Jalur Pendakian Gunung Merapi

/
34 Comments

Gunung Merapi (2.968 m.dpl) terletak di 2 provinsi, di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Gunung merapi terletak berdampingan dengan Gunung Merbabu. Gunung merapi adalah salah satu gunung api yang mempunyai daya rusak yang tinggi dan paling aktif diantara sekian banyak gunung api yang terletak di Indonesia serta merupakan salah satu gunung terganas di dunia. Nama puncaknya adalah puncak Garuda, tapi puncak garuda itu telah hilang karena letusan merapi pada tahun (2010) yang merupakan bongkahan batu besar dengan bentuk mirip burung garuda. Salah satu ciri khas dari Gunung Merapi adalah pada saat terjadi letusan menghasilkan awan panas (glowing avalanches), yang oleh penduduk setempat disebut Wedus Gembel (sejenis bulu kambing Jawa), awan panas ini mempunyai suhu sekitar 1.000 C yang turun berbentuk bulatan keriting mirip kambing.

Gunung Merapi ini hampir tidak pernah sepi dari pendaki, bahkan pada hari minggu banyak sekali pendaki yang datang. Untuk mencapai puncak Gunung Merapi kita bisa melewati dua jalur utama, lewat Kinaharjo/Kaliurang dan lewat Selo/Boyolali, tetapi Jalur pendakian Kaliurang di tutup sementara sejak Bulan Nopember 1995.


  • TRANSPORTASI
Untuk menuju ke posko pendakian Gunung Merapi para penggiat alam bebas dari Jawa Barat atau Jawa Timur bisa menggunakan transportasi darat kereta api, dari jawa barat naik kereta api Tawang Jaya dari stasiun Senen Jakarta menuju stasiun Poncol Semarang. Jawa Timur naik kereta api dari stasiun pasar turi menuju Poncol Semarang. Sesampainya di stasiun poncol ini kita naik bus kota menuju terminal Terboyo, dilanjutkan dengan bus jurusan Solo-Semarang turun di terminal boyolali, dengan bus kecil arah selo Sepanjang perjalanan naik bus kecil arah selo kita bisa bilang ke kernet bus untuk turun di jalur pendakian gunung Merbabu Jalur selo

Desa Selo (1.560 m.dpl) saat ini menjadi gerbang pendakian utama. Desa Selo terletak dipelana Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Desa ini mempunyai panorama alam yang indah karena letaknya yang strategis. Penduduk desa ini sebagian besar bertani sayuran dan tembakau. Di desa ini juga terdapat tempat wisata gua yang mempunyai tempat pertapaan, terletak 300 meter dari Pos Polisi Selo.

Setelah tiba di gerbang desa selo, kita meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Basecamp pendaki di dusun Plalangan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. jalan yang kita lalui berupa jalan aspal yang cukup menanjak. lumayan, sebagai pamanasan sebelum pendakian yang sebenarnya. Ditengah perjalanan anda akan melewati sebuah pos kecil mirip pos hansip, dimana anda bisa melaporkan pendakian anda dengan biaya retribusi pendakian Gunung Merapi. Sepanjang perjalanan kita akan melewati rumah2 dan ladang penduduk.

Basecamp atau Pondok pendaki, adalah sebuah rumah dimana terdapat ruang aula yang cukup luas untuk menampung pendaki yang ingin beristirahat, baik sebelum atau setelah melakukan pendakian. Tempat ini dapat menampung sekitar 30 0rang pendaki dan bisa dikenali dengan sebuah plang bertuliskan BASECAMP PENDAKIAN GUNUNG MERAPI dan sebuah toko suvenir didepannya.

 Menurut keterangan penghuninya, ini adalah basecamp baru, pindahan dari basecamp lama yang berada dibawahnya. ditempat ini anda bisa beristirahat sejenak dan packing ulang perlengkapan pendakian. Selain itu, anda juga bisa membeli suvenir berupa pernak - pernik gunung merapi, seperti Stiker, Gantungan Kunci, Pin, kaos bergambar gunung merapi, dan sebagainya dengan harga 3000 - 50.000 rupiah. Anda bisa mempersiapkan perbekalan air dari sini, karena sepanjang pendakian, anda tidak akan menemukan mata air.
Dari basecamp, perjalanan dilanjutkan menuju Joglo dengan jalur masih berupa jalan aspal yang menanjak dengan waktu tempuh kira-kira 10 menit. Joglo adalah sebuah bangunan berbentuk rumah joglo yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar. Anda bisa memandangi eloknya gunung merbabu dengan jelas dari tempat ini.

