Jalur Pendakian Gunung Semeru

/
164 Comments

Gunung semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak tertingginya Mahameru (3.676 mdpl). Salah satu rute yang sangat diminati pendaki. Biasanya pendaki akan betah digunung ini karena pemandangannya yang indah. Terutama disekitar ranu kumbolo.
Desa terakhir yang harus kita lewati untuk menuju puncak Mahameru adalah desa Ranu Pane. Untuk menuju Ranupane bisa dari kota malang atau lumajang. Dari terminal kota malang naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Dilanjutkan dengan Jip atau Truk Sayuran yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang. Di Ranu Pane terdapat Pos pemeriksaan, warung dan pondok penginapan. Pendaki juga dapat bermalam di Pos penjagaan. Di Pos Ranu Pani juga terdapat dua buah danau yakni danau (ranu) pani (1 ha) dan ranu regulo (0,75 ha). Terletak pada ketinggian 2.200 mdpl.


Ada dua jalur yang bisa ditempuh dari Desa Ranu Pane menuju Mahameru. Tetapi kedua jalur tersebut akan bertemu di Ranu Kumbolo. 
  1. Jalur Pendakian Gunung Semeru via Watu Rejeng.
  2. Jalur Pendakian Gunung Semeru via Gunung Ayek-Ayek

Peta Dua Jalur Pendakian Gunung semeru


Jalur Pendakian Watu Rejeng

Ranu Pane - Watu Rejeng - Ranu Kumbolo

Biasanya bagi pendaki yang baru pertama kali ke gunung Semeru akan sulit menemukan jalur pendakian, kadang malah hanya berputar disekitar desa Ranu Pane. Sebaiknya setelah menemukan gapura selamat datang, perhatikan terus ke kiri ke arah bukit, jangan mengikuti jalanan yang lebar ke arah kebun penduduk.

Jalur awal yang kita lalui cukup landai, menyusuri lereng bukit yang didominasi tumbuhan alang-alang.Tidak ada tanda penunjuk arah jalan, tetapi terdapat tanda ukuran jarak pada setiap 100m, kita ikuti saja tanda ini. Kadang terdapat pohon tumbang, dan ranting-ranting diatas kepala, sehingga kita harus sering merundukkan kepala, tas keril yang tinggi sangat tidak nyaman. 

Setelah berjalan sekitar 5 Km menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi Edelweis, kita akan sampai di Watu Rejeng. Kita akan melihat batu terjal yang sangat indah. Kita saksikan pemandangan yang sangat indah ke arah lembah dan bukit-bukit yang ditumbuhi hutan cemara dan pinus. Kadang kala kita dapat menyaksikan kepulan asap dari puncak semeru. Dari sini kita bisa menuju pos pendakian di Ranu Kumbolo yang masih harus kita tempuh dengan jarak sekitar 4,5 Km.

Selain jalur yang biasa dilewati para pendaki melewati Watu Rejeng, juga ada jalur pintas yang biasa dipakai para pendaki lokal, jalur ini sangat curam dengan melintasi Gunung Ayek-ayek.

Setibanya di Ranu Kumbolo sebaiknya kita mendirikan tenda karena disini terdapat danau yang memiliki air bersih, dan juga pemandangan disini sangat indah. Biasanya pendaki akan betah berada disini, ditambah pemandangan matahari terbit disela-sela bukit. Banyak terdapat ikan, kadang burung belibis liar. Ranu Kumbolo berada pada ketinggian 2.400 m dengan luas 14 ha.

Ranu Kumbolo - Oro Oro Ombo - Cemoro Kandang
 
Dari Ranu Kumbolo sebaiknya menyiapkan air sebanyak mungkin. Meninggalkan Ranu Kumbolo kita mendaki bukit terjal, dengan pemandangan yang sangat indah dibelakang ke arah danau. Di depan bukit kita terbentang padang rumput yang luas yang dinamakan oro-oro ombo. 

Oro-oro ombo dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah, padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti di Eropa. Dari balik Gn. Kepolo tampak puncak Gn. Semeru menyemburkan asap wedus gembel. Selanjutnya kita memasuki hutan Cemara dimana kadang-kadang kita jumpai burung dan kijang. Banyak terdapat pohon tumbang sehingga kita harus melangkahi atau menaikinya. Daerah ini dinamakan Cemoro Kandang.

Cemoro Kandang - Pos Kalimati
 
Dari Cemoro Kandang kita akan menuju Pos Kalimati yang berada pada ketinggian 2.700 m, disini kita dapat mendirikan tenda untuk beristirahat dan mempersiapkan fisik. Kemudian meneruskan pendakian pada pagi-pagi sekali pukul 24.00. Pos ini berupa padang rumput luas di tepi hutan cemara, sehingga banyak tersedia ranting untuk membuat api unggun. Terdapat mata air Sumber Mani, ke arah barat (kanan) menelusuri pinggiran hutan Kalimati dengan menempuh jarak 1 jam pulang pergi.

Di Kalimati banyak terdapat tikus gunung bila kita mendirikan tenda dan ingin tidur sebaiknya menyimpan makanan dalam satu tempat yang aman.

Pos Kalimati - Arcopodo
 
Untuk menuju Arcopodo kita berbelok ke kiri (Timur) berjalan sekitar 500 meter, kemudian berbelok ke kanan (Selatan) sedikit menuruni padang rumput Kalimati. Arcopodo berjarak 1 jam dari Kalimati melewati hutan cemara yang sangat curam, dengan tanah yang mudah longsor dan berdebu.

Dapat juga kita berkemah di Arcopodo, tetapi kondisi tanahnya kurang stabil dan sering longsor. Sebaiknya menggunakan kacamata dan penutup hidung karena banyak abu beterbangan. Arcopodo berada pada ketinggian 2.900m. Arcopodo adalah wilayah vegetasi terakhir di Gunung Semeru, selebihnya kita akan melewati bukit pasir.

Arcopodo - Puncak Mahameru
 
Dari Arcopodo menuju puncak Semeru diperlukan waktu 3-4 jam (santai), melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Semua barang bawaan sebaiknya kita tinggal di Arcopodo atau di Kalimati. Pendakian menuju puncak dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02.00 pagi dari Arcopodo. Badan dalam kondisi segar, dan efektif dalam menggunakan air. Perjalanan pada siang hari medan yang dilalui terasa makin berat selain terasa panas juga pasir akan gembur bila terkena panas.

Siang hari angin cendurung ke arah utara menuju puncak membawa gas beracun dari Kawah Jonggring Saloka. Di puncak Gunung Mahameru (Semeru) pendaki disarankan untuk tidak menuju kawah Jonggring Saloko, juga dilarang mendaki dari sisi sebelah selatan, karena adanya gas beracun dan aliran lahar. Suhu dipuncak Mahameru berkisar 4 - 10 derajad Celcius, pada puncak musim kemarau minus 0 derajat Celcius, dan dijumpai kristal-kristal es. Cuaca sering berkabut terutama pada siang, sore dan malam hari.

Jalur Pendakian Ayek-Ayek


Puncak Mahameru bisa juga ditempuh melalui jalur pintas yaitu Jalur Gunung Ayek Ayek. Jalur ini biasanya dipakai oleh pendaki lokal, kondisi jalur sangat curam dan cukup berbahaya. Untuk menemukan jalur ini dari desa Ranu Pane perjalanan bisa dimulai dengan melintasi kebun sayuran penduduk yang berupa tanaman bawang dan kol (kubis). Melintasi kawasan kebun sayuran di siang hari terasa panas dan berdebu sehingga akan lebih baik jika pendaki mengenakan kacamata dan masker penutup hidung.
Jalur agak landai dan sedikit berdebu melintasi kawasan hutan yang didominasi oleh tanaman penghijauan berupa akasi dan cemara gunung. Jalur selanjutnya mulai menanjak curam menyusuri salah satu punggungan gunung Ayek-ayek. Di sepanjang jalur ini kadangkala dapat ditemukan jejak-jejak kaki dan kotoran binatang. Burung dan aneka satwa seringkali terlihat berada disekitar jalur ini. 
Mendekati puncak gunung Ayek-Ayek pohon cemara tumbuh agak berjauhan sehingga pendaki dapat melihat ke bawah ke arah desa ranu pane. Desa Ngadas juga nampak sangat jelas. Pendaki dapat beristirahat di celah gunung untuk berlindung dari hembusan angin. Di tempat ini pendaki juga bisa melihat dinding gunung tengger yang mengelilingi gunung Bromo, kadang kala terlihat kepulan asap yang berasal dari gunung Bromo. 
Setelah melintasi celah gunung yang agak licin dan berbatu pendaki harus menyusuri sisi gunung Ayek-ayek agak melingkar ke arah kanan. Di samping kiri adalah jurang terbuka yang menghadap ke bukit-bukit yang ditumbuhi rumput, bila pendakian dilakukan di siang akan terasa sangat panas. Di kejauhan kita dapat menyaksikan puncak mahameru yang bersembunyi di balik gunung Kepolo, sekali-kali nampak gunung Semeru menyemburkan asap wedus gembel. Jalur mulai menurun tetapi perlu tetap waspada karena rawan longsor.
Tumbuhan yang ada berupa rumput dan cemara yag diselingin Edelweis. Masih dalam posisi menyusuri tebing terjal sekitar 30 menit kita akan tiba di tempat yang agak datar, celah yang cukup luas pertemuan dua gunung. Di sini pendaki dapat beristirahat sejenak melepaskan lelah. Beberapa tanaman Edelweis tumbuh cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk berteduh dari sengatan matahari.Setelah puas beristirahat perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri tebing terjal yang agak melingkar ke arah kiri. 
Tumbuhan yang ada berupa rumput yang agak rapat dan tebal, beberapa pohon cemara tumbuh agak berjauhan di sepanjang jalur. Di sepanjang jalur ini pendaki tidak bisa saling mendahului sehingga harus berjalan satu persatu. Sekitar 30 menit menyusuri tepian tebing terjal akan tampak di depan kita bukit dan padang rumput yang sangat luas. 
Sampailah kita di padang rumput yang sangat luas yang disebut Pangonan Cilik.Pemandangan di pagi hari dan sore hari di tempat ini sangat indah luar biasa, kita tidak akan bosan memandangi bukit-bukit yang ditumbuhi rumput. Padang rumput ini dikelilingin tebing-tebing yang ditumbuhi pohon cemara dan edelweis. Sekitar 45 menit melintasi padang rumput selanjutnya berbelok ke arah kiri maka sampailah kita di sebuah danau yang sangat luas yang disebut danau Ranu Kumbolo.
Angin bertiup kencang, pada bulan Desember - Januari sering ada badai. Terjadi letusan Wedus Gembel setiap 15-30 menit pada puncak gunung Semeru yang masih aktif. Pada bulan Nopember 1997 Gn.Semeru meletus sebanyak 2990 kali. Siang hari arah angin menuju puncak, untuk itu hindari datang siang hari di puncak, karena gas beracun dan letusan mengarah ke puncak. 
Letusan berupa asap putih, kelabu sampai hitam dengan tinggi letusan 300-800 meter. Materi yang keluar pada setiap letusan berupa abu, pasir, kerikil, bahkan batu-batu panas menyala yang sangat berbahaya apabila pendaki terlalu dekat. Pada awal tahun 1994 lahar panas mengaliri lereng selatan Gn.Semeru dan meminta beberapa korban jiwa, pemandangan sungai panas yang berkelok- kelok menuju ke laut ini menjadi tontonan yang sangat menarik.
Pendakian sebaiknya dilakukan pada musim kemarau yaitu bulan Juni, Juli, Agustus, dan September. Sebaiknya tidak mendaki pada musim hujan karena sering terjadi badai dan tanah longsor 

