Misteri dan Mitos Gunung Merapi


Gunung Merapi merupkan gunung berapi teraktif di Indonesia yang terletak tepat di tengah-tengah Pulau Jawa. Menurut legenda, Gunung Merapi dikisahkan sebagai pasak yang menjaga keseimbangan Pulau Jawa agar tidak miring. Dikenal dengan keindangan alamnya dan tragedi letusannya, Merapi tetap menyimpak berbagai misteri didalamnya. Banyak cerita mitos besar beredar di kalangan masyarakat dan masih dipercaya hingga sekarang. Nah sekarang saya akan menjelaskan misteri dan mitos gunung merapi yuk langsung simak ceritanya.

 

  • Pasar Bubrah

Masih dibawah puncak Gunung Merapi, Pasar Bubrah adalah rahasia umum untuk soal tempat misteri di Gunung Merapi. Masyarakat setempat percaya jika Pasar Bubrah adalah tempat angker, tempat di mana para mahluk tidak kasat mata berukumpul. Pasar Bubrah merupakan sebuah punggung bukit yang tepat berada di bawah kawah Merapi. Keadaan di lokasi ini cukup datar dan didominasi dengan bebatuan sisa letusan terdahulu. Ada satu tempat di dekat puncak Merapi yang tersohor di kalangan pendaki.

 

Jangan dikira Pasar Bubrah berwujud seperti tempat jual-beli pada umumnya. Ini adalah pasarnya makhluk gaib, yang memunculkan suasana ramai meskipun nggak ada siapa-siapa. Dari situlah dijuluki sebagai Pasar Bubrah. Warga sekitar dan pengawas Merapi selalu mewanti-wanti pendaki untuk nggak berbuat macam-macam di titik ini. Selalu jaga sopan santun untuk menghormati mereka, meskipun nggak kasat mata. Ada cerita cukup mengerikan di sini.

 

Cerita tersebut datang dari para pendaki yang mendaki Gunung Merapi beramai-ramai. Salah satu dari mereka mendengar suara gamelan jawa yang khas, dan melihat banyak orang seperti berada di pasar. Sayangnya, pendaki tersebut malah mencari tahu suara gamelan itu dari mana. Keesokannya, si pendaki sudah hilang dari rombongan, dan ditemukan tertidur pingsan di salah satu jurang yang ada di jalur pendakian Gunung Merapi melewati Pasar Bubrah. Jadi, kalau lo mendengar suara gamelan saat berada di jalur pendakian tersebut, pastikan lo tetap bersama rombongan.

 

  • Nyai Gadung Melati

Gunung Wutoh adalah salah satu spot angker yang ada di Gunung Merapi. Gunung kecil tersebut dipercaya sebagai sebuah pintu gerbang menuju tempat yang tidak terlihat oleh kasat mata, Keraton Merapi. Dan konon katanya, Gunung Wutoh ini dijaga oleh mahluk yang tidak terlihat oleh mata biasa.

 

Pernah dengar nama Nyai Gadung Melati di pendakian Gunung Merapi? Ya, Nyai Gadung Melati adalah mahluk halus yang menjaga pintu gerbang Keraton Merapi di Gunung Wutoh tersebut. Sosok perempuan ini konon sering menampakan diri ke para pendaki dan masyarakat sekitar.

 

Jika tengah menampakan diri, Nyai Gadung Merapi mengenakan pakaian berwarna hijau daun melati. Percaya atau tidak, misteri ini pada akhirnya melekat menjadi sebuah kepercayaan di masyarakat setempat. Pasalnya, jika ada yang bermimpi soal perempuan ini, esoknya pasti Gunung Merapi erupsi.

 

  • Keraton Merapi

Misteri Gunung Merapi tidak berhenti di Nyai Gadung Melati, bahkan bisa dikatakan baru saja mulai. Ini hanya cerita misteri saja, Bicara soal misteri sebuah kerajaan jin yang ada di Gunung Merapi, tentu berkaitan erat dengan istilah Keraton Merapi

 

Keraton Merapi adalah sebuah kerajaan yang tidak terlihat mata karena dikendalikan oleh mereka-mereka yang tidak kasat mata juga. Keraton ini ditandai oleh ritual-ritual masyarakat setempat yang memberikan sesaji dan apapun yang menjadi syarat agar sekitaran Gunung Merapi tetap aman dari gangguan-gangguan bahkan erupsi gunung.

 

Tidak masuk di akal dan logika, memang. Sayangnya, tradisi ini sudah jalan dan menjadi kepercayaan yang perlu dihormati. Tidak maksud menyela, terkadang, tradisi itu memang menyimpan sebuah kebenaran

 

  • Hutan Gamelan dan Binggung

Siapa bilang jika hutan-hutan di sekitaran Gunung Merapi tidak menyimpan kisah misteri yang penuh dan kental akan mistis serta klenik yang membuat bulu kuduk merinding. Hutan Gamelan dan Bingungan, serta Hutan Patuk Alap-Alap, Hutan Pijen serta Blumbang, adalah beberapa hutan yang dipercaya sebagai rumah dari binatang-binatang peliharaan mahluk tidak terlihat di Gunung Merapi. Terkadang, para pendaki suka mendengar derap kaki kuda yang tengah berlari, tetapi tidak ada kudanya

 

  • Mbah Petruk

Percaya atau tidak, erupsi hebat Gunung Merapi yang terjadi di tahun 2010 lalu dimulai dengan sebuah pertanda awan yang membentuk salah satu tokoh wayang – punakawan yaitu Petruk, terlukis di atas Gunung Merapi tersebut. Bagi mereka yang melihat jelas, percaya bahwa itu adalah sebuah pertanda jika akan terjadinya sebuah bencana. Betul saja, sontak bumi bergemuruh, awan hitam menyelimuti Gunung Merapi, percikan lava pijar terlihat dari jauh, Gunung Merapi mengamuk

 

Itulah cerita misteri dan mitos yang berada di gunung merapi yang masih terdengar ceritanya dikalangan pendaki. percaya tidak percaya semua kembali kepada diri masing - masing

No comments:

Post a Comment