Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

 
Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.136 mdpl, Masyarakan biasanya menyebut gunung ini dengan sebutan Sindoro, Sundoro atau Sendoro. Gunung Sindoro adalah termasuk dalam jajaran gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe Strato. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung.


Gunung Sindoro ini berdampingan dengan Gunung Sumbing yang di pisahkan oleh jalan raya lintas kota, sehingga tidak dibutuhkan jarak yang jauh untuk mendaki kedua gunung tersebut. Gunung Sindoro terletak di dua kabupaten, yakni kabupaten Temanggung dan Wonosobo Jawa Tengah, Indonesia. jika sahabat ingin naik gunung sumbing bisa baca postingan Gunung Sumbing yang memiliki lima jalur pendakian resmi 

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Kledung

Bagi sahabat yang berdomisili jawa barat untuk menuju basecamp Gunung Sindoro via Kledung bisa menggunakan kereta dengan jurusan Jakarta – Purwokerto. Sesampainya setasiun Purwokerto sahabat bisa naik angkutan umum menuju terminal Bulupitu, dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Wonosobo, atau bisa juga menggunakan bus Jakarta – Wonosobo dan turun di terminal Mendolo. Sesampainya di terminal Mendolo sahabat melanjutkan perjalanan dengan bus jurusan magelang lalu turun di Dusun Kledung, Temanggung. Sesampainya Dusun Kledung kita berjalan kaki sebentar karena letak basecamp tidak terlalu jauh 

Nah Bagi sahabat dari Jawa timur bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo lalu turun di Dusun Kledung, Temanggung. Sesampainya Dusun Kledung kita berjalan kaki sebentar karena letak basecamp tidak terlalu jauh

Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

  • Basecamp – Pos 1
Perjalanan dari basecamp menuju pos satu terdapat dua pilihan untuk mencapai pos satu. Pertama berjalan kaki yang ke dua menggunakan jasa ojek. Apabila sahabat menggunakan ojek perjalanan sampai pos satu bisa ditempuh dengan waktu 15 menit jangan lupa jika sahabat menggunakan jasa ojek silahkan meminta pengojek untuk berhati-hati dikarenakan kondisi jalan cukup berbahaya

Bila sahabat ingin menikmati proses pendakian dari awal sampai akhir dengan berjalanan kaki perjalanan dari basecamp sampai pos satu bisa ditempuh dengan wktu 45 menit. Yang pasti sepanjang perjalanan disamping kanan dan kiri di domisili dengan perkebunan warga dengan jalan batu yang di tata sedemikian rupa.

  • Pos 1 – Pos 2
Sesampainya pos satu untuk melanjutkan perjalanan ke pos dua medan yang akan kita lalui bukan jalan berbatu, melainkan jalan setapak berupa tanah, sepanjang perjalanan menuju pos dua kita akan melihat rimbunya pepohonan. Perjalanan dari pos satu menuju pos dua membutuhkan waktu 60 menit.

  • Pos 2 – Pos 3
Perjalanan dari pos dua menuju pos tiga jalanan mulai menanjak dangan didominasi bebatuan. Selain itu kita akan mulai keluar dari batas hutan yang membuat pemandangan sekitar gunung Sindoro terlihat jelas.

Pos tiga merupakan dataran yang cukup luas, tempat ini sangat cocok untuk mendirikan tenda sebelum kita menuju ke puncak esok hari. Di pos ini juga sangat bagus untuk menikmatin pemandangan matahari terbit. Perjalanan pos dua menuju pos tiga membutuhkan waktu tempuh 120 menit.

  • Pos 3 – Pos 4
Perjalanan menuju Pos empat Area Batu Tatah Gunung Sindoro jauh lebih susah dari pendakian pos ke pos sebelumnya. Jalanan makin terjal dan bebatuan yang harus dilewati semakin luas. Namun di sepanjang perjalanan, bila kita memutuskan untuk summit attack pagi hari sekitar pukul empat pagi, pemandangan yang bisa kalian nikmati begitu indah. Sumbing di belakang seakan mengawasi dan menemani pendakianmu menuju Puncak Gunung Sindoro. Perjalanan pos tiga ke pos empat membutuhkan waktu 90 menit. 

  • Pos 4 – Puncak
Pos empat menurut saya bikin betah berlama – lama soalnya di pos empat ini dimana tempat yang paling bagus menikmati matahari terbit sembari menikmati pemandangan Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Namun, jangan terlalu lama berhenti di pos empat karena tempatnya begitu terbuka. Tak jauh dari Batu Tatah, jalur pendakian yang begitu miring harus terus dilewati. kita dipaksa untuk melewati Enam Tanjakan Penyesalan. Kalian pasti mengira bahwa puncak hanya tinggal beberapa langkah lagi, ternyata masih ada beberapa tanjakan yang begitu curam yang harus didaki sebelum mencapai puncak. Dari pos empat sampai puncak membutuhkan waktu 90 menit

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Sindoro

Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Kembang, Gunung Bismo, Gunung Sindoro, Gunung merapi, Gunung Lawu, Gunung Ungaran.

Puncak Gunung Sindoro

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak sindoro, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Sindoro Via Kledung

  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Persiapkan fisik sebelum hari pendakian tiba
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro

  • Basecamp – Pos 1 : 15 menit menggunakan Ojek / 45 menit jalan kaki
  • Pos 1 – Pos 2: 60 menit
  • Pos 2 – Pos 3 : 120 menit
  • Pos 3 – Pos 4 : 90 menit
  • Pos 4 – Puncak : 90 menit 

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

1 comment:

Note: only a member of this blog may post a comment.