Pesan

Disini saya tidak meberikan estimasi biaya perjalanan karena estimasi biaya setiap waktu bisa berubah dan saya menganjurkan untuk tanya langsung ke petugas langsung dengan cara menghubungi petugas lewat postingan CP petugas silahkan klik di sini untuk mengetahui nomer telfon petugas gunung 


YOU MIGHT ALSO LIKE ARTICLES

164 comments:

  1. Kunjungan perdana saya kesini mas, salam perkenalan dari saya :)
    ehmmm semeru ? jadi pengen kesana nis.. :)

    ReplyDelete
  2. salam kenal mas.. salam keong, salam gosek :)

    ReplyDelete
  3. mas kalo saya mau muncak untuk bulan juni ini, apa kira2 cuacanya baik?

    ReplyDelete
  4. makasih kunjunganya sobat keong

    wah mas sekarang cuwaca tidak bisa di prediksi... solnya bulan juni tu harusnya sudah masuk musim panas tapi smpai sekarang masih turun hujan

    ... salam keong

    ReplyDelete
  5. Assalaamu 'alaikum ..SAlam hormat mas.... saya sama temen2 punya rencana tuk ke Semeru sekitar bulan 3awal taon depan insya Allah, ,,menurut kebiasaan di bulan2 seperti tu ada gak yg coba tuk muncak ,ato memang masih di tutup....maksih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. @SOBAT W0LIO:walaikum salam, sebaikny mas langsung kontak ke bascamp semeru ini postingan nmr2 gunung

    http://chk2489.blogspot.com/2013/06/nomer-telepon-pengurus-taman-nasional.html

    di situ sobat keong bisa langsung tanya2 pak Samul makasih kunjunganya salam keong

    ReplyDelete
  7. Sekarang pacar saya lagi mendaki semeru mas.. Was-was disini nunggu dia pulang, mudah-mudahan selamat sampai puncak dan turun dengan selamat juga sampai rumah.. Amin *salam keoonngg*

    ReplyDelete
  8. mbak bro... amin... salam ngeong :)

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum, salam keong
    Menurut mas.nya perjalanan ke puncak semeru bisa ditempuh brpa hari? Dan kira2 melelahkan/tidak? Makasihh

    ReplyDelete
  10. keren gan, aku pengen banget ke semeru tapi masih ragu kuat atau gak nih badan...

    ReplyDelete
  11. Salam keong mas Bro... Perjalanan normalnya ( santai ) dari basecamp ranupane sampe mahameru brapa jam ya...??

