Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pendaki

 
Pendakian Gunung adalah hobi yang menantang dan tentunya menyehatkan. Tetapi kadang banyak pendaki yang melakukan kesalahan yang cukup merugikan dan akan membuat kesulitan selama pendakian. Hal ini sering terjadi terutama oleh para pendaki pemula yang belum mempelajari bagaimana atau apa saja yan perlu disiapkan ketika mendaki gunung. Nah disini saya akan memberitahu apa saja kesalahan yang sering di lakukan pendaki, jadi sahabat jangan sampai pernah melakukan kesalahan yang saya jelaskan berikut ini ya.


  • Memakai Tas Biasa
Sebenarnya memakai tas biasa itu tidak apa – apa, tetapi ketika sahabat memakai tas biasa dan membawa beban berat, yang sering terjadi rusaknya tas tersebut. Kebanyakan tas biasa itu tidak kuat pada jahitan, karena tas biasa tidak di desain khusus untuk membawa beban berat sehingga mudah rusak. Tas biasa sebaiknya untuk membawa beban yang ringan, dan untuk barang – barang berat sebaiknya dibawa memakai tas gunung yang biasa disebut tas carrier.

  • Alas Kaki
Nah yang satu ini perlu di ingat ya sahabat, banyak saya melihat para pendaki sekarang menggunakan sepatu casual bahkan ada yang memakai sepatu futsal. Ini akan berbahaya karena sepatu seperti itu didesain tidak untuk pendakian. Jika kita menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan pendakian itu pastinya sangat licin terutama pada jalan tanah yang becek dan berbatuan itu sangat membahayakan.

Saya sarankan sahabat menggunakan sepatu gunung karena sepatu ini sudah didesain sedemikian rupa supaya cocok dimedan pendakian. Kadang juga saya melihat ada yang memakai sandal jepit biasa yang jangan di pakai saat perjalanan ya sahabat, sandal jepit di pakai ketika sudah di tempat camp aja, jangan di pakai saat perjalan itu sangan membahayakan diri sendiri.

  • Packing
Ini kesalahan yang paling sering terjadi dilakukan oleh para pendaki pemula. Biasanya mereka melakukan packing seperti meletakan barang berat berada di paling bawah ransel atau tas carrier. Yang seharusnya barang – barang ringan yang ada dibagian bawah seperti baju, sleeping bag dll. Kemudian barang berat seperti persediaan air diletakkan diatas atau di bagian tengah agak keatas carrier. Jika sahabat asal memasukan barang – barang tanpa tau triknya, akan semakit berat dalam membawa beban pendakian.

Jika sahabat ingin tau tips silahkan cek di Tips Packing Carrier Saat Mendaki Gunung Dan Traveling

  • Menu Makan
Seperti yang sahabat ketahui kalo menu makan sangatlah penting ketika kita mendaki, tapi banyak pendaki sekarang yang menjadikan mie instan sebagai menu utama. Alangkah baiknya sahabat jika mendaki makanlah makanan seperti kentang atau roti supaya stamina akan kembali.

  • Minum Air
Ketika mendaki kita sangat kehausan pastinya di karenakan perjalanan yang panjang atu terkena terik panas matahari. Biasanya saat istirahat sahabat akan meminum air sebanyak – banyaknya untuk melepas dahaga, jika kita berhenti sebentar jangan meminum air sepuas – puasnya sebaiknya sahabat meminum air putih secukupnya jika berlebihan mengakibatkan kram perut.

  • Makanan Pedas
Ketika sudah sampai dan mendirikan camp itu adalah sesuatu yang menyenangkan karena kita dapat makan, minum dan beristirahat. Hal yang biasanya kita lakukan setelah mendirikan tenda di malam hari yakni membuat makanan. Nah jangan kalian membuat makanan yang terlalu pedas karena memakan makanan pedas akan membuat perut kita mulas dipagi hari, tentu saja hal ini membuat kita tidak nyaman. Maka sebaiknya jangan memakan makanan pedas ketika dalam pendakian.

  • Celana Jeans
Nah ini banyak pendaki selalu memakai kelana jeans ketika mendaki gunung. Saya pribadi tidak merekomendasikan ketika mendaki gunung menggunakan celana jeans karena celana jeans yang basah akan membuat kemungkinan hipotermia semakin besar. Pasalnya, celana jeans akan lama kering sehingga saat hujan dan basah, pendaki akan lebih mudah kedinginan.

Selain itu celana jeans yang dikenakan ketika mendaki gunung juga tidak dapat digunakan untuk menghangatkan bagian kaki, karena pori-pori bahan yang ada pada jeans ukurannya cukup besar tidak seperti celana gunung yang berbahan parasut. Sehingga, para celana jeans udara dingin atau angin akan mudah masuk melewati celah pori-pori yang besar tadi.

Jadi sahabat alangkah baiknya ketika mendaki pilihlah celana panjang yang bahannya tipis, mudah kering dan breathable. Celana yang bahannya tipis akan memudahkan langkah, melindungi kaki dari duri dedaunan, gigitan lintah dan udara dingin.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.