Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Thekelan

Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah dengan ketinggian puncak 3.142 mdpl, selain puncak Kenteng Songo paling tertinggi Gunung Merbabu di sampingnya juga ada Puncak Triangulasi dengan ketinggian 3169 dan Puncak Syarif dengan ketinggian 3119 mdpl. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Merbabu via Thekelan.

Rute Pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Thekelan. Jalur Thekelan merupakan salah satu jalur Pendakian menuju puncak gunung merbabu yang sangat diminati banyak pendaki. Jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan berada di, Desa Batur, Kecamatan Getasan. Gunung Merbabu kini bisa dibilang tengah beristirahat. Namun walau sudah lama tidak aktif, Gunung Merbabu sebenernya memiliki lima kawah ada kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Thekelan

Menuju basecamp Gunung Merbabu via Thekelan sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Semarang. Sesampainya di Semarang sahabat carilah bus yang menuju terminal Solo. Turun Salatiga di perempatan pasar sapi, naiklah angkutan umum arah ke Magelang, Akan tetapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai perempatan pasar sapi sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore.

Akan tetapi jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Semarang, dari Semarang sahabat cari bus arah terminal semarang dan turun di Salatiga turun di perempatan pasar sapi, dari perempatan sapi cari angkutan umum arah ke basecamp Thekelan. tapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai terminal Boyolali sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore.

Pendakian Gunung Merbabu Via Thekelan

• Basecamp – Pos 1 Pending
Perjalanan akan dimulai dengan menyusuri perumahan warga. Kemudian memasuki kebun dan hutan. Medannya akan sedikit menanjak, namun masih ringan sampai Pos 1 Pending. Pos pertama ini berada di ketinggian 1922 mdpl. Pos ini sudah ada bangunan permanen. Dan kita bisa menemukan sumber air di kawasan tersebut

• Pos 1 – Pos 2 Pereng Putih
Jalur kita akan melewati perkebunan penduduk. Setelah itu kita akan sampai pada sebuah pertigaan. Ambil jalan ke arah kanan yang menanjak dan jangan mengikuti jalan yang lurus dan datar. Kita akan mulai berjalan mengikuti jalan setapak di hutan yang tidak terlalu lebat. 60 menit kemudian kita akan sampai di pos 1 atau sering di sebut pos pending.

Di kiri jalan sekitar 15 meter sebelum sampai di pos pending kita dapat mengambil air. Di sini terdapat sebuah bangunan pos yang bisa digunakan kita untuk bermalam

• Pos 2 – Pos 3 Gumuk Menthul
Di depan pos pending ada sebuah pertigaan. Untuk menuju pos 2 kita harus mengikuti jalan yang sebelah kiri. Kita akan terus berjalan hingga menyeberangi sungai kecil. Setelah itu Jurang akan selalu menemani kita di sisi lintasan. Pemandangan di sini ketika malam hari sangat luar biasa karena tampak lampu kota salatiga dan ungaran yang begitu mempesona. 60 menit kemudian kita akan sampai di pos 2.

• Pos 3 – Pos 4 Lempong Sampan
Menuju pos 4 jalan jalur yang dilalui tak se landai jalur jalur sebelumnya. 90 menit kemudian kita akan sampai di pos 4. Di kawasan ini hanya ada tanah datar yang sangat luas di tengah hutan dan tidak terdapat bangunan apapun yang bisa di singgahi.

• Pos 4 – Watu Gubug
Menuju Watu Gubuk kita akan melewati hutan yang lebih lebat dari jalur sebelumnya. Jalur akan dihiasi dengan vegetasi rumput yang cukup lebat di sela sela hutan. Setelah keluar dari hutan kita akan melihat sebuah pemancar di ujung bukit sebelah kanan. Pos Watu Gubuk juga sering di sebut dengan pos pemancar karena terdapat pemancar di atasnya

Sekitar 60 menit dari pos 4 kita akan sampai pada kawasan yang disebut watu gubuk. Di sini banyak batu batu besar yang berdiri gagah. Di sebelah kiri jalan kita akan melewati sebuah batu yang sangat besar dan terdapat gua di tengahnya. Gua tersebut dapat digunakan oleh 2 – 3 orang untuk berteduh ketika hujan. Perjalanan dari watu gubuk ke pos pemancar adalah perjalanan paling berat sepanjang pendakian gunung ini. sekitar 45 menit kemudian kita akan sampai di pos pemancar.

• Watu Gubuk – Pos Pemancar
Medan perjalanan sudah sangat ekstrim, sangat menanjak. Dan jurang terlihat di bagian kiri dan kanan. Kita bisa melihat jalur pendakian via Cuntel di bagian kanan medan. Sebenarnya, kita beberapa saat akan melihat pos pemancar dari bawah. Ikuti jalur yang tersedia, maka kita akan cepat menjangkaunya.

• Pos Pemancar – Puncak Kenteng Songo
Kita harus naik turun bukit untuk sampai di puncak kentengsongo. Perjalanan ke puncak kentengsongo adalah perjalanan terindah di gunung ini. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Beranjak dari pos pemancar kita akan mengikuti jalan yang menurun di sela sela rerumputan hijau yang indah. Kita akan sampai pada sebuah tugu perbatasan yang sering di sebut pos helipad. Tempat ini adalah pertemuan jalur thekelan dengan jalur wekas. Setelah sampai di pos helipad kita harus melewati jembatan setan yang terkenal di gunung merbabu. Jalan yang di lewati membentang di atas belerang putih yang berbau menyengat

Dan kita akan melihat sebuah kawah kecil di sisi kiri jalan. Beberapa langkah setelahnya kita akan kembali melihat kawah yang lebih besar dan dalam di sisi kanan jalan. Kita dapat mengambil air di kawah tersebut. Kita harus mengikuti jalan menurun ke kawah sekitar 15 menit. Setelah sampai di kawah kita tidak bisa mengambil sembarangan air karena air tersebut adalah air belerang. Kita harus mengambil air dari pipa kecil di sekitar kawah.

Kita kembali akan menjumpai sebuah pertigaan. Kita harus mengambil jalan yang berbelok ke kiri dan melipir jurang karena jalan yang lurus dan menanjak akan membawa kita ke puncak rondorante. Setelah melewati puncak rondorante maka kita dapat melihat puncak kentengsongo yang tampak gagah berdiri. Beberapa menit menjelang puncak jalanan akan sangat terjal dan menantang nyali. Setelah itu kita akan sampai pada kawasan puncak kenteng songo.

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Merbabu

Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo dan Gunung Lawu.

Puncak Gunung Kenteng Songo

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak merbabu, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Merbabu Via Thekelan

• Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu

• Basecamp - Pos 1 Pending : 60 menit
  • Pos 1 - Pos 2 Pereng Putih : 60 menit
  • Pos 2 - Pos 3 Gumuk Menthul : 60 menit
  • Pos 3 – Pos 4 Lempong Sampan : 90 menit
  • Pos 4 – Watu Gubuk : 40 menit
  • Watu Gubuk – Pemancar: 20 menit
  • Pemancar – Puncak : 120 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.