Tempat ini sudah terlihat dari jalan raya karena terdapat sebuah baliho atau tulisan besar yang bertuliskan NEW SELO. sekilas tampak seperti lambang Hollywood di Amerika sana. saya sempat tersenyum saat melihat baliho tersebut, kreatifitas yang tinggi dari pembuatnya. Disini juga terdapat tempat parkir yang dapat menampung hingga 6 buah mobil, dan beberapa buah warung yang menjual makanan dan minuman ringan. warung2 ini hanya buka sampai sore hari, terkecuali pada saat musim pendakian.

Dari Joglo, anda bisa melanjutkan perjalanan jalan setapak kecil yang berada disamping tempat ini menuju pos Tugu I. jalur yang akan anda lewati masih didominasi ladang penduduk dengan medan batuan kecil dan tanah yang pada musim kemarau akan sangat berdebu. Jika anda melakukan pendakian pada musim kemarau, sebaiknya anda menggunakan masker dan baju berlengan panjang. Banyak terdapat percabangan jalur di sepanjang trek pendakian, tapi berujung pada jalur yang sama. terserah anda memilih mana jalur yang kira2 nyaman untuk dilewati. Di Pos Tugu I ini terdapat sebuah tugu yang letaknya berada di sebuah punggungan, tingginya sekitar 1,5 meter.

Dari Pos I Perjalanan dilanjutkan menuju Pos Tugu II, dengan jalur yang curam dan penuh bebatuan besar. perjalanan menuju pos ini memerlukan waktu sekitar 1,5 - 2 jam. Di pos ini juga terdapat sebuah tugu, sama seperti di pos sebelumnya. dari sini anda tinggal memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk menuju pasar bubrah. medan pendakian masih serupa dengan medan pendakian sebelumnya. menjelang pasar bubrah anda akan melewati sebuah beberapa memoriam yang berada pada sebuah dataran yang menjadi puncak sebuah punggungan. dari sini anda tinggal turun menuju pasar bubrah.Pasar bubrah berada pada sebuah lembahan yang dipenuhi batu - batu besar yang berserakan. dari sini terlihat 2 buah puncak. disebelah kiri anda adalah jalur menuju kawah woro.

Dan di hadapan anda adalah jalur yang menuju ke puncak. dari pasar bubrah menuju puncak memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan jalur yang sangat curam dan pasir. medan yang anda hadapi adalah pasir dan berbatu yang mudah longsor. sebaiknya anda berhati - hati karena angin kencang bisa datang setiap waktu. begitu juga dengan bahaya longsoran batu yang mungkin terinjak oleh pendaki diatas anda. pendakian dari selo menuju ke puncak gunung merapi memakan waktu 5-6 jam dan turunnya membutuhkan waktu 3 - 4 jam per jalanan.

Pemandangan di Puncak Merapi sangat menakjubkan sekaligus mengerikan, gemuruh kawah dan asapnya serta tebing batu di sekitar kawah nampak menyeramkan. Tetapi dari puncak ini kita bisa saksikan kota-kota di kaki-kaki gunung seperti Yogyakarta, Boyolali dan Magelang, di kaki langit. Kalau beruntung, kita bisa menyaksikan matahari terbit yang kemerahan diufuk timur yang merupakan panorama alam yang sungguh menakjubkan.

Pesan

Disini saya tidak meberikan estimasi biaya perjalanan karena estimasi biaya setiap waktu bisa berubah dan saya menganjurkan untuk tanya langsung ke petugas langsung dengan cara menghubungi petugas lewat postingan CP petugas silahkan klik di sini untuk mengetahui nomer telfon petugas gunung


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

34 comments:

  1. Sy jd terkenang saat mendaki merapi th.2001..sayap garuda msh ada tp tinggal yg sebelah kiri. Tulisan anda bagus pak...teruskan. salam lestari.

    ReplyDelete
  2. alhamdulilah sudah bisa sampai ke puncak merapi.. 2012 silam.. hehee sayangnya bnyak sekali vandalisme di puncak...

