Trip Keong Kawah Ijen

Halo #SobatKeong, kali ini saya akan membahas tentang trip keong ke kawah ijen. Pasti sobat keong yang mempunyai hobi mendaki gunung tidak asing dengan kawah ijen. gunung yang terkenal dengan pesona alam Api Biru (Blue Fire). Yang konon katanya api biru ini hanya ada dua didunia loh sobat, yang pertama di kawah ijen Indonesia dan di Islandia. Karena belum ada dana ke Islandia saya memutuskan untuk melihat api biru di Indonesia tepatnya di Gunung kawah Ijen. Kalo ada yang murah kenapa harus mahal :) tapi kalo ada kesempatan untuk melihat ke Islandia kenapa tidak :). yadah yuk langsung simak ceritanya..

Berangkat dari Semarang mengunakan bus ekonomi menuju Terminal Bungurasih, Surabaya. Dilanjutkan dengan naik bus menuju Malang untuk menjemput patner ngeong, kemudian menuju Banyuwangi dengan mengendarai sepeda montor. Trip ngeong kali ini saya ditemani sahabat dan patner ngeong yang paling cantik.

Rute Menuju Kawah Ijen

Ada dua rute untuk menuju ke Kawah Ijen
1. Rute Wana Wisata
2. Rute Departemen Kehutanan

Rute Wana Wisata

a. Lewat jalan utara
Dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari kemudian dilanjutkan ke Paltuding yang dapat dicapai dengan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat. Jarak Situbondo sampai Paltuding adalah 93 km dan kondisi jalan sampai Paltuding boleh dikatakan sangat bagus sehingga dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam.

b. Lewat jalan selatan
Dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak sekitar 15 km, yang dapat dilewati dengan kendaraan bermotor roda dua atau empat selama sekitar 30 menit. Dari Licin menuju Paltuding yang berjarak sekitar 18 km perjalanan dapat diteruskan dengan kendaraan bermotor terutama jenis jeep double gardan karena sekitar 6 km sebelum sampai di Paltuding melewati jalan yang dinamakan tanjakan erek-erek yang berupa belokan berbentuk S dan sekaligus menanjak, perjalanan memerlukan waktu sekitar satu jam, karena jalanan sering rusak oleh air hujan maupun dilewati truk pengangkut Belerang setiap hari.

Dari Paltuding ke Kawah yang berjarak 3 km ditempuh dengan berjalan kaki melewati pondok Pengairan/pondok Irigasi sekitar 90 menit. Lewat utara dengan kendaraan roda empat atau dua.

Rute Departemen Kehutanan

Untuk mencapai lokasi Taman Kawah Ijen dari ibukota Propinsi (Surabaya) dapat ditempuh melalui 2 pintu masuk yaitu melalui kota Banyuwangi dan Bondowoso sebagai berikut:
Surabaya – Banyuwangi (mobil/bus/kereta api/297 km) – licin (mobil/15km) – Jambu (mobil/3 km) – Banyulinu (mobil/12 km) – Taman Wisata Kawah Ijen (jalan kaki/9 km).
Surabaya – Bondowoso (mobil/bus/196 km) – Banyupait (mobil/14 km) – Paltuding (mobil/4km) – Taman Wisata Taman Ijen (jalan kaki/13 km).

Setelah saya sampai ke pos pendakian kawah ijen ternyata tidak bisa langsung naik dikarenakan di pos pendakian ada peraturan dimana para pengunjung boleh melakukan pendakian jam 02.30 waktu setempat. Saya bertanya kepada petugas kenapa tidak boleh langsung naik, lalu petugas menjelaskan karena kawah ijen ini masih aktif sangat berbahaya jika pendakian di lakukan pada malam hari di karenakan aktifitas asap beracun sangat tinggi makanya para pengunjung boleh melakukan pendakian mulai pukul 02.30 waktu setempat.

Tapi jangan kawatir sobat keong, walaupun berangkat jam 02.30 sobat tetap bisa melihat Api Biru kok. Api Biru akan tetap terlihat sebelum matahari terbit.

Tiket Masuk Kawah Ijen

Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 5.000 pada hari kerja dan Rp 7.500 untuk hari libur, sedangkan wisatawan asing (WNA) Rp 100.000 pada hari kerja dan Rp 150.000 pada hari libur.

Penginapan Sekitar Kawah Ijen

Jangan kawatir sobat kalo sobat tidak bawa tenda di pos akhir Paltuding ada penginapan sederhana yang dikelola Departemen Kehutanan berupa kamar seharga Rp 100.000 per malam atau vila dengan tiga kamar seharga Rp 500.000 per malam. Dari sini sobat tinggal naik ke kawah Gunung Ijen menunggu waktu pagi hari.

Apabila sobat ingin lebih nyaman menginap di guest house milik PTP bisa memilih menginap di Perkebunan Belawan dan Jampit dengan harga mulai Rp 135.000 per kamar per malam. Tapi dari dua perkebunan ini Sobat harus menyewa kendaraan menuju ke pos Paltuding sejauh enam kilometer untuk keperluan mendaki gunung.

Nah, dari pada banyak cerita saya upload fotonya langsung aja deh supaya sobat tidak penasaran. Nih foto-fotonya.

