Tips Cerdas Mempersiapkan Traveling


Halo sahabat keong, ini ada tips baru ketika sahabat mau traveling di seuatu Negara, kota, atau di alam bebas. Seperti biasa sebelum saya melakukan traveling, saya selalu lakukan ritual ini supaya traveling berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Jika ada ritual yang kelewat pasti traveling saya sangat berantakan. Nah dari pada penasaran yuk langsung simak tips traveling ala keong.
 
  • Tentukan destinasi
Tips yang pertama saya selalu menentukan dimana saya akan pergi mencari pengalaman baru di tempat yang belum pernah dikunjungi. Kenapa saya selalu memilih tempat baru? menurut saya sih tembat baru akan menambah semangat baru dan bisa jumpa dengan teman-teman baru pastinya, tapi kalo sahabat keong suka berkunjung ketempat yang sama dan menemukan kepuasan juga boleh kok soalnya sahabat tidak harus liburan ketempat baru, yang terpenting saat traveling itu kepuasan batin kita menikmati sebuah perjalanan, kalo kita senang saat traveling itu akan bikin semangat dan kepuasan yang hakiki.
 
  • Beli tiket transportasi perjalanan
Tips yang kedua sebelum saya melakukan traveling jauh-jauh hari saya sibuk mencari tiket tranportasi baik itu mau naik pesawat ataupun kereta karena selain lebih hemat, keuntungan membeli tiket jauh-jauh hari adalah saya bisa memiliki waktu untuk memilih jadwal keberangkatan. Dan tentu saja saya bisa membuat itinerary yang disesuaikan dengan jadwal berangkat dan pulang.

  • Buat itinerary
Tips yang ketiga saya selalu membuat rencana perjalanan sebelum saya berangkat traveling. Saya selalu mencatat semua tempat yang ingin dikunjungi di sebuah catatan kecil, lihat peta kota destinasi, lalu saya bisa mengatur lokasi mana yang bisa dikunjungi dalam waktu berdekatan karena ketika saya berkunjung di suatu tempat yang baru saya tidak akan menyianyiakan waktu buat bersantai saya selalu sibuk mencari tempat baru dan pengalaman baru. Jika saya pergi bersama patner ngeong saya selalu melibatkan membuat itinerary ini.

  • Tentukan jadwal packing
Nah untuk tips yang ke empat ini menurut saya sangat penting nih sahabat, saya selalu melakukan Liburan yang nyaman dimulai dari packing yang sempurna. Jika sudah menentukan tanggal keberangkatan, segera tentukan waktu untuk packing. Jangan terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan. Butuh cukup waktu untuk packing yang benar, agar bisa lebih santai dan tak ada barang penting yang terlewat untuk dibawa. Tentunya tidak asyik jika sudah tiba di tempat tujuan, kemudian baru menyadari ada barang yang tertinggal kan sahabat? karena packing terburu-buru.

Ingat lah selalu untuk membawa barang dan keperluan sesuai dengan destinasi. Jika ada barang yang belum dimiliki, saya bisa membeli dahulu atau meminjam milik teman. Misalnya saya mau liburan ke negara yang memiliki suhu dingin di kala musim dingin suhunya sampai minus, saya akan membeli jaket yang tebal. Saya selalu memperhatikan dari hal yang tercecil contohnya soal steker listrik di negara tujuan. Kalau beda, artinya saya harus beli steker converter.

Untuk Packing pakaian saya mempunyai teknik sendiri saya selalu packing baju dan celana dengan cara di gulung, dengan cara ini akan lebih efisien dari pada sekadar ditumpuk. Barang yang paling terakhir dibutuhkan ada di bagian bawah koper atau ransel. Sedangkan barang paling dibutuhkan ada di bagian atas koper atau ransel. Manfaatkan ruang kosong di koper untuk menyelipkan benda kecil, atau masukan benda kecil ke dalam sepatu dan barang lain yang berongga. Cek ulang daftar barang agar tidak ada yang terlupa. Jangan taruh barang berharga di koper atau ransel yang masuk ke bagasi pesawat

  • Persiapkan dokumen dan tukar uang jika keluar Negeri
Tips kelima persiapkan Paspor, print out booking tiket pesawat atau kereta, serta print out booking hotel adalah sebagian dokumen penting yang saya bawa saat traveling. Jangan sampai ketinggalan. Oleh sebab itu, saya selalu cek kembali dokumen-dokumen minimal sekali sebelum berangkat. Dari pada sudah sampai bandara atau stasiun kereta ada yang tertinggal malah menyesal karena kelupaan.

Kalau perlu, kumpulkan semua dokumen dalam satu tempat. Simpan di tempat yang mudah diingat dan dijangkau di dalam ransel. Demi kenyamanan saat traveling ke luar negeri, sangat disarankan untuk menukarkan rupiah sebelum keberangkatan. Walau sudah ada kartu kredit, namun uang tunai lokal tetap penting untuk pegangan. Tidak disarankan membawa rupiah ke luar negeri karena nilai tukarnya kecil. Bawalah mata uang negara tujuan kamu. Lagi pula jika menukarkan uang di dalam negeri, saya bisa mendapat harga yang lebih kompetitif.

Nah, gimana sahabat tips traveling ala keong? Simple kan, jangan sampai ada yang kelewat ya sahabat. Sekian dulu tips ngeong kali ini nantikan cerita saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.