Tips Mencuci dan Merawat Jaket Gunung

 
Halo Sahabat kali ini saya akan membagikan tips cara mencuci jaket gunung yang benar. karena jaket gunung merupakan peralatan wajib bagi pendaki gunung. Jaket gunung memberikan kehangatan terhadap lembab dan dinginnya udara di ketinggian. Jaket gunung di pasaran bisanya mempunyai ketahanan terdahap air dan angin atau lebih dikenal dengan sebutan waterproof dan windproof. nah yuk langsung simak jangan sampai salah mencuci kare kalo salah mencuci bisa merusak jaket gunung dari fungsinya.


Perlu diketahui nih sahabat mencuci jaket gunung tak dapat dilakukan sembarangan loh, apalagi dengan membawanya ke loundry. Memang jaket gunung bisa menjadi bersih tapi waterproof dan windproofnya akan hilang karena kesalahan mencuci. disini saya akan membagikan tips cara mencuci jaket gunung yang benar.

  • Baca Label Pada Jaket
Kebiasaan yang paling sering dilakukan pasti adalah malas membaca petunjuk. Agar jaket sahabat tidak rusak pertama cek terlebih dahulu apa saja yang boleh dilakukan dan tidak. Label pada jaket biasanya terletak di pinggang jaket atau di leher.

Banyak yang tak memperhatikan bagian label padahal bagian tersebut menjelaskan bagaimana cara mencuci dan merawatnya. Jaket gunung dibuat dengan nama bahan yang berbeda sehingga berbeda juga cara mencuci serta merawatnya. seperti The North Face yang mempunyai nama hyvent atau pabrikan Gore-tex yang sudah sangat terkenal. Tapi umumnya petunjuk pencucian jaket gunung hampir sama tak boleh menggunakan detergen.

  • Cek Kantong Jaket dan Hoodie
Sebelum mencucinya cek terlebih dahulu kantong jaket. Kadang setelah mendaki gunung ada saja barang yang tertinggal seperti permen, benda tajam, dan bahkan uang. Tentu tak mau kan uang sahabat juga ikut tercuci?

Permen karet sering kali merusak jaket, terutama pada saat proses pencucian. Selanjutnya buka hoodie jaket agar ikut tercuci sehingga ketika ketika pengeringan tak ada air yang tersisa pada bagian hoodie.

  • Kendurkan Tali Elastis
Tali elastis yang biasanya terdapat pada pinggang, lengan dan leher sebaiknya dikendurkan terlebih dahulu untuk menghindari adanya bagian yang terlipat saat pencucuian.

  • Peroses Mencuci
Rendamlah jaket terlebih dahulu. Rendam jaket menggunakan air biasa atau air hangat sekitar lima menit, ingat air hangat bukan air panas ya sahabat dan jangan terlalu lama karena dapat merusak bahan jaket. Setelah direndam bersihkan noda-noda yang ada pada jaket dengan menggunakan sikat gigi secara pelan. Pada beberapa jaket memang boleh menggunakan mesin cuci tapi sebaiknya dihindari.

Berhati-hati juga ketika membersihkan bagian jahitan karena terdapat lapisan seal yang membuat jaket tahan terhadap air dan angin pada bagian tersebut. Kotoran yang menempel pada jaket gunung biasanya adalah debu, tanah, tumpahan kopi, dan teh yang sebenarnya sudah cukup hanya menggunakan air tapi banyak orang yang merasa tidak bersih jika tak menggunakan sabun

Nah jika sahabat tetap ingin menggunakan sabun karena rasanya tak afdol maka gunakanlah sabun yang tak mengandung pH. Sabun non pH biasanya banyak ditemukan di supermarket besar dengan harga bervariasi tapi, masih cukup terjangkau. Jika kesulitan mendapatkannya kamu bisa menggunakan sabun bayi yang tak mengandung pH.

Jangan sekali kali menggunakan detergen, sabun colek, dan sabun mandi jika tak ingin jaket sahabat kehilangan kemampuan waterproof dan windproofnya.Oiya lapisan pada bahan jaket gunung sangatlah sensitif terhadap bahan kimia. 

  • Hindari Memeras Jaket
Setelah jaket selesai dicuci dengan air, selanjutnya adalah mengurangi kadar air pada jaket tersebut. Caranya adalah dengan menekan-nekan dari atas ke bawah agar air cepat keluar. Hindari memeras jaket gunung dengan cara dipelintir karena bisa membuat lapisan jaket gunung terpelintitr dan bisa terbuka.

  • Proses Pengeringan
Kemudian jemur jaket di tempat yang tak terkena sinar matahari langsung atau cukup diangin - anginkan saja. Menjemur pada sinar matahari langsung juga dapat membuat seal pada jahitan jaket terkelupas.

Setelah jaket kering liat label jaket apakah boleh disetrika atau tidak. Sebaiknya tidak disetrika tapi jika logo memperbolehkan disetrika dan tetap ingin melakukannya lapisi terlebih dahulu dengan kaos atau bahan sehingga tak terkena langsung pada jaket.

  • Cara Penyimpanan
Simpanlah jaket dengan cara dingantung agar tidak menimbulkan lipatan yang dapat merusak bahan jaket. Gunakanlah anti jamur untuk penyimpanan karena suhu di Indonesia yang cukup lembab membuat jamur mudah berkembang biak. 

Jangan menyemprotkan parfum pada jaket gunung karena bahan kimia pada parfum dapat merusak bahan jaket. Jika setelah penggunaan beberapa lama kemudian daya waterproof dan windproof jaket dirasa mengurang sahabat dapat menyemprotkan spray waterproof seperti talas yang banyak terdapat jual beli online.

Hal-Hal yang Harus Dihindari

Jaket gunung memang harus diperlakukan spesial agar sahabat mendapatkan kenyamanan saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Oleh karena itu, hindarilah hal berikut ini:
  • Jangan menyetrika jaket gunung, karena bisa merusak lapisan jaket gunung tersebut.
  • Jangan menyemportkan parfum, biarlah jaket gunung menyimpang aroma tanah dan rumput.
  • Jangan menyimpan benda tajam dalam kantung jaket gunung.
  • Kurangi gesekan pada jaket gunung ketika membawa carrier dengan cara menjaga tingkat kekecangan carrier mencengkram tubuh sahabat.
  • Jika memang tidak perlu, jangan gunakan jaket gunung saat matahari terik. Selain sahabat akan merasa gerah, juga lapisan tenda gunung akan terpapar terik matahari dalam waktu yang lama.
Nah diatas merupakan bagaimana cara mencuci jaket gunung yang benar dan hal - hal yang harus dihindari agar jaket gunung sahabat tidak rusak. Semoga jaket gunung sahabat awet dan tidak rusak karena kesalah pada proses mencuci.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.