Sahabat Ngeong

Nah lo pasti sobat bertanya foto api birunya mana kan? bukanya saya tidak mau upload foto tapi dikarenakan saya memotret pakai kamera handphone jadi hasilnya jelek sobat, mending saran saya sobat langsung packing dan tentukan trip sobat ke kawah ijen dan liat langsung fenomena api biru yang terjadinya karena gas yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen. Sekian dulu ya sobat cerita trip keong ke kawah ijen.

Catatan Penting

- Harga yang saya tulis diatas bisa berubah sewaktu-waktu.
- Bawa masker karena kita akan banyak menembus asap-asap belerang.
- Bawa minum karena sehabis trekking kita akan merasa haus dan di atas tidak ada yang jualan !
- Bawa Jaket tebal karena di Kawah Ijen sangatlah dingin.
- Jagalah kebersian dan Buanglah sampah pada tempatnya !

20 comments:

1. Haha.. mantap bro.. teveling mulu yah.

2. seru bgt tuh spertinya, jadi pengen kesana

3. bondowoso, alhamdulillah sy di situbondo kak, deket..

4. Postingan nya keren keren!
    Pengen jadi pendaki juga nih :v
    Makin sukses ya kak!

ReplyDelete
  5. kalau nampak sekilas, kawah ijen ini mirip sekali dengan kawah putih ya mas. tapi saya belum nyoba wisata yang satu ini, kelihatan dari foto fotonya sepertinya menarik dan indah ya mas

6. Duh ga kuat kalau pake bus berkali kali, ada jalur kereta ke banyuwangi ga ya?

7. permisi gan mau nanya ane ada rencana nih mau ke kawah ijen tetapi ane naik bus dari surabaya dan dari surabaya ane turun dimana ya? dan ane juga rencana mau nyewa pick up kira kira dari banyuwangi ke paltuding bisa gak ya? kalo ada yg punya kenalan pick up atau info nya makasih gan

ReplyDelete
  8. Salam kenal mas,Muhammad hamdun,mas saya mau tanya2 ni mengenai trip ke kawah ijen tanpa trevel,pengen kesana ngeteng,boleh g shearing pengalaman nya,Rencana nya saya bln December 2015 Dari Jakarta dan kalau bs bs trip bareng itung2 jalan2, kalau g keberatan saya minta kontak mas, no saya 083898959975,thx

9. Salam kenal mas,Muhammad hamdun,mas saya mau tanya2 ni mengenai trip ke kawah ijen tanpa trevel,pengen kesana ngeteng,boleh g shearing pengalaman nya,Rencana nya saya bln December 2015 Dari Jakarta dan kalau bs bs trip bareng itung2 jalan2, kalau g keberatan saya minta kontak mas, no saya 083898959975,thx

10. Salam kenal mas,Muhammad hamdun,mas saya mau tanya2 ni mengenai trip ke kawah ijen tanpa trevel,pengen kesana ngeteng,boleh g shearing pengalaman nya,Rencana nya saya bln December 2015 Dari Jakarta dan kalau bs bs trip bareng itung2 jalan2, kalau g keberatan saya minta kontak mas, no saya 083898959975,thx

Replies
    1. Aku tgl 21 December jg ke ijen ka

Delete
    2. Aku tgl 21 December jg ke ijen ka

3. Mas boleh minta contact person nya bascamp kawah igen ndak ?

11. Salam kenal mas,Muhammad hamdun,mas saya mau tanya2 ni mengenai trip ke kawah ijen tanpa trevel,pengen kesana ngeteng,boleh g shearing pengalaman nya,Rencana nya saya bln December 2015 Dari Jakarta dan kalau bs bs trip bareng itung2 jalan2, kalau g keberatan saya minta kontak mas, no saya 083898959975,thx

ReplyDelete
  12. Yuk wisata ke Banyuwangi, bukan saja ke Kawah Ijen, tapi kita akan kunjungi Taman Nasional Baluran, Pantai greenbay, pantai pulau merah, dan snorkeling di pulau Menjangan. Have fun bersama kawan-kawan baru dan tentunya murah. cek link berikut http://triptr.us/dzw9 atau call/WA : 082245427800

13. mas bro mau info nih kalo dari Surabaya ke Ijen lewat Bondowoso saran mas bro gimana nih sewa motor sampe Paltidung atau ada angkot gitu sampe Paltidung ... makasih nih infonya

14. Yg mau gabunh ke kawah ijen. Agenda berangkat 17 sept 2016 pin bbm d24e5bc7

ReplyDelete
  15. Indahnya wisata "Kawah Ijen Banyuwangi".
    kunjungi juga http://www.ijentamansari.com layanan tour travel "Kawah Ijen - Bromo" dengan harga terbaik tour, Kawah Ijen Tour, Ijen Blue Fire Tour, Ijen Crater Morning Tour, Ijen - Bromo Tour,menikmati indahnya wisata jawa timur Kawah Ijen dan Bromo dengan Ijen Tamansari Tour.

16. wah matab gan foto-foto nya , keliahatan nya seru .

ReplyDelete
  17. gunung ijen indah banget , tapi saya ga kuat sama bau belerang nya .