Misteri dan Mitos Gunung Merbabu

 
Hampir sebagian besar gunung diyakini sebagai tempat mistis dan menjadi lokasi beragam kejadian gaib dan misterius. Tidak terkecuali, Gunung Merbabu. Gunung Merbabu adalah salah satu gunung di Jawa yang dikeramatkan. Gunung Merbabu di Jawa Tengah ini memiliki cerita-cerita angker yang kerap membuat para pendaki ketakutan. Nah, sabat kali ini saya akan bercerita tentang misteri dan mitos di gunung ini, yuk langsung simak ceritanya


  • Macan Merbabu
Bukannya macan yang sebenarnya, macan gaib konon juga ada di Merbabu. Hantu macan loreng diceritakan suka mengganggu dengan aumannya yang tidak berwujud. Masyarakan sekitar Gunung Merbabu percaya, gunung ini sudah tidak memiliki macan. Namun banyak pendaki yang percaya dan bahkan mendengarnya sendiri bahwa ada suara auman macan, tapi tidak Nampak wujud aslinya. Bahkan kabar kematian seorang wanita di gunung tersebut oleh gigitan makhluk buas pada 2008 menjadi kontroversial karena masyarakat yakin sudah tidak ada lagi macan di Merbabu.

  • Watu Gubug
Keangkeran Watu Gubug sudah familiar di mata pendaki, yang pernah atau biasa melalui jalur Thakelan. Batu tertumpuk menyerupai gua kecil di jalur tersebut konon menjadi pintu masuk kerajaan gaib di Gunung Merbabu. Tempat yang katanya sering didatangi untuk ritual, sering dijadikan pendaki untuk berteduh.

  • Setan Minta Gendong
Konon, di Pasar Setan yang dikenal sebagai Pasar Dieng Gunung Merbabu, sering ada setan yang minta gendong kepada pendaki. Makhluk halus tersebut akan duduk di atas tas pendaki dan tanpa disadari pendaki mengarahkan mereka ke puncak gunung. Biasanya setan minta gendong memilih pendaki yang suka mengeluh dan muncul dengan mengeluarkan aroma wewangian yang menyengat.

  • Makhluk Tinggi Besar
Makhluk gaib yang memiliki nama lain Genderwo ini, menurut mitos kerap beredar di antara para penduduk dan pendaki di Gunung Di Merbabu saat malam hari. Makhluk ini perlu menjadi peringatan bagi para pendaki agar selalu menghormati gunung dengan menjaga perilaku dan lingkungan sekitar.

  • Kerajaan di Puncak Gunung
Kerajaan gaib ini adalah yang paling banyak dipercayai masyarakat. Konon, ketika Dinasti Mataram berkuasa, Gunung Merbabu digunakan sebagai pusat pemerintahan, tepatnya di Puncak Kenteng Songo. Bersamaan dengan itu, kerajaan gaib juga ada di tempat tersebut.

Kerajaan gaib itu masih memiliki sarana dan prasarana seperti alun-alun, pintu gerbang, jalan, pasar dan lainnya. Alun-alun kerajaan gaib Gunung Merbabu konon terdapat di Pos IV Lempong Sampan. Lalu ada dua pasukan prajurit yang masing-masing berseragam merah dan hijau.

Mitosnya siapa pun yang menyerupai warna seragam pasukan merah akan diusir, sebaliknya akan diterima oleh pasukan seragam warna hujau. Karenanya, pendaki disarankan tidak memakai pakaian warna merah atau hijau saat mendaki Merbabu untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Itulah sejumlah cerita misteri dan mitos yang berada di gunung merbabu yang masih sering terdengar ceritanya di kalangan pendaki. Percaya tidak percaya semua kembali pada diri masing – masing.

No comments:

Post a Comment