Manfaat Dari Kegiatan Mendaki Gunung

 
Hai sahabat pasti kalian yang nyasar di artiker ini pasti rindu dengan pendakian, ya kan? Adanya covid-19 menyebabkan banyak tempat wisata yang tutup dan banyak daerah yang menerapkan PSBB ( Pembatasan Sosial Bersekala Besar ) yang menyebabkan transportasi terbatas dan juga banyak basecamp gunung juga menutup buat para pendaki, sampai saat ini banyak sekali orang yang jatuh cinta dengan dunia pendakian. Meskipun banyak kalian mengaku merasa capek, letih, kaki bengkak, hingga kedinginan saat mendaki gunung, namun dari sekian penderitaan yang telah dialami oleh para pendaki gunung. Dari sekian penderitaan yang telah dialami oleh para pendaki gunung, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan tubuh saat mendaki loh.


Manfaat Mendaki Gunung

  • Mengenal Diri Sendiri
Saat mendaki gunung, kita akan banyak bertemu dengan hal baru. Pada tahap ini, kita mulai dapat mengenali karakter diri kita sendiri. Tentang apa yang kita suka dan apa yang kita takutkan. Terlebih lagi jika kita melakukan Solo Traveling, kitalah satu-satunya orang yang memutuskan segala sesuatunya di perjalanan, sehingga kadang alam akan intens membuat kita berdialog dengan diri sendiri.

  • Membentuk Mental dan Pikiran
Mendaki gunung juga sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter, mental dan pikiran yang kuat serta tegas. Dalam mendaki dibutuhkan keahlian dalam hal pengelolaan insting, manajemen pendakian, dan juga pengelolaan emosi yang baik. Dengan seringnya melakukan kegiatan mendaki, maka pengelolaan insting dan emosi akan terasah dengan baik, dan akan berpengaruh pada mental dan pikiran yang sehat serta kuat.

  • Menyehatkan Tubuh
Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang melibatkan semua indra dan seluruh anggota tubuh kita. Pada dasarnya, pendakian yang dilakukan dengan teratur akan menjaga kesehatan tubuh. Bahkan menurut banyak penilitian menyebutkan mendaki gunung dapat membuat Jantung dan paru-paru semakin kuat, membuat tulang kuat dan terhindar dari osteoporosis, terhindar dari resiko diabetes, dan penyakit-penyakit lainnya.

Dalam pendakian kita akan dihadapkan pada alam dan cuaca yang berubah-ubah, juga keadaan serba apa adanya yang secara nggak langsung membuat mentalmu lebih kuat. Kita juga dihadapkan dengan berbagai karakter yang akan tampak asli saat di gunung dalam keadaan serba jauh dari apapun, emosimu pun ikut pula diuji.

  • Membuka Wawasan Dengan Dunia Luar
Dengan melakukan perjalanan ke tempat baru, sudah pasti kita akan menemui hal-hal yang baru. dengan keluar dari zona nyaman tentu akan menambah wawasan yang kita miliki. Akan lebih membanggakan rasanya menikmati dan merasakan langsung hal yang selama ini hanya bisa kita lihat di internet

Di era digital seperti saat ini memang betul bahwa informasi akan dengan mudah kita dapatkan. Tapi mengetahui informasi dari internet saja nggak cukup, sebab ada satu hal yang tak nggak internet berikan, yaitu rasa, kenangan dan pengalaman. Merasakan dan menjelajahi sendiri apa yang ada di luar sana, merasakan secara langsung apa yang ada di depan mata kepala.

  • Manajemen Keuangan
Traveling memang membutuhkan biaya. Pada umumnya, kita akan mengatur sendiri bagaimana alur keuangan kita saat di perjalanan nanti. Menyisihkan sebagian gaji untuk perjalanan juga termasuk contoh dari manajemen keuangan. Melalui hal-hal seperti ini, kita justru bisa belajar agar lebih bijak dalam mengatur keuangan

  • Kemampuan Beradaptasi
Saat berada di tempat yang asing, mau nggak mau kita akan melakukan adaptasi dengan lingkungan. Pada awalnya mungkin kita akan kaget karena nggak terbiasa, namun seiring berjalannya waktu kita akan mulai untuk menyesuaikan diri pada lingkungan. Beradaptasi dengan lingkungan sekitar adalah suatu keharusan yang harus semakin diasah.

  • Menambah Pengetahuan
Dengan mendaki, kita akan belajar mengenal alam dan navigasi darat. Melalui tanda-tanda alam yang muncul seperti, arah angin, arah matahari, jejak binatang, dan masih banyak yang lain. Dengan ini, maka ilmu pengetahuan yang kita miliki akan semakin bertambah dan dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Belajar Hidup Mandiri
Dengan mendaki, itu berarti kita hanya akan mengandalkan, perlengkapan, perbekalan, insting dan juga kondisi alam sekitar kita untuk bertahan hidup, terutama ketika mendaki daerah-daerah yang cukup ekstrim. Jadi, manfaat mendaki gunung dapat mengajarkan kita untuk belajar hidup mandiri dan bertahan hidup dengan segala keterbatasan

  • Menambah Teman
Biasanya kegiatan mendaki dilakukan sendirian, atau dalam team atau rombongan. Bahkan saat melakukan solo traveling pun kita akan bertemu dengan pendaki lain ketika sedang beristirahat. Hal ini lah yang akan membantu dalam menambah relasi, interaksi, dengan orang baru ketika mendaki.

  • Mengurangi Stress
Pemandangan hijau yang ada pada dedaunan mampu menjaga kesehatan mata, menghilangkan stres dan membuat fikiran menjadi tenang. Mengapa?. Karena dedaunan berwarna hijau banyak mengandung klorofil dan aroma sehat sehingga mampu membuat saraf kita menjadi tenang, sekaligus menyehatkan indra penglihatan

  • Relaksasi dan Hiburan
Dengan mendaki gunung kita juga dapat memanfaatkan kegiatan mendaki sebagai salah satu media dalam mencari relaksasi dan hiburan. Bagi kita yang sudah penat dengan kehidupan di kota yang memberi banyak tekanan, maka kita dapat mendapatkan relaksasi dan hiburan melalui kegiatan mendaki

  • Rasa Syukur Lepada Sang Pencipta
Dengan mendaki kita bisa mensyukuri hal ini, kelak kita akan lebih menghargai kehidupan di tengah-tengah rutinitas kita. Dengan melakukan pendakian, artinya kita juga sedang menikmati Mahakarya Tuhan di bumi ini. Keindahan alam, keberagaman, rasa senang, dan sebagainya akan timbul dari dalam diri. Mengambil manfaat dari sebuah perjalanan ternyata mampu membaut kita semakin dekat dengan Pencipta.

No comments:

Post a Comment