Persiapan Ini Perlu Dilakukan Agar Tidak Tersesat Di Gunung


Hai Sahabat pernah tidak kalian berfikir ketika ingin mendaki gunung sahabat memikirkan konsekuensinya ketika naik gunung? contohnya tersesat? ketika sahabat tau resiko semua itu pernah tidak mempersiapkan semua pengetahuan ketika kita tersesat? jika sahabat belum tau persiapan apa saja supaya tidak tersesat, disini saya akan menjelaskan semua itu. yuk langsung simak.


Kalau boleh diibaratkan tersesat itu adalah ‘dosa’ dan harus tetap bertahan hidup adalah hukumannya, maka sudah sewajarnya setiap pendaki mau sehebat apapun tak akan menginginkan berada dalam situasi tersebut. Dibawah ini ada beberapa cara untuk menghindari kita agar tidak tersesat saat mendaki gunung.

  • Beritahu Tentang Rencana pendakian Kepada Orang Terdekat

Sebelum berangkat sangat penting untuk memberitahu rencana detail kita kepada keluarga atau orang terdekat paling sedikit 2 orang, berikan informasi secara rinci pada mereka atau tinggalkan catatan di meja kamar kita seperti lokasi tujuan, tanggal kembali dan sebagainya.

  • Patuhi Tata Tertib Yang Telah Dibuat

Ini adalah hal dasar yang paling utama yang harus dilakukan oleh setiap pendaki, setiap gunung pasti memiliki tata tertib sendiri untuk dipatuhi, tujuan dari peraturan tersebut bisa untuk kelestarian hutan gunung tersebut ataupun untuk keselamatan pendaki itu sendiri. Baca setiap peraturan dan ikuti setiap rambu – rambu yang ada di jalur.

  • Pelajari Jalur Pendakian

Dengan mengetahui karakteristik jalur kita akan bisa menentukan banyak hal agar pendakian bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan, seperti mengetahui lokasi sumber air, post pendakian, estimasi waktu yang dibutuhkan hingga vegetasi alam sekitar. Setiap gunung memiliki karakteristik jalur yang berbeda -beda hal ini akan sangat menentukan cara kita dalam mencapai puncak.

  • Bawalah Pemandu

Bagi pendaki pemula apalagi baru pertama kali mendaki gunung tersebut sebaiknya bawa pemandu. Pemandu bisa dari masyarakat sekitar gunung, jasa pemandu wisata, teman atau senior kita yang sudah pernah mendaki ke gunung tersebut.

  • Selalu Berada Dalam TIM

Saat mendaki gunung usahakan jangan terpisah terlalu jauh dari tim. Kemampuan fisik sangat menentukan di poin ini, karena banyak pendaki yang tersesat diawali dengan kelelahan sehingga terpisah dari tim. Pendaki yang memiliki fisik lemah jangan ditempatkan diposisikan paling belakang. Begitu juga saat beraktifitas di camp site atau di jalur seperti mencari air usahakan jangan sendiri kalau kita belum paham betul dengan medannya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.