Beberapa Tumbuhan yang Bisa dimakan Saat Di Hutan


Halo sahabat pernah tidak, kalian saat melakukan perjalanan pendakian baik bersama rombongan maupun sendiri kalian kehabisan bekal makanan atau air minum? Nah di postingan kali ini saya akan bercerita pengalaman ketika kehabisan air ketika mendaki gunung dan disini saya akan mengasih tahu beberapa buah atau tumbuhan yang berada dimakan saat kita berada di hutan.


Ketika saya melakukan perjalanan pendakian salah satu gunung di Sulawesi, waktu itu saya kehabisan air minum saat di tengah perjalanan mendaki karena saya tertinggal rombongan sangat jauh. Disitu saya mulai binggung soalnya saya ke Sulawesi untuk melakukan ekpedisi dan saya tidak tau medan gunung ini. Saya putuskan untuk berdiam sejenak karena di posisi seperti ini hanya di butuhkan ketenangan fikiran.

Waktu saya berdiam diri saya hanya berfikir untuk bagaimana saya mendapatkan air. Saya sanggat berhuntung karena saya sedikit tahu berbagai tumbuhan dan buah yang bisa di makan saat berada di hutan. Disini saya akan membagi pengetahuan beberapa macam tumbuhan dan buah yang bisa dimakan saat di dalam hutan.

Secara singkat jika sahabat ingin tahu tumbuhan yang bisa dimakan makan hal yang paling terpenting perhatikan sekilas warna, dan batangnya. Yang jelas warnanya hijau, dan batangnya gembur atau mengandung air. Jika sahabat bertemu dengan monyet atau kera sedang memakan buah dan tumbuhan, maka buah tersebut layak konsumsi.

Berikut tumbuhan yang harus di hindari dan jangan dimakan spesifikasinya seperti ini:
  • Tumbuhan berbulu
  • Tumbuhan gatal
  • Bau menyengat
  • Bergetah
  • Buahnya pahit dan berlendir
  • Jangan makan tumbuhan yang buahnya berwarna ungu
 Daftar tumbuhan dan buah yang bisa di makan di gunung atau di hutan: 

Arrowhead
Tumbuhan ini hidup di dekat air atau rawa. Daunnya berbentuk seperti panah atau hati. Umbinya bisa dimakan
Burdock
Bunganya seperti buah rambutan. Biasanya tumbuhan ini hidup di lapangan terbuka. Tangkai daunnya bisa dikupas dahulu lalu dimakan mentah
Buah kesemek
Buah ini bisa tumbuh dihutan dataran rendah. Buahnya bisa dimakan, bijinya dipanggang bisa untuk kopi
 
Buah ciplukan/cecendet
Sipa yang tidak kenal dengan buah ini. Ciplukan biasa hidup di daerah terbuka dan terkena sinar matahari
Buah lo
Buah lo adalah buah yang biasa dimakan rusa. Buah ini biasa ditemukan di hutan. Buah lo bisa dimakan mentah maupun matang. Rasanya agak masam jika dimakan mentah, namun manis jika sudah dimasak/rebus
Bunga Turi
Bisa diuleg sebagai lalapan atau campuran sambal
Bulrush
Tumbuhan ini termasuk dalam jenis ilalang yang tumbuh di rawa. Batang, biji dan daunnya bisa dimakan/dimasa
Begonia
Tumbuhan ini banyak terdapat di hutan hujan tropis (hutan yang lebat sering hujan). Batangnya bisa dimakan, dibersihkan dahulu.
Cantigi
Cantigi banyak tumbuh di puncak-puncak gunung. Daunnya yang pucuk (muda) bisa dimakan meskipun rasanya agak masam dan sepet.
Common Chickweed
Daun dan bunganya kecil-kecil namun bisa dimakan
Calingcing
Tumbuhan ini mirip ciplukan. Buahnya bisa dimakan (asam) batangnya bisa sebagai obat

Cattails
Tumbuhan ini tumbuh di pinggiran sungai atau danau. Bentuk batangnya mirip ilalang, dan bisa dimakan seperti ilalang yakni batang dan akarnya.

Daun Mete (Jambu Monyet)
Pucuk daun mete bisa dikonsumsi juga.

