Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Alang - Alang Sewu

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.136 mdpl, Masyarakan biasanya menyebut gunung ini dengan sebutan Sindoro, Sundoro atau Sendoro. Gunung Sindoro adalah termasuk dalam jajaran gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe Strato. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Sindoro via Alang-Alang Sewu.
 
Rute Pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Alang – Alang Sewu. Jalur Alang – Alang Sewu adalah jalur baru dari Gunung Sindoro. Jalur ini tidak kalah tenar dari jalur lain yang sudah lama kita kenal sebelumnya. Jalur yang menawarkan suasana lain khas Gunung Sindoro dari jalur – jalur yang sebelumnya sudah ada lebih dulu, selain itu jalur ini juga ada mata air di bawah pos dua jaraknya 100 meter dari jalur pendakian.
 
Informasi Transportasi Menuju Basecamp Alang – Alang Sewu
 
Menuju basecamp Alang alang sewu ini sangat mudah karena letaknya di Jalan raya Wonosobo-Parakan. basecamp Gunung Sindoro via Alang – Alang Sewu sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Semarang, atau Jakarta – Jogja, lanjut menggunakan bus bisa cari bus jurusan Wonosobo, turun “nggergondok” nanti dari tempat turun itu akan terlihat plang papan nama Basecamp Anggrunggondok atau Pajero Sindoro
 
Jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Surabaya – Wonosobo. turun “nggergondok” nanti dari tempat turun itu akan terlihat plang papan nama Basecamp Anggrunggondok atau Pajero Sindoro.
 
Pendakian Gunung Sindoro Via Alang - Alang Sewu
 
  • Basecamp – Pos 1
Perjalanan dari basecamp menuju pos satu melewati rumah penduduk dan ladang penduduk, estimasi waktu yang ditempuh 60 dengan jalan kaki dan 15 menit pakai ojek. Perjalanan mulai memasuki hutan yang ditandai dengan adanya gapura bertuliskan “Santune Laku Slamete Jiwa Raga” dan jalanan pun mulai dipenuhi banyak pohon dengan banyak tanjakan serta kondisi tanah padat tanpa kerikil sesampainya Pos satu suasana hutan yang masih asri dan sunyi. Pos satu mampu menampung sekitar 10 tenda
 
  • Pos 1 – Pos 2
Perjalanan menuju pos dua dengan rintangan yang sedikit sulit karena kondisi jalan yang berdebu serta menanjak namun masih banyak pohon dan alang alang di sepanjang jalan. Sebelum sampai di pos dua kita akan melewati simpang nggipitan, Simpang Nggopitan juga memiliki persimpangan jalan dimana ke arah utara merupakan jalan menuju puncak dan kearah timur laut adalah jalan sepanjang 100 meter menuju sumber air dengan panjang degan kondisi jalan setapak berdebu, naik turun dan begian kanan merupakan jurang.
 
Setelah melewati simpang nggopitan perjalanan menuju ke pos dua dimana jalaannya merupakan tanjakan dengan tangga kayu yang disusun kemudian dilanjutkan dengan tanah berdebu namun disepanjang jalan masih terdapat banyak pohon dan alang-alang. Estimasi waktu tempuh sekitar 45 menit – 60 menit. Jalur ini juga istimewa kala sore hari, serasa sudah berada di atas awan dengan spot arah selatan Gunung Sumbing.
 
  • Pos 2 – Pos 3
Perjalanan dari pos dua menuju pos tiga jalanan berdebu dengan tanah membentuk tangga yang menanjak dan dipenuhi oleh banyak pohon serta alang-alang. Setelah berjalan sekitar 20 menit pepohonan mulai hilang dan hanya alang-alang disepanjang jalanan yang menanjak cukup panjang
 
Tempat ini spot utama menikmati pemandangan di sini terlihat hamparan kota, selain itu terlihat juga tuju puncak gunung yg menjelang mempesona. Di Pos dua dan pos tiga mampu menampung lebih dari 30 tenda. Estimasi waktu tempuh 60 menit dan bisa lebih tergantung kondisi pendaki sendiri.
 
  • Pos 3 – Pos 4
Perjalanan dari pos tiga menuju pos empat cukup panjang dengan tanjakan yang terjal dan jalanan yang dipenuhi alang-alang serta sesekali terlihat pohon-pohon dan batu-batu besar yang memiliki bentuk yang unik. Meskipun jalanan terjal dan berdebu, tetapi pemandangan yang disajikan sangat indah karea langsung berhadapan dengan Gunung Sumbing. Perjalanan antar pos tiga sampai pos empat biasa ditempuh dengan 60 menit.
 
  • Pos 4 – Puncak
Perjalanan meenuju puncak cukup panjang dengan tanjakan yang terjal serta jalanan penuh alang-alang yang tinggi serta batu-batu besar yang berjejer, sebelum sampai puncak kita akan melewait Kazu Wazang, yaitu tempat penuh pohon dan alang alang yang mati serta tercium bau belerang yang tajam karena di sekitar situ terdapat titik-titik kawah. Jarak tempuh menuju kepuncak membutuhkan waktu 60 menit.
 
Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Sindoro
 
Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Kembang, Gunung Bismo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Ungaran.
 
Puncak Gunung Sindoro
 
Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak sindoro, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta
 
Tips Mendaki Gunung Sindoro Via Alang – Alang Sewu
 
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme
 
Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro
 
  • Basecamp – Pos 1 Lembah Kesunyian : 60 menit
  • Pos 1 – Pos 2 Lembah Katresnan: 60 menit
  • Pos 2 – Pos 3 Alang Alang Sewu : 60 menit
  • Pos 3 – Pos 4 : 60 menit
  • Pos 4 – Puncak : 60 menit
 
Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Sindoro via Alang - Alang Sewu. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

No comments:

Post a Comment