Tips Melakukan Lintas Jalur Ketika Mendaki Gunung

 

Hai sahabat, pernah tidak sih kalian mendaki gunung melakukan lintas jalur? Kalo saya Pribadi memilih lintas jalur ketika gunung yang saya daki memiliki jalur pendakian lebih dari satu dan itu bisa dilewati, kenapa saya memilih lintas jalur karena saya ingin sekaligus ingin tau medan jalur yang lain. Nah berikut saya akan memberikan tips untuk sahabat sebelum melakukan pendakian lintas jalur.

  • Persiapkan Fisik dan Stamina.
Poin pertama sebelum sahabat melakukan pendakian lintas jalur, saya sangat menyarankan untuk melakukan latihan fisik. Karena kegiatan mendaki gunung membutuhkan kondisi fisik yang baik dan prima. Kita bisa melatih fisik dengan lari setiap pagi hari selama satu bulan sebelum pendakian di mulai. Selain itu mendaki dengan lintas jalur kita akan membawa barang yang kita bawa dari mendaki sampai turun, makanya di butuhkan fisik dan stamina yang ekstra

  • Kumpulkan Semua Informasi Jalur yang Akan Kita Lalui.
Poin kedua sahabat silahkan mencari informasi serinci mungkin tentang kondisi dan jalur di gunung yang hendak kita daki, cuaca terkini, status gunung terutama jika itu gunung berapu yang statusnya masih aktif, lokasi posko SAR. Semakin banyak informasi yang kita punya, maka persiapan pendakian lintas jalur akan lebih baik.

  • Persiapkan Alat Pendakian
Poin ketiga yang kita perlu persiapkan adalah alat pendakian itu sendiri. Perlengkapan yang perlu di bawa yaitu perlengkapan Pribadi seperti jaket, sepatu gunung, pakaian lapangan, pakaian tidur, tenda, kompas, peta, P3K, dll. Persiapkan alat pendakian seefektif dan seefisien mungkin sebelum melakukan pendakian karena kita harus membawa terus menerus dari naik sampai turun gunung.

  • Pastikan Logistik Dengan Cermat
Poin keempat ini sangat penting karena kita harus menghitung dengan cermat kebutuhan logistik kita saat melakukan perjalanan lintas gunung. Dengan memperhitungkan estimasi waktu dan medan gunung kita harus pintar menghitung berapa logistik yang harus kalian bawa.

  • Melakukan Konfirmasi Pihak Basecamp
Poin kelima ini kita harus konfirmasi ke pihak basecamp karena agar tidak terjadi kekhawatiran dari pihak basecamp yang ingin jadikan star melakukan pendakian awal pendakian karena menunggu rombongan kita yang tak kunjung datang karena kita melakukan lintas jalur. Dan agar pihak basecamp yang hendak menjadi tujuan kita turun nanti juga mendapat informasi dari pihak basecamp start mendaki.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.