Dandelions
Tumbuhan Dandelions memang cantik karena bunganya seperti bunga matahari yang kuning. Namun batangnya berdaging dan kenyal. Batang dan bunganya bisa dimakan 

Daun sendok
Tumbuhan ini daunnya berbentuk bulat dan lebar. Daunnya bisa dimasak
Honje
Tumbuhan ini ditemukan di daerah yang lembab. Batangnya tebal dan kenyal. Bunganya bisa dimakan
Harendong Bulu
Tumbuhan ini mirip pohpohan, hanya saja daunnya berbulu. Hilangkan bulunya, daunnya bisa dimasak  
Ilalang
Ilalang atau sejenis rumput ini sangat sering dijumpai di gunung. Sering kali kita melihat ada orang mengemut batang ilalang, dan sepertinya itu keren. Namun banyak yang tidak tau, memang ilalang itu bisa dimakan. Supaya lebih banyak kandungannya maka makanlah akarnya 
Jamur
Jamur adalah tumbuhan yang hidup dari kehidupan tumbuhan lain. Tumbuhan ini menjadi menu yang nikmat jika dimasak. Namun hati-hati karena beberapa jenis jamur juga beracun. Karakteristik jamur yang bisa dimakan adalah warnanya putih dan bersih. Jenis-jenis jamur yang bisa dikonsumsi yakni:
jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, jamur kuping. Sedangkan jamur yang berbentuk seperti payung dan rapuh adalah yang beracun, jenisnya yakni: jamur galerina, destroying angel, Amanita (merah), laktarius (biru)
Kincung
Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna merah muda, batangnya panjang dan daun lebar. Tumbuhan kincung biasa dimasak sebagai menu lalapan sama ikan bakar. 
Kaliandra
Tumbuhan ini juga bisa dimakan. Bentuknya seperti tumbuhan rumput atau mirip tumbuhan putri malu. Tumbuhan ini biasa dimakan hewan seperti sapi, dan kambing
Lamb’s Quarter
Tumbuhan ini buahnya bisa dimakan dan daunnya bisa dimasak (seperti bayam)
Leeks
Tumbuhan ini bisa dibilang sebagai bawang liar. yang nampak hanya daunnya yang lebar. Tumbuhan ini bisa dimakan daun, dan umbinya
Lumut hati
Lumut ini memiliki daun berbentuk seperti hati dan umumnya tumbuh di dataran tinggi yang basah. Daunnya bisa dikonsumsi sebagai obat demam
Murbei
Tumbuhan murbai memiliki buah berwarna merah dan bisa dimakan. Rasanya cukup enak
Nangsi
Tumbuhan nangsi biasa hidup di hujan hujan tropis. Buahnya kecil-kecil dan daun lebar. Daun Nangsi bisa dimakan dan buahnya bisa dimakan pula
Padi liar
Padi liar tumbuh di dekar sungai. Teksturnya seperti tanaman padi pada umumnya hanya saja tidak lebat.
Pohpohan
Daun pohpohan merupakan salah satu menu untuk lalapan dan tentunya bisa dimakan.
Rotan
Rotan banyak ditemukan di hutan Kalimantan. Tumbuhan ini bisa dimakan juga, namun harus melalui proses pembersihan yang cukup lama yakni dibersihkan duri-duri batangnya dengan dibakar. Kemudian keluarkan isi batangnya, isinya tersebut yang dimakan. Buah rotan juga bisa dimakan, hanya saja rasanya tentu tidak enak. 
Semanggi
Daun semanggi atau clover yang biasa ditemukan di kaki gunung juga bisa dimakan. Daun Semanggi teksturnya tipis dan kecil dan biasa ditemukan di dataran tidak terlalu tinggi. 
Selaginella
Selaginella memiliki tekstur daun seperti paku-paku. Oleh karena itu tumbuhan ini dikelompokkan dalam kategori tumbuhan paku-pakuan. Daun Selaginella berwarna hijau, ada pula yang merah dan kebiru-biruan. yang warna hijau bisa dimakan yakni dengan merebusnya dahulu akan lebih baik. 
Stevia Rebaudiana
Tumbuhan ini berwarna hijau lebat dan bisa dikonsumsi dan mengandung zat pengganti gula
Selada air
Selada air hidup di pinggiran air/sungai. Bentuk daunnya kecil-kecil. Bimakan mentah atau dijadikan lalapan 
Spring beauty
Tumbuhan ini adalah tumbuhan berbunga indah dan berkelompok. Meskipun terlihat seperti hanya bunga saja, namun akarnya berumbi. Umbinya bisa dimakan/dimasak 
Wild Onion
Tumbuhan ini juga sering hidup di hutan. Bentuknya persis seperti rumput biasa. Daunnya bisa dimasak 

Dalam mengonsumsi tumbuhan tersebut alangkah baiknya jika memang dalam keadaan terpaksa atau genting. Jika kondisi kita sedang berkemah dalam waktu yang lama, maka beberapa pilihan tumbuhan sayuran bisa menjadi pilihan paling oke untuk dimasak. Namun, jika sahabat tersesat dan membutuhkan sekali asupan makanan, maka cari tahu dari daftar tumbuhan yang dapat dimakan di atas yang bisa sahabat temukan di sekitar.

Beberapa tumbuhan bisa dimakan mentah, namun beberapa lagi lebih nikmat jika dimasak (rebus atau tumis).  akan lebih nikmat dan aman jika dimasak dengan air campur garam. Nah sekian dulu ya sahabat share pengetahuanya semonga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.