    ReplyDelete
  12. Saya baru akhir bulan kemarin ke sana. Bunga bunga di oro oro ombo mulai semi. Bagus :)

    Pp makan waktu 4 hari aja.

    Semangat yah yang mau naik. Hehe

    ReplyDelete
  13. permisi mas mau tanya bulan agustus ke semeru maksimalnya 3 hari atau 4 hari mas?
    salam keong

    ReplyDelete
  14. biar jalan jauh dan berat, tapi dah smpai puncak gak bakalan ngerasa rugi deh, pokoknya keren

    ReplyDelete
  15. Terina kasih pencerahan untuk jalur nya mas
    Insyallah saya dan kawan2 agustus ini menuju semeru
    Doa kami smoga smwa slalu diberi kekuatan, kesehatan, dan keselamatan...
    Krna tujuan kami lurus, hanya menikmati kebesaran Illahi..subhanallah

    ReplyDelete
  16. Ingiiin Rasa ny taklukn MAHAMERU...

    #SMGA TRCAPAI...AMIIIIN

    ReplyDelete
  17. @ALL : makasih #SobatKeong dan berkunjung dan yang mau nanjak semeru sukses selalu ya,, jangan lupa berdoa dan sampahnya di bawa turu supaya semeru tetep indah :)

    ReplyDelete
  18. Salam keong....Mas tanya...q pngen ndaki besok...mrmperingati 17 agustus...bisa mboten mas...dr solo trun di mlang mananya...terimakasih

    ReplyDelete
  19. salam Keong diayana sari... makasih dah berkunjung di #CHK klo pengen tau semeru bisa di daki atau tidak jawabanya liat postingan ini kak : "Nomer Telepon Pengurus Taman Nasional dan Gunung di Indonesia" nah di situ ada CP nya gunung semeru silahkan di hubungin.. mudah2an membantu.. Klo dari pengamatan #CatatanHarianKeong 17 Agustus semeru bakalan rame.

    klo mbak sari nai bus turun di terminal bungurasih (surabaya) trus lanjut lagi naik bus dari terminal surabaya turun di terminal malang, abis dari terminal malang mbak silahkan cari anggot yang nganter sampai pasar tumpang.. abis itu di situ banyak jim yang mengatarkan para pendaki sampai bascamp ranupane..

    klo mbak naik kereta turun di stasiun malang abis itu cari angkot ke terminal malang trus cari angkot menuju pasar tumpang deh :)

    ReplyDelete
  20. Siapa yg mo naik bulan agustus/sepyember awal kasih kabar ya,,,,!!
    Q mo ikut bareng,,,,!!
    Cz q g da temennya,,,,
    Jd cari temen nich,,,,hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas ayo naik tgl 16-17 aja

      Delete
  21. Makasi infonya mas.. wiz me luck on beginning sept ;)

    ReplyDelete
  22. Beni@
    13 september ada pendakian dari kawan2 jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl boleh tahu kawan2 dari jombang mana?kebetulan aq juga anak jombang rencana september mau brgkt tapi gak ada temen.tolong kasih tahu ya!sms ke 08993036570

      Delete
  23. Besok malam berangkat..
    Semoga lancar..:)
    #salam keong

    ReplyDelete
  24. Salam Rimba..
    Ane Arya dari jakarta Tgl 28/08/2013 brangkat
    Buat agan2 yg mau gabung bisa Confrim 081282862836 / pin BB 2A1C1329
    #SalamKeong

    ReplyDelete
  25. Mantap ni,kalo bulan april - mei aman gak untuk naik? #salamkeong

    ReplyDelete
  26. kayakx asik nieh jalan2 ke semeru. Aq punya sodara dilumajang,tepatx didaerah pronojiwo. Tpi ga prnah maen smpek ke puncak. Paling2 ke oro2 ombo,sama pantai watu godheg.
    Boleh lah kpan2 nyoba jalan kesana.

    ReplyDelete
  27. Salam knal smuanya...
    Saya & kawan2 rencana desember mu k semeru.
    Kira2 gmn bisa gak ya??
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smg bs mendaki bareng ya..sy dan teman2 tgl 24 berangkat dr Jkta. Cp: 085280011444

      Delete
    2. Kalau lagi musim hujan gini gimana mas? Aman untuk naik?

      Delete
    3. Aman tdknya kita yg tentukan mbak, musim kemarau pun bs masalah kalo kita krg persiapan...yg terpenting kita siap fisik mental serta alat yg mendukung. Dan jgn sekali2 memaksakan terutama jika kondisi dan tanda2 alam tdk mengijinkan.

      Delete
  28. Setelah dengar cerita dan lihat foto2 teman yang ke semeru dan baca postingan ini....saya semakin ingin ke semeru !!!!

    ReplyDelete
  29. Rinduku yang kan membawaku kembali tuk menggapai kabutmu....Mahameru...
    November 2013....Insya'allah....

    Salam kenal mas... :)

    ReplyDelete
  30. 16 oktober 2013 primapala tangerang.. Join 085691619006

    ReplyDelete
  31. 16 October 2013 berangkat dr tangerang bintaro +kereta dr stasiun senen mnuju malang.. Salam rimba. Life starts here 3676mdpl

    ReplyDelete
  32. Pendakiannya pasti seru nih mas. God luck ya

    ReplyDelete
  33. Saya dan kawan" baru dari sana, skr sedang perjalanan ke jakarta... semoga bisa kembali ke mahameru!!!! Aamiin.....

    ReplyDelete
  34. Misi.. Numpang Tanya nih.. Kalo desember ahir atau wal bulan januari 2014 ada yg mau naik ga ? N kira" di buka sama bagus ga cuacanya ? Mohon info.. #SalamLestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Desember tgl 24 sy rombongan 5 org brgkt dr Jkta, Insya Allah tgl 25 siap mendaki. Cp: 085280011444

      Delete
  35. Numpang tnya, akhir oktober ada yg naek ga?
    Cuaca dsna gmn ya,thx

    ReplyDelete
  36. Gan kalau ada yg naik bulan januari antara tgl 19-29 januari 2014 ane ngikut dong gan.. atau yg punya info tolong kabri ane gan d cuma2709@gmail.com thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo akhir januari ke awe bang, hehehe

      Delete
    2. Bang ane dr jakarta klw mau brg tgl brp ya..tks

      Delete
  37. Kira-kira berapa biaya bang? kalau dari Purbalingga Jawa Tengah. hehehe *Pemula*

    ReplyDelete
  38. untuk awal maret gimana ya cuacanya,,, cari2 info dulu nich

    ReplyDelete
  39. Gan makasih atas infonya ni ane bulan desember tgl 20 mau traking ke sana gan....

    ReplyDelete
  40. Ada yg mau naik bulan januari 2014 akhir ga? Tim ane mau barg ni..tks

    ReplyDelete
  41. Rencana akhir desember 2013 mau ke semeru ber 4. Ama temen dri jakarta, kalo saya dri jogja, yang mau bareng monggo. Biar rameee cc 082134974567

    ReplyDelete
  42. Maha meru... Tnggu aq yach.!! Pnsaran bnget ama pemandangannya...

    ReplyDelete
  43. Minta info dong..january bs ga naik.cuaca gmn.tks.jayrooney7@gmail.com.

    ReplyDelete
  44. Buat om @jay rooney klo mau tanya bisa sampai punyak atau gak langsung kontak telfon penjaga basecampnya mas.. di postingan saya yang ini ada CP gunung-gunung mudah2an bisa membantu. " http://chk2489.blogspot.com/2013/06/nomer-telepon-pengurus-taman-nasional.html " #SalamKeong

    ReplyDelete
  45. Salam keong mas bro, saya punya waktu 6 hari 5 malam itu cukup ga yaa ke puncak mahameru mas bro..??

    ReplyDelete
  46. Insyaallah bulan depan saya mau berangkat dari bogor sama temen". Minta info pendakiannya dong, makasih :-)
    Sekalian kalo ada yang mau bareng dari bogor juga bisa hubungi 089638808828.

    ReplyDelete
  47. Iqbal Alhadad : cukup sekali boy.. #SalamNgeong bagung ke twitternya yuk di @KeongTraveler

    ReplyDelete
  48. Itu kira2 ngecamp brp hari mas broow..??
    Trus punya link jip ga mas broow..??
    salam keong..

    ReplyDelete
  49. Salam keoang bung..
    Mau tanya seputar jalu pendakian. Banyak tersiar kabar, bahwa jalur pendakian di tutup. Kabar itu benar apa tidak ?
    Rencana tanggal 2 februari mau brangkat kesana.

    ReplyDelete
  50. Muhammad : salam keong boy.. dari surat yang beredar dari januari tanggal 6 jalur pendakian di tutup sampai batas waktu yang belum di tentukan.. untuk lebih jelasnya langsung aja tlfon ke pusatnya langsung ke link ini http://chk2489.blogspot.com/search/label/CP%20Gunung

    ReplyDelete
  51. alhamduliliah udah bisa sampe di mahameru akhir tahun kemaren..
    perjalanan dari kali mati ke puncak bner gelakk ngtrek terus gan...

    ReplyDelete
  52. Saya mau daki untuk pemula gmna?
    Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  53. Salam keong.untuk bulan agustus jalur daki nya udah di buka apa belum makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau muncak kapan mas?

