Jalur Pendakian Gunung Merbabu dan Asal Usulnya

Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah dengan ketinggian puncak 3.142 mdpl, selain puncak Kenteng Songo paling tertinggi Gunung Merbabu di sampingnya juga ada Puncak Triangulasi dengan ketinggian 3169 dan Puncak Syarif dengan ketinggian 3119 mdpl. Gunung Merbabu kini bisa dibilang tengah beristirahat. Namun walau sudah lama tidak aktif, Gunung Merbabu sebenernya memiliki lima kawah ada kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo dan gunung merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi. Dari pada penasaran yuk sahabat baca selengkapnya.


Sebelum saya bercerita tentang lima jalur resmi Gunung Merbabu alangkah baiknya sahabat juga tau bagaimana asal mula gunung merbabu. Cerita dimulai Gunung Merbabu berada di perbatasan Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kota Salatiga. Nama Merbabu sendiri berasal dari kata “maharu = meru” (gunung) dan “abu” (abu) yang berarti gunung yang berwarna abu-abu karena pada saat meletus seluruh permukaan tanahnya tertutup oleh material abu vulkanik dan berwarna abu-abu.

Asal usul nama Merbabu, terdapat versi yang beredar di kalangan Keraton Mataram. Konon, di bumi telah berdiri beberapa kerajaan yang saling berperang. Salah satu kerajaan itu, yakni Mamenang, merupakan kerajaan pemenangnya. Kerajaan itu berada di bawah pimpinan Maharaja Kusumawicitra. Penasaran mau tau kelanjutan ceritanya? Yuk langsung baca selengkapnya kisah “Asal Mula Gunung Merbabu”.

Bagaimana sahabat seru kan kisah Asal Mula Gunung Merbabu, sekarang saya akan memberitahu lima jalur pendakian resmi Gunung Merbabu. 


Disini saya tidak meberikan estimasi biaya perjalanan karena estimasi biaya setiap waktu bisa berubah dan saya menganjurkan untuk tanya langsung ke petugas langsung dengan cara menghubungi petugas lewat postingan CP petugas silahkan klik di sini untuk mengetahui nomer telfon petugas gunung

No comments:

Post a Comment