    ReplyDelete
  3. owh,
    sudah ada jalur baru ya Bro setelah metelus gunung merapi saya masih gak beraini dekat dekat karena kabarnya masih sangat aktif dan berbahaya

    ReplyDelete
  4. rencana mau mendaki sendirian. Insyaalah trcpai

    ReplyDelete
  5. Mas kalo liat sunrise enakny summit jam brapa ya?
    Trimakasih

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah...salam pecinta alam

    ReplyDelete
  7. Semoga tgl 14 april allah meridhoi q mngnjakan kaki di puncak merapi
    Aminnnn
    Untuk tmpat camp d pos brapa min????

    ReplyDelete
  8. Thx infonya buat persiapan minggu depan

    ReplyDelete
  9. Merapi aman yaa minggu ini min?

    ReplyDelete
  10. Merapi aman yaa minggu ini min?

    ReplyDelete
  11. Pak kalau dari new Selo(utk parkir mobil) ke Pos 1 kira-kira berapa jam? Saya ingin mengajak putri saya yang masih kecil, sebelumnya sdh pernah mengajak hiking di bukti turgo selama 1,5 jam.

    ReplyDelete
  12. Gan ada nomor petugas di basecamp yang bisa di hubungi gak ? Soalnya kalau jadi bulan ini saya sama temen saya mau naik ke merapi

    ReplyDelete
  13. Biar dpt sunrise dpncak dr basecamp jm brp bos...? Thank

    ReplyDelete
  14. Bulan depan insyaalah mau ke merapi..kira nya ada barengan gitu...ane dari jawa timur

    ReplyDelete
  15. November ane ke merapi,. Thanks info nya, kerenn

    ReplyDelete
  16. nanti malam mau mendaki
    doakan ya mas

    ReplyDelete
  17. Mas mau tanya kalo dari stasiun semarang poncol ke basecamp kira kira berapa jam perjalanannya ya, makasih

    ReplyDelete
  18. Mau ke merapi ? Bareng yok, besok ane rencananya mau merapi nih

    ReplyDelete
  19. Mau ke merapi ? Bareng yok, besok ane rencananya mau merapi nih

    ReplyDelete
  20. tulisan yang keren kang....tengkyu infonya lanjut cuzzz ke merapi tanggal 23 nanti

    ReplyDelete
  21. 6 feb 2016 insyaAllAh k merapi dr new selo. Sya dn tmn2 dr smrg jg bru ni k merapi. Klo merbabu udh prnh. Yg mo join nmbah tmn prjalann, monggo. Tmbh silaturahim. Omm keongg.. Joss.. Tulisane jd pnduan sblm munggah gunung.

    ReplyDelete
  22. 6 feb 2016 insyaAllAh k merapi dr new selo. Sya dn tmn2 dr smrg jg bru ni k merapi. Klo merbabu udh prnh. Yg mo join nmbah tmn prjalann, monggo. Tmbh silaturahim. Omm keongg.. Joss.. Tulisane jd pnduan sblm munggah gunung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bareng bro Janjian di basecamp new selo..
      Ane dari jakarta tanggal 5 malem Sama tmn" sekitar 12 orang..
      Kemungkinan smpe sana tanggal 6..

      Delete
  23. mau tanya, untuk info cuaca di sana bgaimna ya? dari kudus rencana tgl 6 feb mau ksana
    join 085842100656

    ReplyDelete
  24. Semoga rencana bulan depan kesini dapat terlaksana, Terimakasih infonya juragan sangat membantu.

    Sumber Informasi Anda

    ReplyDelete
  25. merapi sekarang cuma bisa sampe pasar bubrah aja ya atau bisa sampe kepuncak?? bukan puncak garudanya ya...

    ReplyDelete
  26. Mlm tahun baru ynag mau muncak ke merapi via selo,bisa hub wa 081220464906,untuk jasa amgkutan,porter,salam lestari

    ReplyDelete
  27. Mlm tahun baru ynag mau muncak ke merapi via selo,bisa hub wa 081220464906,untuk jasa amgkutan,porter,salam lestari

    ReplyDelete
  28. Min kalo untuk pendaki pemula memakan waktu brp jam min?

    ReplyDelete

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.