      Delete
  54. mas @bieng langsung aja kopi paste kan link ini

    http://chk2489.blogspot.com/search/label/CP%20Gunung#sthash.aGUuTtxk.dpuf

    di situ ada kontak gunung semeru langsung ditanyakan mudah2an membantu #SalamNgeong

    ReplyDelete
  55. Misi...keong boy...
    Tanya prediksi tranport terkini ke semeru dari purwokerto...

    Regards ngeooong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau ke mahameru tanggal berapa mas?

      Delete
  56. mas findra: wah klo soal prediksi transportasi biayanya saya kurang tau mas.. #SalamNgeong

    ReplyDelete
  57. Mas rencana naik agustus ini..dri bandung kira2 membutuhkan berapa hari utk pulang pergi..maklum pekerja mas jdi hrus atur cuti..makasih

    ReplyDelete
  58. mas #Fefen perjalanan dari bascamp ranu pane sampai pulang basecamp ranupane lagi butuh waktu 3 hari 2 malam mas..

    tapi kalo perjalanan dari bandung ke malangnya tergantung mas naik transportasi apa dulu

    ReplyDelete
  59. Mas fafen saya juga dari bandung..mau ikut donk k semeru hehehe

    ReplyDelete
  60. aku boleh ikut ngga mas soalnya lagi cari cari temen mau naik semeru,

    ReplyDelete
  61. teman" smua...nmaku anton dri surabaya...ak pengen banget ke puncak Mahameru...tp gak ada teman..
    Tolong teman" yg mau ke puncak kapan aja...boleh gak ak ikut gabung..
    nie no ak 085852393747 ato mypin 74fdf6e6
    makasih

    ReplyDelete
  62. Pengen nya naik. Tpi syang ngk.ada teman nya

    ReplyDelete
  63. Mas rencana saya mau naik semeru akhir tahun, kira2 cuacanya gimana ia mas, rencana si tahun baru di semeru mas, sekitar tanggal 26/27 desember 2014 brangkat dari lampung

    ReplyDelete
  64. mas @koko haduh mas kalo soal cuaca jangan tanyakan kepada saya mas.. kan saya bukan peramal cuaca haha :D

    ReplyDelete
  65. Assalamualaikum,,mau nanya bulan agustus ªϑª yg mau muncak ngga..kalw ªϑª infoin donk ke 26379A42..soalx aku gg ªϑª teman..putri dri sulawesi

    ReplyDelete
  66. Mksh reperensi rute pendakiany mas keong ,insaaloh bln agustus sya ke mahameru ,pngen 17 agustus d mahameru

    ReplyDelete
  67. Siapa yg mau muncak antara agustus smpe september...lagi cari kawan... hubungi 081213404441 atw pin 7d3d7ddf... salam keong ;-)

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum mas, saya inshaAllah ada rencana ke sana akhir agustus. Saya pemula mas, mau tanya apa medan dr kalimati sampai puncak mahameru cukup berat? Kira2 ada tips apa mas utk saya supaya bs sampai selamat? Yg harus saya persiapkan

    ReplyDelete
  69. sobat Anggiani dewi rahmawati : Waalaikumsalam mbak.. yang perlu di persiapkan fisik, kesabaran, waspada, fokus, dan hati-hati setiap melangkah mbak :)

    ReplyDelete
  70. Mas mau tanya nih, 4 hari pp kan cukup lama ya, apakah medan menuju puncak selalu terjal mndaki? Atau hanya tanjakan yg panjang? Soalnya pengalaman sy naik gn cikuray dan papandayan jg tinggi tidak jauh beda, tp kalau medan cikuray jauh lbh berat soalnya selalu menanjak ckup trjal sdangkan papandayan tdk bgitu terjal.. mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  71. kebanyakan yang mendaki gunung semeru camp 2 hari paling cepat sobat. trek kebanyakan landai, mulai dari kalimati sampai puncak itu ngetrek setelah batas vegetasi trek mulai pasir dan berbatu.

    ReplyDelete
  72. Liat pmandangannya jadi pngin ksana..tp kpan ya?

    ReplyDelete
  73. liat foto2 semeru, jadi pengen kesana lagi

    ReplyDelete
  74. biar ga diserang sam tikus gunung, tau tipsnya ga gan ??

    ReplyDelete
  75. ajib nih ke semerau, ajakin saya donk gan. hehehehhe

    ReplyDelete
  76. Rabu 3 sept ini saya mau naik semeru gan, ayo siapa yg mw bareng...

