Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan

Gunung Prau merupakan gunung berketinggian 2565 mdpl, yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau berada diantara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Sesuai namanya, Dataran Tinggi Dieng memilki cukup banyak gunung dan bukit yang menjulang berdampingan dengan Gunung Prau. Dinamakan Prau – atau Perahu dalam Bahasa Indonesia, yaitu dikarenakan gunung ini berbentuk mirip seperti perahu, dengan gunung-gunung kecil lain yang menyerupai ombak. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Dieng Wetan

Bagi sahabat yang berdomisili jawa barat untuk menuju basecamp Gunung Prau via Dieng Wetan bisa menggunakan kereta dengan jurusan Jakarta – Purwokerto. Sesampainya setasiun Purwokerto sahabat bisa naik angkutan umum menuju terminal Wonosobo, dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan mini bus jurusan Dieng, atau bisa juga menggunakan bus Jakarta – Wonosobo dan dilanjut naik mini bus jurusan Dieng. Setelah naik minibus jurusan objek wisata dieng plateu, kemudian kita turun di depan papan basecamp jalur pendakian via Dieng Wetan

Nah Bagi sahabat dari Jawa timur bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan mini bus jurusan Dieng. Setelah naik minibus jurusan objek wisata dieng plateu, kemudian kita turun di depan papan basecamp jalur pendakian via Dieng Wetan

Pendakian Gunung Prau Via Dieng Wetan
  • Basecamp – Pos 1 Pos Gemekan
Perjalanan dari basecamp menuju pos satu, dapat ditempuh 30 menit dengan berjalan santai. Kondisi jalurnya adalah berbatu dan landai, sehingga bisa dilalui dengan berjalan santai. Pemandangan selama melewati jalur ini adalah ladang sayuran milik penduduk. Jika cuaca sedang cerah, kita dapat berfoto dengan latar belakang Gunung Prau dari sisi Barat. Lokasi pos satu berada di perbatasan antara hutan dengan ladang penduduk.

• Pos 1 – Pos 2 Pos Semendung
Perjalanan dari Pos satu kita akan melewati jalur tanah, setelah berjalan sekitar 15 menit kita akan menemukan pertigaan. Kita bisa mengambil arah ke kanan dan sedikit menanjak. Jika kita mengambil jalan lurus yang landai kita akan menuju ke arah ladang Carica milik penduduk yang juga digunakan untuk mencari hasil hutan penduduk sekitar Gunung Prau. Setelah berjalan selama kurang lebih 60 menit, kita akan tiba di Pos dua. Lokasi Pos dua merupakan perbatasan antara Kabupaten Batang dan Wonosobo. Pos dua, juga merupakan percabangan jalur dari arah Basecamp Dwarawati. Lokasi Pos dua sangat teduh dan cukup lapang untuk sekedar beristirahat.

• Pos 2 – Pos 3 Pos Nganjir
Perjalanan dari Pos dua kita akan melewati jalur tanah, serta hutan Pinus. Hutan Pinus yang cukup tinggi membuat suasana sejuk dan teduh menjadi bonus tersendiri. Jika kita berjalan santai, perjalanan menuju Pos 3 membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 45 menit. Lokasi Pos tiga bisa dengan mudah ditemukan di tengah hutan pinus ini karena disekitarnya sedikit lebih lapang.

• Pos 3 - Persimpangan Pemancar
Perjalanan dari Pos tiga jalanan mulai agak terjal dan sempit. Di beberapa bagian, jalan menjadi lebih terjal dengan kemiringan hingga 50 derajat. Hati-hati saat melewatinya. Jika berkelompok, usahakan saling mengawasi, jika kita melewati puncak pemancar. Namun dari pihak pengelola basecamp sudah membuatkan jalur memotong bukit, sehingga kita dapat menghemat waktu untuk melewatinya. Perjalanan melewati bukit, cukup mendebarkan karena sedikit saja kita kurang waspada, maka kita akan celaka. Pihak pengelola memberi tanda dilarang melintas menuju, Puncak Pemancar, sehingga kita sebenarnya diuntungkan dari hal tersebut.

• Persimpangan Pemancar – Puncar
Setelah dari pos tiga menuju puncak kita akan melewati kanan kiri adalah jurang jadi perlu diperhatikan setiap langka, disini kita melewati puncak gunung prau 2.590 mdpl Di area puncak ini saya tidak merekomendasikan untuk mendirikan tenda ya sahabat. Karena selain sangat terbuka dari terpaan angin dengan suhu yang dingin, juga punya potensi bahaya saat cuaca sedang tidak bersahabat misalnya pada saat terjadinya petir dan turun hujan.. Perjalanan dari pos tiga menuju Puncak membutuhkan waktu 30 menit.

• Pucak – Bukit Teletubis
Dari puncak tertinggi gunung prau camp yang saya rekomendasikan kita harus turun dari puncak pemandangan menuju sunrise camp akan melewati sabana kurang lebih 1km. perjalanan dari puncak ke sunrise camp membutuhkan waktu 25 menit.

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Prau

Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi Gunung Merbabu, Gunung Lawu.

Puncak Gunung Prau

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Prau, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Prau Via Dieng Wetan
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Persiapkan fisik sebelum hari pendakian tiba
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Prau
  • Basecamp – Pos 1 Gemekan : 30 menit
  • Pos 1 – Pos 2 Semendung : 15 menit
  • Pos 2 – Pos 3 Nganjir: 45 menit
  • Pos 3 – Persimpangan Pemancar: 45 menit
  • Persimpangan Pemancar – Puncak : 30 menit
  • Puncak – Bukit Teletubis : 25 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan