari angkutan umum L300 dan turun di basecamp Cemoro Kandang. tapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai terminal tawang mangu sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore. Jika sahabat sampai terminal tawangmangu lewat sore hari kalian bisa sewa mobil atau ojek untuk menuju basecamp Cemoro Kandang.

Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Kandang

  • Basecamp – Pos 1 Taman Sari Bawah
Setelah Selepas basecamp pendakian, kita akan menaiki anak tangga terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan jalur Cemoro Kandang sering dilewati para penziarah untuk melakukan ritual pada waktu-waktu tertentu. Selepas tangga, kita akan memasuki hutan dan jalanan masih cukup landai.

Berjalan sekitar 2 jam, kita sudah sampai di pos 1, sebuah tempat bernama Taman Sari Bawah yang berada pada ketinggian 2.237 mdpl. Saat berada di pos 1, kita dapat beristirahat di sebuah bangunan yang cukup besar atau di area tanah datar berkapasitas dua tenda.
  • Pos 1 Taman Sari Bawah – Pos 2 Taman Sari Atas
Perjalanan berlanjut menuju pos 2, track semakin menanjak, pemandangan berupa hutan yang rimbun, tercium bau belerang dan terkadang suara gemuruh kawah Candradimuka terdengar di telinga. Waktu tempuh perjalanan ini sekitar 1,5 jam.

Sama halnya dengan pos 1, di pos 2 pun terdapat pondok kayu yang lumayan besar. Di sini kita dapat menemukan beberapa pedagang makanan yang menjajalkan dagangannya, lumayanlah buat ngeganjal perut.
  • Pos 2 Taman Sari Atas – Pos 3 Penggik
Perjalanan munuju pos 3 diawali dengan melewati sebuah sungai kecil, selanjutnya jalur lumayan ekstrim karena pinggirannya berupa jurang yang menganga. Di tengah perjalanan, kita akan menemukan jalan bercabang, meskipun tujuannya sama, yaitu pos 3. Namun perbedaannya adalah jalur satu melewati track terjal yang singkat dan jalur satunya melewati jalur landai yang panjang.

Setelah berjalan sekitar 3 jam, maka kita akan sampai di pos 3 yang ditandai dengan adanya bangunan kecil, hanya mampu menampung 1 tenda saja. Saat berada di pos yang bernama Penggik ini, kita dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa indahnya.
  • Pos 3 Penggik – Pos 4 Cokro Suryo
Menuju pos 4, track tidak banyak berubah, masih berupa tanjakan yang konstan, mengitari sebuah bukit, tidak jarang bunga Edelweis akan menyapamu dari pinggiran track. Di tengah perjalanan, kita akan menemukan Sendang Panguripan, sebuah mata air yang sangat jernih dan menyegarkan, dianggap keramat oleh sebagian masyarakat lereng gunung Lawu.

Sesampainya di pos 4, kita akan menemukan bangunan gubuk yang keadaannya memprihatinkan dan beberapa memoriam untuk mengenang para pendaki yang gugur saat mendaki gunung Lawu. Di kejauhan, sudah nampak puncak gunung Lawu.
  • Pos 4 Cokro Suryo – Pos 5 Prapatan 
Perjalanan menuju pos 5 sangat bervariasi, kita akan menemukan track menurun, datar, menanjak dan jalan buatan. Begitupun dengan pemandangannya, kita akan melihat rerumputan, warna hitam bekas kebakaran, padang Edelweis, dan beberapa puncak gunung lainnya. Mendekati pos 5, jalanan akan menanjak sedikit tajam.

Setelah berjalan sekitar 1,5 jam, kita akan sampai di pos 5, satu-satunya pos pendakian di gunung Lawu yang tidak memiliki bangunan. Selain itu, pos dengan nama Perapatan ini merupakan persimpangan jalan. Arah kanan menuju Hargo Dumilah, kiri ke Hargo Tiling dan Lurus untuk menuju Hargo Dalem.
  • Pos 5 Prapatan – Hargo Dalem 
Dari pos 5 menuju puncak Dalem cukup dekat, sekitar 30 menit perjalanan, maka kita akan sampai di puncak Hargo Dalem, di sana terdapat petilasan Prabu Brawijaya dan warung Mbok Yem yang legendaris, sebuah warung tertinggi di Indonesia yang menyediakan berbagai macam makanan, termasuk pecel lele, dan aneka jenis minuman, termasuk es teh. 
  • Hargo Dalem – Hargo Dumilah 
Perjalanan menuju puncak tertinggi gunung Lawu adalah perjalanan yang berat, kamu harus menyusuri jalanan dengan kawah di sebelah kiri dan jurang di sebelah kanan. Harus hati-hati saat memilih pijakan. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit perjalanan. 

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Lawu

Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Puncak Gunung Lawu

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Lawu, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Lawu Via Cemoro Kandang
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme 

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Lawu 

Basecamp - Pos 1 Taman Sari Bawah : 120 menit
Pos 1 - Pos 2 Taman Sari Atas : 90 menit
Pos 2  - Pos 3 Penggik : 180 menit
Pos 3 - Pos 4 Cokro Suryo : 90 menit
Pos 4 - Pos 5 Prapatan : 90 menit
Pos 5 - Hargo Dalem : 30 menit
Hargo Dalem - Hargo Dumilah 30 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian gunung Lawu via Cemoro Kandang. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

2 comments:

  1. Terimakasih infonya sangat membantu, sukses terus..

    ReplyDelete