    ReplyDelete
  77. Saya dr jawa tengah tp skrg dinas diaceh sebagai anggota tni,rencana bulan desember mau kesemeru kira2 ada kawan gak biar kita gabung ini nmr hpku 081262111183

    ReplyDelete
  78. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  79. Pengen sekali mendaki tapi masih newbie banget ini

    ReplyDelete
  80. ayo ayo yg mau gabung ke semeru, newbie dari balikpapan mau menikmati kebesaran Yang Maha Kuasa

    invite aja pin saya 7A08399C

    ReplyDelete
  81. Gan mau tanya..apa bener g.semeru lagi d tutup utk pndkian...yg tau jwab ya? :D

    ReplyDelete
  82. Wah pengen banget nih aku ke Semeru, tapi sampai sekarang belum kesampean, :(
    kalo ke desa Ranu Pane-nya mau naek truk, itu berapaan ya ongkosnya kira2? ada yang tau?

    ReplyDelete
  83. thanks banget sob buat infonya besok lanjut dech

    ReplyDelete
  84. Niat banget muncak ke mahameru, tapi masih terlalu kecil kesana. Tapi sy yakin pasti bisa menakluk kan puncak tertinggi jawa! AMIN
    doain yaa kakaa! 😢

    ReplyDelete
  85. Kirakira ada gak, yang masih di bawah umur muncak di mahameru?


    ReplyDelete
  86. Keren euy, destinasi selanjutnya InsyaAllah

    ReplyDelete
  87. assallamualaikum wr.wb. mao tanya mas..klo mao mendaki gn semeru perlu di boking dlo apa tdak?..thx

    ReplyDelete
  88. Brapa total biayanya kalo naik motor ?? Ane Lamongan
    klo ada pendaki yg mau naik ajak ane ya .. 085790352493

    ReplyDelete
  89. yuukk sobatt kita dapet salam dari #ranukumbolo..
    kapan ada waktu buat tracking bareng ke mahameru #TANGERANG

    ReplyDelete
  90. Nikmati indahnya Indonesia dengan naik gunung dan jangan lupa untuk membawa peralatan naik gunung :D

    ReplyDelete
  91. Halo, sahabat alam. Kalo #YangMahaAsyik mengijinkan, Ane sama temen2 ane dari Surabaya mau sowan ke MAHAMERU tgl 21 Juli 2015. Kali aja ada temen2 yg mau gabung, monggo hub ane di nomer 08980081098. Arigato Thank You.
    :))

    ReplyDelete
  92. Iya bener tu tempatnya bagus bgt saya jga pernah ke sana klo orang indonesia wajib hukumnya naik k puncak semeru

    ReplyDelete
  93. Kalau ada yang mau muncak sekitar awal september, boleh donk ajakin saya. Saya pengen ke semeru tapi gak ada teman yang bisa diajak. Akhir september saya harus balik ke kuala lumpur. Pin bb saya. 74B46B15

    ReplyDelete
  94. Permisi mas keong,,insya allah tgl 24 desember saya dan 2 teman saya mau muncak ke semeru,,salam kenal boz keong

    ReplyDelete
  95. asyik nih, pengen, kalau buat pemula, apa nih tips persiapannya mas keong?

    follow instagramku: @teisa
    www.instagram.com/teisa/

    ReplyDelete
  96. Kira" kalo dari tangerang kesana PP butuh dana berapa ya.??

    ReplyDelete
  97. Wahhh ini sangat membantu thanks y mas keong,,, insya allah kami dari teman2 banyuwangi akan berangkat 30 desember, mudah2n selamat dan baik2 dalam perjalanan berangkat sampai pulang lagi,, Aamiin,,,,,, salam keong

    ReplyDelete
  98. Insya allah tgl 19 bulan ini ane brangkat k'puncak tertinggi d'pulau jawa,rencana ane cuma berdua sama kawan ane,agan" ada yg mau bareng gga nii?
    Ane dari pondok gede

    ReplyDelete
  99. Ada yg mau brangkat nt 23 desember 2015 g gan? Ane dr semarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dr malang mas. Tanggal nya sama hehe..

      Delete
  100. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  101. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    ReplyDelete
  102. Trimakasih atas informasi yang mendetail, sangat berguna bagi pendaki pemula
    Salam lestarii

    ReplyDelete
  103. semoga di ridloi untuk terus menikmati dan bersyukur atas karunia illahi, aaamin...
    saya dari kudus insyaallah berangkat 23 des 2015, semoga di beri keselamatan aaamin,,,

    ReplyDelete
  104. Tgl 23/24 Desember, Insya'Allah berangkat dari Bojonegoro, Sms bro 085706769616 Asyiknyaa,,, Rame-Rame...!!!!

    ReplyDelete
  105. Informasi pendakian yang lengkap, tahun depan kami rencana mau mendaki Semeru, kalau mendaki ke Gunung Rinjani mampir di base camp kami di desa Senaru, salam kenal

    ReplyDelete
  106. brp uang yg harus dikeluarkan ketika sudah sampai di semeru gan?

    ReplyDelete
  107. "Thanks atas infonya" atau "Bagus banget artikel ini!"

