Pentingnya Bikin Itinerary Sebelum Liburan


 

Perkiraan durasi perjalanan hingga perkiraan seluruh biaya biasanya selalu ada dalam setiap rencana perjalanan atau yang biasa disebut dengan itinerary. Walaupun sedikit rumit, ternyata daftar itinerary sangat sangat bermanfaat memudahkan liburan kita loh sahabat. Nah ini beberapa manfaatnya yuk langsung simak aja ulasanya!

 

Perencanaan yang matang tentu saja menjadi kunci utama pada setiap keberhasilan. Tak terkecuali dalam aspek jalan-jalan atau liburan. Kunci keberhasilan dalam melakukan setiap liburan bisa dibilang berasal dari perencanaan itinerary yang matang dan terperinci serta dengan sangat hati-hati. 

 

Itinerary merupakan jadwal rincian kegiatan selama kita traveling terkait dengan detail waktu beraktivitas hingga perkiraan estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Biasanya, dalam susunan itinerary tercantum daftar tujuan destinasi wisata, kegiatan disana, tempat menginap, transportasi, hingga detail kegiatan lainnya seperti jadwal makan dan belanja souvenir atau oleh-oleh.

 

Sebaiknya, susun itinerary terlebih dahulu sebelum liburan. Pasalnya, hal tersebut bakal membantu kita terhindar dari kebingungan atau ketidakjelasan selama liburan. Berikut ini beberapa manfaat membuat itinerary yang bakal membuat liburan kita lebih terencana.

 

  • Tentukan Tanggal

Langkah pertama yang paling mudah untuk kita membuat sebuah itinerary ialah menentukan tanggal baik untuk berangkat maupun pergi. Bukan haya itu saja, namun jangan lupa pula untuk menentukan hari apa saja kita akan menghampiri spot-spot yang kita akan tuju.


Selalu menyediakan kalender ya, setelah itu gunakan kertas ataupun bisa kita kerjakan di note di handphone. Nah, di dalam dokumen tersebut kita tinggal membuad jadwal secara detil, yang isinya kapan kita tiba di lokasi hingga jadwal-jadwal lainya.


  • Memaksimalkan Waktu

Tak bisa dipungkiri, momen liburan pasti sangat menyenangkan. Namun, kita pasti mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk merasakan momen yang sangat berharga tersebut. Kalau kita telah menyusun itinerary, pasti kita bisa memaksimalkan waktu yang sangat terbatas itu.

 

Pasalnya, semua pasti sudah terencana dengan baik dan terperinci. Jadi, kita bisa fokus liburan dan nggak bakal bingung dengan destinasi dan kegiatan selanjutnya. Dengan begitu, tidak akan ada waktu yang terbuang percuma selama kita liburan. 

 

  • Realistis

Terkadang ketika kita merencanakan sebuah perjalanan seringkali merupakan satu faktor penting yaitu realistis. Ini merupakan sebuah pemikiran yang patut selalu ada disetiap pembuatan itinerary. kita bisa melihat dari berbagai aspek mulai dari keuangan hingga kondisi fisik dan yang terpenting apakah waktunya masih cukup?


Untuk bisa mengunjungi semua tempat yang kita inginkan dalam satu kali jalan tentu bisa menjadi sebuah tantangan besar. sangat disarankan untuk mengutamakan atau membuat prioritasnya saja nih. Percayalah kalo kita terlalu memaksakan untuk bisa mengunjungi semua tempat yang kita inginkan malah akan membuat kita stres

 

Selain itu kita juga jangan lupa untuk mengecek kapan waktu libur, jadwal transportasi umum beserta jam buka tempat yang ingin kita tuju. Kita juga harus mempersiapkan diri kita untuk mendapatkan momen semisal tiba-tiba jadwal berubah dan sayang sekali jika tidak dilakukan. Tapi kembali lagi ya untuk merubah jadwal yang kita bikin harus realistis


  • Memprioritaskan Keinginan

Saat liburan di suatu tempat pasti kita sering merasa kebingungan untuk memilih destinasi wisata dalam waktu tertentu. Nah, dengan menyusun itinerary kita bakal lebih mudah memprioritaskan dan mengalokasikan waktu untuk hal yang ingin kita nikmati selama liburan.

 

Jika sudah menyusun itinerary, kita pasti bisa memprioritaskan tempat-tempat wisata yang sudah sangat diimpi-impikan sebelumnya. Jika ada waktu liburan tersisa, kita bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk mengunjungi destinasi wisata menarik lainnya. Dengan begitu, kita nggak akan kehilangan sesuatu yang benar-benar ingin kita kunjungi.

 

  • Mempermudah Mobilitas Selama Traveling

Daftar itinerary ternyata bisa memudahkan mobilitas kita selama traveling lho. kita bisa jadi lebih mudah dan cepat bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. kita bisa menyusun berbagai macam strategi untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang posisinya saling berdekatan atau satu arah. Kita juga bisa menentukan moda transportasi apa yang akan digunakan selama liburan dalam daftar itinerary. Liburan pun bisa lebih terencana dan pastinya bakal terasa sangat menyenangkan.

 

  • Biaya Liburan Jadi Terkendali 

Saat berlibur, pasti ada saja hal-hal yang membuat kantong jebol. Mulai dari oleh-oleh, kuliner lokal yang dijual eksklusif hingga godaan untuk mencoba wahana wisata dengan biaya tambahan. Meskipun menyenangkan, hal tersebut tentu saja sangat berdampak pada perekonomian setelah liburan.

 

Oleh karena itu, sebaiknya susun itinerary terlebih dahulu sebelum liburan. Pasalnya, susunan itinerary yang baik biasanya berisi daftar rencana akomodasi, transportasi, lokasi atau atraksi, dan makanan selama liburan disertai dengan perkiraan biayanya. Perkiraan biaya ini tentu saja bisa kita cari tahu dengan mudah di dunia maya. Jadi, kita bisa sesuaikan aktivitas dan fasilitas selama liburan dengan budget yang tersedia.

 

  • Rencanakan Hal-Hal Tak Terduga
Jangan pernah mempunyai pemikiran kalo kita melakukan perjalanan berarti kita tidak akan dihadapkan dengan momen-momen yang menyenangkan loh. karena berada tempat baru atau yang tidak familiar, tentu ada banyak kemungkinan bisa terjadi. Mungkin hal yang paling mudah untuk kita rencanakan hal-hal tidak terduga ialah di transportasi. Kita tidak bakal kan kalo tiba-tiba pesawat yang akan kita tumpangin delay dengan waktu yang tak tertentu. selain itu juga dengan kejadian apabila barang-barang kita ada yang hilang.
 
 
Untuk bisa menghadapi itu semua kita juga patut menyimpan nomer-nomor pihak berwajib di tempat tujuan kita. Seperti nomor polisi, rumah sakit atau tempat-tempat lainya. Perlu di ingat ini merupakan faktor penting di setiap perjalanan kita, sehingga patut juga untuk dimasukan ke dalam itinerary.

Nah, itulah beberapa manfaat membuat itinerary yang bakal membuat liburan kita lebih terencana. Walaupun membuatnya sedikit rumit, ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kita rasakan selama liburan,. Yuk, mulai bikin itinerary buat liburan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment