Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah dengan ketinggian puncak 3.142 mdpl, selain puncak Kenteng Songo paling tertinggi Gunung Merbabu di sampingnya juga ada Puncak Triangulasi dengan ketinggian 3169 dan Puncak Syarif dengan ketinggian 3119 mdpl. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting.

Rute pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Suwanting. Jalur Suwanting merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung merbabu yang yang tergolong baru. Jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting berada di, Desa Suwanting, Kecamatan Sawangan. Kabupaten Magelang. Gunung Merbabu kini bisa dibilang tengah beristirahat. Namun walau sudah lama tidak aktif, Gunung Merbabu sebenernya memiliki lima kawah ada kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo 

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Suwanting

Jalur Suwanting remi dibuka atas inisiatif pemuda atau komunitas pemuda di Dusun Suwanting. Jalur ini di buka tentu tak lepas juga atas restu dari sesepuh desa untuk membuka jalur ini. Tanggal 15 maret 2015, jalur ini diresmikan dan sudah bisa dinikmati oleh para pendaki.

Menuju basecamp Gunung Merbabu via Suwanting sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Solo. Sesampainya di Solo sahabat carilah bus yang menuju terminal Boyolali. Sesampainya di terminal Boyolali, naiklah bus menuju kecamatan Selo menuju ketep Pass dan turun di Desa Suwanting.

Akan tetapi jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Solo, Sesampainya di Solo sahabat carilah bus yang menuju terminal Boyolali. Sesampainya di terminal Boyolali, naiklah bus menuju kecamatan Selo menuju ketep Pass dan turun di Desa Suwanting. 

Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Perjalanan pendakian ke puncak Gunung Merbabu via Suwanting kita akan melewati tiga pos utama dan beberapa pos bayangan sebelum sampai puncak, diantaranya tiga pos air. Keuntungan naik Gunung Merbabu Via Suwanting salah satunya sumber air berlimpah yang berada di sepanjang perjalanan. Jika ada ke untungan pasti ada kerugian dong sahabat yak an? Nah, kerugian pendakian via suwanting ini terkenal jalur yang cukup berat.
  • Basecamp – Pos 1 Lembah Lempong
Perjalanan dari basecamp menuju pos satu kita akan melewati perumahan warga sebelum akhirnya memasuki lading warga, jalur menuju pos satu ini terbilang masih cukup ringan. Perjalanan dari basecamp ke pos satu di perlakukan waktu 30 menit, jika sahabat ingin menghemat waktu kita bisa naik ojek sampai batas hutan dengan naik ojek bisa menghemat waktu sekitar 15 menit.
  • Pos 1 – Pos 2 Shelter Bendera
Sesampainya di pos satu sudah memasuki hutan, diperjalanan kita akan menemukan mata air yang dialirkan melalui pipa. Pemandangan sekeliling merupakan pohon pinus yang sangat indah. Perjalanan menuju pos dua sudah mulai terasa berat karena di dominasi oleh tanjakan. Terdapat pos air di Lembah Cemoro, letaknya di antara pos satu dan pos dua. Pos air berikutnya berada di atas pos dua perjalanan yang kita butuhkan dari pos satu k epos dua memakan waktu 150 menit.
  • Pos 2 – Pos 3 Dempo Awang
Setelah melewati pos dua trek yang kita lewati akan terus menanjak hingga sampai puncak suwanting dengan kemiringan rata-rata 45 drajat. Selama diperjalanan kita akan menemukan air bernama “Sendang Dampo Awang” yang bisa sahabat gunakan untuk minum dan mengisi perbekalan air juga botol kosong.

Saya sangat merekomendasikan mendirikan camp sebelum perjalanan puncak di pos tiga ini. Karena dari pos tiga kita bisa belihat deretan gunung seperti gunung merapi, gunung andong, gunung sumbing dan gunung sindoro. Dari pos dua sampai pos tiga kita membutuhkan waktu 180 menit.
  • Pos 3 – Puncak Kenteng Songo.
Perjalanan dari pos tiga ke Puncak kenteng songo kita akan melewati padang savanna yang begitu indah, jika kita mendaki gunung merbabu via suwanting terdapat tiga sabana setelah melewati sabana kita akan melewati puncak suwanting jalur yang kita kita lewati sudah tidak begitu berat seperti perjalanan menuju pos tiga. Perjalanan dari pos tiga sampai puncak membutuhkan waktu 90 menit

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Merbabu
Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo dan Gunung Lawu. 

Puncak Gunung Kenteng Songo

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak merbabu, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta. 

Tips Mendaki Gunung Merbabu Via Suwanting
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu 
  • Basecamp - Pos 1 Lembah Lempong : 30 menit
  • Pos 1 – Pos 2 Pos Bendera : 150 menit
  • Pos 2 – Pos 3 Dampo Awang: 180 menit
  • Pos 3 – Puncak ; 90 menit
Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.