    ReplyDelete
  108. "Saya kira permasalahan yang dibahas kali ini lumayan penting untuk blogger yang masih pemula. Tetapi ada satu hal yang saya tidak setuju, yaitu tentang backlink.
    Bukankah guest posting adalah salah satu metode mendapat backlink dan trafik yang paling efisien?"

    ReplyDelete
  109. Nice information, valuable and excellent design, as share good stuff with good ideas and concepts, lots of great information and inspiration, both of which I need, thanks to offer such a helpful information here.

    ReplyDelete
  110. Hmmm . . . great to be here in your article or post, whatever, I believe I should also additionally work hard for my personal website as I see some high-quality and updated working in your website.

    ReplyDelete
  111. The author has written an excellent article. You made your point and not much to discuss. It's like this universal truth that you can not argue with the truth is not universal, everything has its exception. Thanks for this information.

    ReplyDelete
  112. I am completely energetic to include my remarks here in light of the fact that you have a magnificent stuff and it is not difficult to discover such stunning composition ability on line.

    ReplyDelete
  113. ada yang punya rencana mendaki semeru mahameru agustus thn ini ga ??

    ReplyDelete
  114. Keren yaa gunung Semeru, tapi setau gue bukannya ada aturan khusus yaa buat gak sampe ke puncak Mahameru?

    ReplyDelete
  115. Kapan ya saya bisa naik gunung semeru pengen banget tapi ngk pernah ke sampeaan yang mau ngajk nih tpn ku ya 082111556792

    ReplyDelete
  116. Abis lebaran naik broo...
    Ayo ngumpul2 disana...

    ReplyDelete
  117. Abis lebaran naik broo...
    Ayo ngumpul2 disana...

    ReplyDelete
  118. insya Allah suatu saat saya pasti ke sini..

    ReplyDelete
  119. Bulan mei tanggal 5-6 mei mau berangkat ada yg ngikut? Invite bbm aja. Cari temen yg tau rute 5486F811

    ReplyDelete
  120. Bagi rekan2 yang mau ikut dan menikmati indah nya semeru, silahkan gabung dengan kami, berangkat dari jakarta (stasiun pasar senen) tanggal 26 mei 2016 dan balik dari malang tgl 30 mei 2016. Yang mau ikut/gabung silahkan hubungi saya di no hp/wa: 087774328856. Salam sukses dan salam persahabatan.

    ReplyDelete
  121. Ada yg berencana ke semeru tgl 20an juni??

    ReplyDelete
  122. Ada yg berencana ke semeru tgl 20an juni??

    ReplyDelete
  123. Yg mw k smeru awal sept mohon info,,dari ambon saya...buat tmn2 yg hobi mendaki,d cobain track gunung binaya...ambon...mkasih

    ReplyDelete
  124. Siiip, informasi yg bagus. Berguna banget bagi yang ingin mendaki ke Puncak Mahameru :)

    ReplyDelete
  125. Saya menawarkan transportasi Semeru, paketan bisa jemput stasiun biar gak binggung nyari2 transport lagi....
    081333088832 (whatsapp)
    www.sahabatsemeru.blogspot.com

    ReplyDelete
  126. Saya menawarkan transportasi Semeru, paketan bisa jemput stasiun biar gak binggung nyari2 transport lagi....
    081333088832 (whatsapp)
    www.sahabatsemeru.blogspot.com

    ReplyDelete
  127. makasih atas infonya saya bulan september tgl 24 mau traking ke sana..

    ReplyDelete
  128. ada y6 mau muncak minggu depan ?? ... ane lagi cari temen nih ... sekalian 17'an di puncak Mahameru ... dari ranupani tgl 15 senin pagi ... cp.0857-8526-2888 WA.on

    ReplyDelete
  129. thanks you for sharing in artiker.

    ReplyDelete
  130. Keren bang ..... Mampir juga blog cupu ttg dunia pendakian..hehe http://indonesiapunyasegalannya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  131. Ahhhh.... Ranu Kumbolo!!!
    Pengen terjun berenang tapi ngga boleh haha
    Emang Semeru keren banget sih :D

    ReplyDelete
  132. thanks infony, kapan2 mapala mo kesana

    ReplyDelete
  133. Madness adventure(fb)
    Khidmat Nature Guider Berlesen
    Kami menguruskan:
    -permit pendakian
    -laporan polis
    -nature guider
    -kit perubatan (asas)
    -bas/van
    -khidmat 4x4 ke starting point
    -homestay

    Pian
    +60126996015
    Call/whataps/sms

    ReplyDelete
  134. Saya ingin kesana pada awal bulan september, siapa yg mau naik ke semeru?? Saya dari solo,ini nomer saya (085740082822)
    #caribarengan

    ReplyDelete
  135. mau nanya kouta buat tanggal 16 agustus full gak mas?

    ReplyDelete

Catatan Harian Keong. Powered by Blogger.