Tips Memotret Dengan Smartphone


Halo sahabat mengabadikan sebuah momen saat mengunjungi suatu destinasi nggak harus lewat kamera DSLR atau kamera mirrorless yang lumayan berat jika dibawa, di era saat ini kecanggihan teknologi kamera smartphone dirasa cukup mumpuni untuk menangkap view indah yang akan kita dokumentasikan. Nah disini saya akan membagikan tips mengabadikan sebuah objek dengan kamera smartphone.


Smartphone di era sekarang terhitung sangat bagus kualitas kameranya untuk mengabadikan pemandangan dan mendapatkan hasil gambar yang bagus, Nah berikut ini saya akan membagikan tips-tips :

  • Pahami bahwa cahaya adalah hal utama. Sehingga saat memotret, cahaya yang cukup sangat berpengaruh untuk hasil jepretanmu. Pastikan kondisi kita saat memotret memiliki pencahayaan yang cukup. Hal ini menjadi nomor 1 karena keterbatasan sensor kamera handphone yang ukurannya lebih kecil dari DSLR, Karena ukuran sensornya yang kecil, otomatis kemampuan menangkap cahayanya juga lebih sedikit. Jadi kita harus mengakalinya dengan memotret di tempat yang cukup terang dan cahaya yang ideal.
  • Pilih objek foto yang menarik dan indah. Perbanyak melihat referensi atau hasil karya fotografer lain, sering-sering melihat timeline IG mereka lalu pelajari objek yang biasa mereka potret. Jika tertarik memotret sunset atau sunrise, jadikan itu objek utama kita. Tertarik memotret gunung atau landscape? Temukan hal atau view paling menarik yang bisa kita potret.
  • Usahakan juga agar objeknya diam, sehingga fokus foto akan bagus. Salah satu kelebihan utama kamera DSLR atau mirrorless dalam memotret adalah kemampuan menagkap objek dengan kecepatan tinggi. Berbeda dengan kamera smartphone yang agak kurang mampu memotret benda bergerak dengan baik. So, dalam pemilihan objek yang ingin kita potret usahakan objeknya diam ya.
  • Latih tanganmu memegang handphone dengan stabil, agar jepretanmu tidak blur. Dengan tangan yang stabil tentu akan mendukung hasil jepretanmu lebih sempurna dan tidak kabur.
  • Mendekatlah ke objek yang dipotret. Ada banyak kelebihan yang bisa kita dapat jika mau mendekat ke objek yang dipotret. Pertama adalah efek bokeh pada backgroundnya. Jangan menggunakan zoom kamera yang hasilnya akan buruk dan mengurangi resolusi gambar.
  • Pilih aplikasi kamera bawaan handphone atau smartphone, agar resolusi foto tetap terjaga. Memotret dengan aplikasi pihak ketiga biasanya akan memangkas kualitas foto karena sudah ditambah beragam efek dan filter yang tersedia. Pengecualian jika kita memilih menggunakan aplikasi khusus fotografi semacam Camera FV-5. Aplikasi semacam ini justru disarankan karena mengoptimalkan kamera smartphone dengan menambah fitur semacam pengaturan ISO atau aperture.
  • Saat memotret tahan sedikit sampai kamera selesai menyimpan fotonya. Saat kita menekan layar, kamera tak langsung memotret plus terkadang waktu shutter yang dipilih cukup lambat sehingga bergoyang sedikit hasilnya pasti blur.
  • Angle is everything, sudut pemotretan itu sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Demikian juga saat memotret dengan kamera handphone. Perhatikan angle yang kita pilih, setidaknya kita sudah bisa membayangkan hasil fotonya nanti seperti apa.
  • Pelajari komposisi foto kita, kecocokan objek, background, warna, dan aspek photography lainnya. Untuk mempermudah kita, saat kita akan memotret pikirkan kembali apakah objek dan latar serta benda-benda dalam frame sudah tampak cocok? Apakah masih ada cara agar tampak lebih baik lagi? Entah ada objek yang digeser atau kita yang bergeser, atau membersihkan tempat dari sampah yang terlihat. Hal-hal sederhana semacam itu cukup berpengaruh nantinya.
  • Kamera smartphone telah disematkan teknologi yang cukup fantastis dalam pengambilan foto dengan kondisi minim cahaya, jadi kita tidak selalu membutuhkan flash dalam situasi ini. Penggunaan flash yang tidak tepat terkadang malah bisa merusak hasil foto karena terbentuknya bayangan atau kecerahan foto yang tidak merata. Jadi saran saya, cobalah bereksperimen dulu, gunakan Mode Malam, jepret foto dengan flash dan tanpa flash, lihat manakah hasil yang terbaik meski terkadang penggunaan flash adalah satu-satunya pilihan. Tapi sekali lagi, tak ada salahnya untuk bereksperimen, tak jarang foto dengan nuansa gelap dan moody malah jauh lebih menarik dibanding foto terang benderang terkena cahaya flash.
  • Bersihkan lensa smartphonemu dari minyak, kotoran dan debu. Biasakan untuk membersihkan lensa sebelum memotret, gunakan kain halus semacam pembersih kacamata untuk membersihkan dari kotoran atau sidik jari yang menempel. Sehingga gambarmu akan fokus dan sempurna.
  • Gunakan tripod jika dirasa perlu. Ini bukan hal yang terlalu mendesak sih. Hanya jika kita memotret di kondisi yang kurang cahaya atau pengen membuat foto slow speed light trail dengan smartphone. Meski begitu untuk bisa menghasilkan foto seperti itu kita butuh aplikasi khusus yang bisa memberikan pengguna kemampuan mengatur segitiga fotografi, terutama memilih shutter speed. Itupun tak bisa dipakai di semua jenis smartphone, hanya di beberapa tipe dan merk saja. Oh ya, agar supaya smartphonemu bisa ditaruh di tripod kita butuh holder khusus yang bisa disambung ke mount tripod. Holder semacam ini banyak kok dijual secara online.
  • Gunakan mode HDR di situasi yang kontras cahaya. Secara umum fitur HDR kita bisa gunakan saat memotret dalam kondisi dengan kontras yang tinggi. Misalnya memotret di siang terik tapi objeknya di bagian yang gelap entah karena dinaungi pepohonan atau di dalam pondok.
  • Buat fotomu bercerita. Salah satu trik supaya fotomu tampak menarik dan berkesan adalah membuat foto bercerita. Maksudnya adalah setiap orang yang melihat foto yang kita potret itu, bisa mengerti makna dibalik pembuatan foto tersebut.
  • Gunakan lensa tambahan, seperti lensa wide, fish eye, untuk smartphone agar hasil fotomu nggak monoton. Saat ini sudah banyak beredar lensa tambahan khusus smartphone yang memberikan efek tersendiri bagi hasil foto.
  • Edit foto kita dengan maksimal agar terlihat lebih indah, berkarakter dan punya daya tarik. Beberapa aplikasi foto yang cukup terkenal dan powerful untuk ini adalah Photoshop mobile, VSCO, Snapseed, Picsart, Lightroom dan semacamnya.Nah itu tadi tips-tips yang bisa kita coba saat akan mengabadikan view, momen, dengan Handphone / smartphone.
Gimana sahabat mudah bukan, untuk lihat hasil foto saya dengan menggunakan kamera smartphone sahabat bisa dilihat di gallry saya disini dan sahabat bisa pantau juga hasil foto-foto saya di Instagram saya disini.

No comments:

Post a Comment