Tips Packing Carrier Yang Benar Saat Mendaki Gunung dan Traveling


Halo sahabat, kali ini saya ingin berbagi tips cara packing saat mendaki gunung, di karenakan ini sangat penting sekali di ketahui, jika kita salah packing resiko banyak barang yang tidak masuk kedalam tas. Ketika tas di pakai pasti terasa tidak nyaman ketika di pakai. Dari pada penasaran langsung saja yuk simak.

Kenyamanan saat mendaki gunung menurut saya nomer satu, apalagi saat kita membawa tas gunung yang kapasitasnya bisa mencapai 100 liter. Kalau tidak nyaman membawa tas carrier atau tas gunung yang kita bawa, resiko akan lebih capek yang berlebih dan repot saat mengeluarkan barang dan bahkan cidera bisa saja terjadi.

Melakukan packing dengan rapi dan sesiap mungkin sangat penting dilakukan sebelum mendaki. Bahkan saya pribadi selalu melakukan packing ulang saat di basecamp pendakian. Nah, Kali ini saya akan memberikan tips dan trik khusus untuk sahabat secara singkat dalam melakukan packing tas gunung agar sahabat tidak salah packing.

Pada umumnya, jika sahabat melakukan pendakian bersama kelompok, setidaknya ada satu orang yang membawa tas gunung (tas carrier). Hal ini dikarenakan tas tersebut akan digunakan untuk membawa sebagian besar perlengkapan dan peralatan mendaki seperti tenda, air, logistik, dan lain-lain. Maka dari itu, jika packing tidak dilakukan dengan benar, resiko tas rusak atau pun repot saat mengeluarkan barang bawaan. 
  • List barang yang akan di bawa saat mendaki gunung 
Sebelum melakukan packing pendakian, saya selalu membuat catatan kecil list perlengkapan apa saja yang akan saya bawa saat pendakian. Mulai dari perlengkapan penting yang wajib dibawa, seperti senter / headlamp, jaket, pakaian ganti, obat pribadi, alat masak, sampai ke perlengkapan tambahan. Hal ini berguna agar saya tidak lupa dan bingung pada saat menentukan barang apa saja yang perlu dibawa. Saya berusaha membawa perlengkapan yang se-efisien mungkin, bawa barang – barang / perlengkapan yang hanya benar-benar dibutuhkan saja, agar tidak menjadi beban berlebih dalam perjalanan.
  • Perhitung waktu lama pendakian
Lamanya waktu sahabat melakukan pendakian juga menjadi pertimbangan penting saat memilih barang apa saja untuk di masukkan ke dalam carrier. Saya contohkan persiapan pendakian dua hari satu malam ke gunung Merapi di jawa tengah tentu jauh berbeda di banding jika saya melakukan pendakian lima hari empat malam lintas jalur Argopuro. Sehingga akan sangat berpengaruh besar pada kebutuhan dan cara packing tas gunung, dan memasukkan barang-barang pendakian sahabat ke dalam carrier.
Perbedaan pendakian gunung merapai dan gunung argopuro di lihat dari perhitungan waktu yang paling mencolok terlihat adalah manajemen jumlah logistik dan pakaian ganti yang harus saya siapkan. Semakin lama waktu pendakian, otomatis semakin banyak perbekalan yang harus di bawa, dan juga beberapa peralatan tambahan. Dengan mempertimbangkan lama waktu pendakian saya jadi bisa memutuskan, akan menggunakan carrier kapasitas berapa liter ( sesuaikan juga dengan kemampuan ).
  • Kapasitas Carrier
Setelah menentukan semua barang dan lamanya waktu pendakian saya bisa memilih jenis carrier, saya pastikan akan memilih dengan kapasitas yang cukup untuk semua barang. Jika carrier saya ternyata tidak cukup memuat barang yang telah saya rencanakan untuk dibawa, saya akan mengurangi daftar barang bawaan dengan mengurutkan berdasarkan fungsi dan kebutuhan utama.
Sebetulnya jika tak muat di dalam carrier bisa saja saya menggantung atau mengikat barang di luar carrier tapi saya tidak melakukan itu semua. karena hal itu akan mengganggu pergerakan tubuh saya saat mendaki medan-medan yang sulit, dan juga dari segi estetika akan terlihat buruk untuk dilihat. Belum lagi resiko yang timbul jika cuaca sedang hujan, tentunya akan membuat barang-barang saya akan basah kuyup.
  • Lapisi Carrier Dengan Trashbag
Saya selalu lapisi bagian dalam carrier dengan trashbag atau plastik sampah berwarna hitam atau putih berukuran besar sebelum packing. Kelihatanya sangat sepele namun ini sangat penting, karena trashbag dapat melindungi barang-barang saya dari basah pada saat hujan, atau dari dinginnya suhu gunung yang sering mengakibatkan embun.
Walaupun tas carrier sudah dilapisin dengan transhbag tidak menuntut kemungkinan pakaian yang didalam tas bisa basah. biasanya ini sering terjadi pada pakaian atau jaket saya, Oleh karena itu saya biasakan membungkus pakaian ganti dan jaket dengan kantong plastik tambahan supaya tidak basah.
  • Gunakan Matras Sebagai "Penyangga Carrier"
Menggunakan matras sebagai penyangga harus dilakukan. Satu matras pun sudah cukup agar carrier bisa berdiri kokoh. Caranya cobalah letakkan matras secara melingkar di dalam carrier, setelah dilapisi plastik trashbag. Cara memasang matras di carrier sangat mudah, dengan adanya matras maka carrrier akan menjadi lebih tegak, lebih seimbang, dan memudahkan saat memasukkan barang-barang. Selain itu, carrier akan lebih nyaman di punggung saat dibawa, karena bentuknya yang tegak dan padat, sehingga lebih stabil. 
  • Susunan barang dalam carrier
Susunan barang dalam carrier akan sangat mempengaruhi beban dan kenyamanan pergerakan tubuh. Selain itu, salah posisi penempatan barang akan membuat punggung tak nyaman saat memikul beban sambil berjalan di medan yang menanjak.
Maka dari itu perhatikanlah susunan barang pada gambar di atas. Simpanlah barang-barang yang paling ringan seperti baju ganti, atau sleeping bag di bagian paling bawah carrier. Dengan distribusi beban yang tepat pada carrier yang di bawa, tubuh akan terasa lebih nyaman dalam memikul beban selama perjalanan berlangsung. Simpanlah barang-barang penting seperti jas hujan, alat penerangan, dan peralatan P3K di bagian atas carrier atau di tempat yang mudah di jangkau. Hal ini akan memudahkan jika tiba-tiba perjalanan menemui rintangan seperti hujan, kecelakaan, ataupun kemalaman.
  • Usahakan Tas Tetap Seimbang
Seimbang disini adalah, tas tidak berat ke kanan atau pun ke bagian kiri. Hal ini sangat penting agar pundak atau bahu tidak sakit saat menggunakan tas. Tipsnya sederhana, jangan berikan ruang kosong di bagian dalam tas. Dan benda yang ditaruh di dalam harus seimbang bertanya kiri dan kanan. Jika ada air bagian kiri tas, maka di bagian kananpun harus diisi oleh benda yang sama beratnya.
  • Tutup Bagian Luar Tas dengan Cover Bag
Selalu bawa penutup tas bagian luar atau cover bag. Untuk menghindari kotor dan atau basah. Dan lebih baik gunakan cover bag yang agak tebal dan kedap air.
Nah sahabat, itu dia tips khusus dalam packing tas carrier atau tas gunung secara efektif dan benar. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.