Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kaliwadas


Gunung Slamet berada di lima kabupaten, yaitu Kab. Banyumas, Brebes, Tegal, Pemalang dan Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Merupakan gunung berapi aktif, meskipun tergolong gunung berapi yang sering beraktifitas, namun gunung ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pendaki. Gunung Slamet ini menjadi gunung tertinggi di Jawa tengah. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Slamet via Kaliwadas.

Gunung slamet berada di ketinggian 3428 mdpl (meter diatas permukaan air laut) ini juga merupakan gunung yang masih aktif. Jalur kaliwadas merupakan jalur pendakian yang paling berat, terutama saat melakukan summit attack, medan berupa batu pasir dengan tingkat kemiringan mencapai 80 drajat. Kaliwadas merupakan sebuah jalur pendakian gunung slamet yang berada dari sisi barat. Jalur ini bukan merupakan jalur favorite sehingga suasananya masih cenderung sepi.

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Kaliwadas

Kaliwadas sendiri merupakan sebuah dusun yang berada di desa Dawehan, kecamatan Sirampog, kabupaten Brebes. Dusun Kaliwadas berada pada ketinggian sekitar 1.850 mdpl. Untuk sampai Kaliwadas, kita bisa menggunakan start point di Bumiayu. Bumiayu sendiri merupakan sebuah kota kecamatan yang dapat diakses melalui beberapa kota. Antara lain Purwokerto dan Cirebon. Dari Purwokerto, Bumiayu dapat dicapai dengan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan dari Cirebon butuh waktu sekitar 2 jam

Dari Bumiayu, perjalanan dilanjutkan ke Pangasinan dengan menggunakan angkutan pedesaan jenis Colt yang memakan waktu sekitar 2 jam. Setiba di Pasar Pangasinan, perjalanan dilanjutkan menuju Kaliwadas dengan menggunakan Jeep Hardtop atau menggunakan angkutan umum jenis kendaraan terbuka yang beroperasi hingga pukul 18.00

Pendakian Gunung Slamet Via Kaliwadas

Setelah sampai di basecamp kaliwadas, kita diwajibkan untuk mendaftarkan diri. Serta melengkapi administrasi.
  • Basecamp - Tuk Suci
Memulai perjalanan, track masih terasa landai, medan berupa tanah padat, pemandangan berupa hamparan perkebunan sayuran milik warga. Jangan tergesa-gesa!, karena pemandangannya layak untuk dinikmati. Kira-kira, berjalan selama 45 menit, kita akan sampai di Tuk Suci.
  • Tuk Suci - Pos 1
Selepas Tuk Suci, perjalanan dilanjutkan menuju pos 1. Jalanan masih belum terlalu terjal, pemandangan perkebunan sayuran digantikan dengan sebarisan pohon-pohon bambu yang menghadirkan suasana berbeda. Kira-kira, berjalan selama 30 menit, kita sampai di pos 1, ditandai dengan keberadaan pohon besar yang berlubang di tengahnya.
  • Pos 1 - Pos 2
Di tengah perjalanan menuju pos 2, kita akan melewati sebuah jembatan yang bernama Taman Wlingi. Selanjutnya ada persimpangan jalan menuju Sumur Panganten yang berada di jalan sebelah kanan. Untuk menuju pos 2, pilihlah jalan sebelah kiri. Perjalanan menuju pos 2 ini membutuhkan waktu sekitar 70 menit.
  • Pos 2 - Pos 3
Setelah melewati pos 2, harus lebih berhati-hati!, karena tanjakan demi tanjakan mulai menghadang perjalanan. Selain itu, kita juga akan sering menemukan jalan bercabang, ambilah jalan yang lurus, jangan pernah berbelok memilih jalanan kecil di sebelah kanan atau kiri. Sebab, jalanan itu bakalan menyesatkan.
  • Pos 3 - Pos 4
Selepas pos 3, kemiringan track meningkat terus-menerus, perjalanan mulai memasuki rimbunnya hutan, pemandangan berupa barisan pohon-pohon yang menjulang megah. Berjalan sekitar 60 menit, maka kita akan sampai di pos 4, sebuah tempat yang bernama Igir Manis.
  • Pos 4 - Pos 5
Perjalanan menuju pos 5, kita harus melewati perbukitan gunung Malang yang terjal dan berkelok. Sabar, semangat dan yakin adalah 3 hal yang dibutuhkan untuk dapat melewati medan sulit ini. Berjalan sekitar 120 menit, maka kita akan sampai di pos 5, sebuah tempat yang bernama Igir Tjowek. Di sini, kita akan menemukan persimpangan jalan dari arah jalur Baturaden.
  • Pos 5 - Plawangan
Memasuki kawasan Plawangan, pemandangan akan berubah seketika, hutan rimbun akan hilang digantikan dengan pemandangan luas yang terbuka. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Plawangan merupakan tempat ideal untuk mendirikan tenda, beristirahat sebelum melakukan summit atack untuk memburu sunrise.
  • Plawangan - Puncak Gunung Slamet
Jalanan mulai menunjukan wajah garangnya, track terbuka yang curam, pasir dan bebatuan adalah pemandangan yang akan kita hadapi selama 2 jam. Setelahnya, sampailah kita di puncak gunung Slamet, nikmatilah hamparan alam yang membentang luas dan merasakan sensasi negri di atas awan.
Pemandangan Gunung Lain di Puncak Surono

Gunung Sumbing, gunung Sindoro, gunung Merbabu dan gunung Merapi

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Slamet
  • Kaliwadas - Tuk Suci : 45 menit
  • Tuk Suci - Pos 1 : 30 menit
  • Pos 1 - Pos 2 : 70 menit
  • Pos 2 - Pos 3 : 120 menit
  • Pos 3 - Pos 4 : 60 menit
  • Pos 4 - Pos 5 : 120 menit
  • Pos 5 - Plawangan : 90 menit
  • Plawangan - Puncak Slamet : 120 menit
Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian gunung Slamet via Kaliwadas. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete