Menikmati Keindahan Pulau Belitung, Part II


Halo Sahabat, sudah baca serunya perjalanan hari pertama keliling Pulau Belitung? Disana kita keliling dibeberapa tempat salah satunya ke rumah tiruan basuki Tjahaja (Ahok), ke Museum Andrea Hirata dan yang terakhir Replika SD Muhamadiyah Gantong. Kalo penasaran dan belum baca silahkan dibaca disini “Keindahan Pulau Belitung, Part I” setelah baca part pertama silahkan baca cerita kelanjutan nya di bawah ini.

“Second day Hopping island”, jadi hari ini kita seharian akan melihat keindahan bawah laut di pulau Belitung. Sebelum seharian melihat keindahan laut, kita berdua mengawali pagi dengan Joging pagi hari dari penginapan sampai Pasar, pasar ini terletak di Gang Kim Ting. Sesampainya di pasar kita ikutan kumpul dengan bapak-bapak lokal ditempat kopi emang, memang paling enak menikmati kopi pagi hari sambil melihat hiruk pikuk warga yang sedang bertransaksi jual beli di pasar.

Ayu sibuk mencari buah dan lain-lain, menurut saya pasar adalah surga bagi para wanita, secara wanita kalo sudah di pasar lupa waktu. Disini saya tau kenapa wanita betah sekali kalo di dalam pasar ternyata yang bikin lama wanita di pasar itu saat membeli tawar menawar sampai menemukan harga yang pas menurut dia. Setelah berbelanja kita Lurus mengikuti jalan Gang Kim Ting, akan ditemui Pasar Ikan Tanjung Pandan. Aneka jenis ikan segar laut dijual di pasar yang terletak di muara Sungai Cerucuk ini. Mulai ikan jambal, tenggiri, tongkol, ilak, kakap merah, kerisi, bingkis, udang, kepiting rajungan, hingga kimak. Pendek kata semua jenis biota laut yang bisa dimakan ada dijual di pasar ikan ini. 

Sekitar pasar ikan ini kita menemukan lokasi pemotretan sangat baik untuk mengabadikan sunrise. Persisnya di ujung pelabuhan pasar ikan, tempat penyeberangan perahu menuju ke Desa Juru Seberang. Pemandangan pagi hari di lokasi ini sangat mengagumkan. Saat sunrise muncul, akan nampak rona merah menawan. Seiring itu muncul pemandangan tersamar menjadi jelas, lalu lalang perahu nelayan yang mulai berangkat melaut, dan udara pagi yang segar. Jika sahabat berkunjung ke Pulau Belitung saya merekomendasikan lokasi ini sebagai pilihan untuk menikmati sunrise.

Setelah selesai menikmati sunrise sambil menikmati buah yang kita beli dipasar, kita langsung menuju ke penginapan packing karena hari ini saya akan menikmatin keindahan bawah laut. Eitss tunggu dulu sebelum menikmati keindahan bawah laut kita berdua menuju tembat wisata Batu Mentas bermain air tawar dulu sahabat sebelum main air asin hhe. Sedikit cerita tentang Batu Mentas.

Batu Mentas sebuah kawasan hutan lindung yang terletak di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau atau sekitar 30 Km dari pusat kota Tanjungpandan. Batu Mentas yang berada di kaki Gunung Tajam ini memiliki potensi yang sangat luar biasa sebagai sebuah Destinasti Wisata terpadu. Keindahan alamnya berupa sungai yang sangat jernih yang berasal dari wilayah Gunung Tajam maupun hutannya yang masih sangat lebat dan alami, Keunikan flora dan fauna, Kehidupan masyarakat lokal dengan sentra kebun nanas dan ladanya ditambah dengan keunikan seni budaya tradisioanalnya serta keahlian masyarakat membuat kerajinan anyaman dari rotan menjadikan Batu Mentas tempat yang sangat cocok buat Anda berlibur bersama dengan teman dan keluarga.

Ditempat ini selain dijadikan sebagai tempat rekreasi, Batu Mentas juga dijadikan sebagai tempat pusat konservasi. "Tarsius Bancanus Saltator" adalah sejenis hewan primata yang hanya ada di Pulau Belitung. Masyarakat setempat menamakannya Pelilean. Untuk dapat melihat primata ini, sahabat dapat menyaksikannya di penangkaran yang memang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Selain itu sahabat juga dapat menyaksikan berbagai flora dan fauna yang sudah terancam punah dan langka seperti Pelanduk, Burung Siaw, Tupai Kelaras, serta tanaman hutan seperti Nibong Palay, Simpor Laki, Pelawan, Rukam, Sisilan, dll. 

Setelah kita berdua puas menikmati flora dan fauna kita mencoba bermain air yeay bermain air di sungai adalah hal yang paling saya suka. Sungai disini sangat jernih sekali tak ambil lama kita menikmati kejernihan sungai. Puas bermain-main air sungan kita berdua langsung bergegas menuju ke dermaga untuk melanjutkan perjalan.

Sesampainya dermaga kita menemukan teman-teman baru yang juga ingin menikmati keindahan di bawah laut. Oh ya sahabat di karenakan kita tidak mempunyai camera yang bisa menggambil foto di bawah laut disini saya tidak bisa menunjukan keindahan bawah lautnya, tapi percara sama saya sahabat di bawah laut sana keindahanya sangat-sangat cantik. 

Seharian kita kemana aja? Kita berkunjung ke Pulau Pasir, Pulau Burung, Pulau Lengkuas, Pulau kelayang, dan terakhir ke Pantai Tanjung Tinggi yang sering disebut Pantai Laskar Pelangi karena di Pantai ini tempat shooting film Laskar Pelangi. Seharian kita full time bermain air. Saking asiknya main air dan bercanda dengan teman-teman baru kita lupa mengabadikan semua gambar. Karena saya mempunya prinsip ketika ngeong jangan terlalu banyak bermain social media dan abadikan pemandangan atau moment yang penting. Karena kalo kita banyak bermain social media dan banyak mengambil foto kita lupa disini kita bukan jadi reporter melainkan mencari kebahagiaan dengan bercanda bareng atau bercanda dengan teman-teman baru yang kita temui saat liburan.

Setelah seharian keliling pulau kita berdua dan teman-teman baru berkumpul disuatu café dan menghabiskan malam kedua dengan bercerita pengalaman masing-masing saat liburan sambil menikmati kopi. Oh ya sahabat perlu diketahui di Pualu Belitung ini tidak ada tempat nongkrong yang 24 jam loh, dan akhirnya kita putuskan untuk berpisah jam sepuluh malam dan kembali ke penginapan masing-masing dan beristirahat. Nantikan cerita Part 3 ya sahabat soalnya masih banyak tempat wisata yang saya kinjungi update blog setiap hari minggu jam 12:00 WIB. Kumpulan foto bisa dilihat disini
bersambung………..

No comments:

Post a Comment