Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel

Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah dengan ketinggian puncak 3.142 mdpl, selain puncak Kenteng Songo paling tertinggi Gunung Merbabu di sampingnya juga ada Puncak Triangulasi dengan ketinggian 3169 dan Puncak Syarif dengan ketinggian 3119 mdpl. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel.

Rute Pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Cuntel. Jalur Cuntel merupakan salah satu jalur Pendakian menuju puncak gunung merbabu yang sangat diminati banyak pendaki. Jalur pendakian Gunung Merbabu via Cuntel berada di, Desa Cuntel, Kecamatan Getasan. Gunung Merbabu kini bisa dibilang tengah beristirahat. Namun walau sudah lama tidak aktif, Gunung Merbabu sebenernya memiliki lima kawah ada kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Cuntel

Menuju basecamp Gunung Merbabu via Cuntel sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Semarang. Sesampainya di Semarang sahabat carilah bus yang menuju terminal Solo. Turun Salatiga di perempatan pasar sapi, naiklah angkutan umum arah ke Magelang, Akan tetapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai perempatan pasar sapi sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore.

Akan tetapi jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Semarang, dari Semarang sahabat cari bus arah terminal semarang dan turun di Salatiga turun di perempatan pasar sapi, dari perempatan sapi cari angkutan umum arah ke basecamp Cuntel. tapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai terminal Boyolali sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore.

Pendakian Gunung Merbabu Via Cuntel

• Basecamp – Pos 1 Watu Putut
Perjalanan dari basecamp menuju Watu Putut masih sangat mudah karena masih melalui beberapa rumah warga dan jalannya tidak terlalu menanjak. Setibanya di Pos satu, kita akan menemukan sebuah shelter yang bisa kita gunakan untuk beristirahat. Ukurannya memang tidak terlalu besar namun keberadaannya sangat berguna terutama dikala hujan.

Biasanya, saat masih di Basecamp Cuntel kita akan diberi pesan untuk tidak membuang air besar di Pos ini. Di Pos satu ini pemandangan yang kita lihat belum begitu bagus. Sebenarnya sebelum sampai ke Pos satu ini kita akan melewati dua Pos bayangan yaitu Pos Bayangan satu di ketinggian 1858 mdpl atau yang bisa disebut Dalan Tengah dan yang berikutnya adalah Pos Bayangan dua di ketinggian 2063 mdpl atau biasa disebut Gumuk. Beberapa meter sebelum sampai ke Pos Bayangan dua kita bisa menemukan tempat penampungan air yang bisa kita gunakan untuk mengisi botol atau tempat air yang kita bawa. Perjalanan dari basecamp sampai pos satu total perjalanan membutuhkan waktu 90 menit

• Pos 1 – Pos 2 Kedokan
Jalan menuju pos dua akan melewati banyak semak. Kalau di Pos satu terdapat shelter untuk berteduh, lain halnya dengan di Pos dua. Di Pos dua hanya ada tanah lapang yang cukup lebar dan bertingkat dengan Pohon-pohon tinggi dan besar sebagai pelindung dari cahaya matahari langsung. Karena tempatnya yang lebar maka tempat ini sangat cocok untuk membuka tenda meskipun memang Pos ini bukan diperuntukkan untuk camp ground. Perjalanan menuju pos dua membutuhkan waktu 60 menit dari pos satu, pos dua ini bernama kedokan.

• Pos 2 – Pos 3 Kergo Pasar
Perjalanan menuju pos tiga kita akan melewati medan yang lebih terbuka dari sebelumnya. Pemandangan yang di lewati akan lebih indah dari sebelumnya. Perjalanan dari pos dua ke pos tiga membutuhkan waktu 60 menit untuk sampai di pos kergo pasar. Pos tiga memang sangat luas saya sangat merekomendasikan sahabat untuk beristirahat di pos ini. Selain lahan yang sangat luas untuk membuka tenda di pos tiga ini sangat cocok untuk menikmati senja ketika matahari tenggelam.

• Pos 3 – Watu Gubuk
Medan perjalanan pos tiga menuju pos pemancar jalur akan semakin menanjak dari sebelumnya. Dalam perjalanan menuju ke pos pemancar kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. Kita akan sampai watu gubuk setelah berjalan 60 menit, di watu gubuk adalah titik temu dari jalur thekelan dan jalur cuntel.

• Watu Gubuk – Pos Pemancar
Medan perjalanan sudah sangat ekstrim, sangat menanjak. Dan jurang terlihat di bagian kiri dan kanan. Kita bisa melihat jalur pendakian via Cuntel di bagian kanan medan. Sebenarnya, kita beberapa saat akan melihat pos pemancar dari bawah. Ikuti jalur yang tersedia, maka kita akan cepat menjangkaunya.

• Pos Pemancar – Puncak Kenteng Songo
Kita harus naik turun bukit untuk sampai di puncak kentengsongo. Perjalanan ke puncak kentengsongo adalah perjalanan terindah di gunung ini. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan.

Beranjak dari pos pemancar kita akan mengikuti jalan yang menurun di sela sela rerumputan hijau yang indah. Kita akan sampai pada sebuah tugu perbatasan yang sering di sebut pos helipad. Tempat ini adalah pertemuan jalur thekelan dengan jalur wekas. Setelah sampai di pos helipad kita harus melewati jembatan setan yang terkenal di gunung merbabu. Jalan yang di lewati membentang di atas belerang putih yang berbau menyengat

Dan kita akan melihat sebuah kawah kecil di sisi kiri jalan. Beberapa langkah setelahnya kita akan kembali melihat kawah yang lebih besar dan dalam di sisi kanan jalan. Kita dapat mengambil air di kawah tersebut. Kita harus mengikuti jalan menurun ke kawah sekitar 15 menit. Setelah sampai di kawah kita tidak bisa mengambil sembarangan air karena air tersebut adalah air belerang. Kita harus mengambil air dari pipa kecil di sekitar kawah.

Kita kembali akan menjumpai sebuah pertigaan. Kita harus mengambil jalan yang berbelok ke kiri dan melipir jurang karena jalan yang lurus dan menanjak akan membawa kita ke puncak rondorante. Setelah melewati puncak rondorante maka kita dapat melihat puncak kentengsongo yang tampak gagah berdiri. Beberapa menit menjelang puncak jalanan akan sangat terjal dan menantang nyali. Setelah itu kita akan sampai pada kawasan puncak kenteng songo.

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Merbabu

Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo dan Gunung Lawu.

Puncak Gunung Kenteng Songo

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak merbabu, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Merbabu Via Cuntel

• Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu

• Basecamp - Pos 1 Watu Putut : 90 menit
  • Pos 1 - Pos 2 Kedokan : 60 menit
  • Pos 2 - Pos 3 Kergo Pasar : 60 menit
  • Pos 3 – Pos 4 Watu Gubuk : 60 menit
  • Watu Gubuk – Pemancar: 20 menit
  • Pemancar – Puncak : 120 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Merbabu via Cuntel. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.