Tips Mengatasi Gigitan Lintah Saat Mendaki Gunung

 

 

Halo sahabat kali ini saya akan berbagi tips cara melepaskan gigitan lintah saat mendaki gunung. Melakukan perjalanan di gunung itu ujiannya bukan cuma lelah fisik dan cuaca yang sulit diprediksi. Karena posisi kita di tengah hutan, pasti kita akan ketemu salah satu hewan yang menggangu yakni pacet atau lintah. Nah, bagaimana cara mengatasinya yuk langsung simak.

 

Hewan penghisap darah ini sering banget ditemukan di pegunungan yang hutannya masih lebat. Pada dasarnya hewan ini tidak terlalu berbahaya. Cuma kalau sudah digigit atau dihisap lintah bisa bikin gatal.

 

Yang herannya, kalau digigit dan dihisap darahnya oleh lintah, korban seringkali tidak merasakan apapun. Jadi katanya, hal itu disebabkan karena pacet atau lintah ini saat menempel atau menggigit mengeluarkan zat kimia anestesi yang menyebabkan si korban nggak merasa sakit.

 

Dan, yang harus kita tahu, kalau sudah kegigit lintah jangan pernah melepasnya dengan cara menarik paksa hewan penghisap ini. Karena kulit yang digigit bisa sobek. Buat melepaskan gigitan lintah banyak cara yang bisa dilakukan.

 

  • Air Garam

Hal yang paling mudah untuk dilakukan yakni menyiramkan mulut lintah dengan air garam. Air garam bikin hewan penghisap ini membuka gigitannya, karena lintah peka sama air garam. Supaya nggak terulang digigit lintah lagi, kita bisa mengoleskan air garam tadi ke bagian kaki atau tangan. Pokoknya daerah tubuh yang rawan digigit lintah. 

 

  • Minyak Kayu Putih

Peralatan untuk mengatasi serangan lintah sebenarnya nggak susah. Kebanyak memang menggunakan barang bawaan yang sudah disiapkan. Kalau tadi pakai air garam, sekarang alternatifnya itu minyak kayu putih. Jadi kalau kita atau rekan kita terkena gigitan lintah, kita bisa menyiramkan minyak kayu putih ke badan dan mulut lintah. Nggak butuh lama kok, biasanya kalau sudah disiram minyak kayu putih bisa langsung lepas gigitan lintahnya.

 

  • Air Jeruk

Selain air garam tadi, air jeruk juga bisa untuk melepas gigitan lintah. Jadi kalau kita bawa jeruk ke gunung, bisa dimanfaatkan sebagai pertolongan mengatasi gigitan lintah ini. Jadi kita tinggal peras jeruknya, terus air perasaan itu disiram ke mulut lintah. Tapi usahakan jeruk yang kita gunakan rasanya asam. Rasa asam dari jeruk ini bisa bikin lintah melepaskan gigitanya.

 

  • Antisipasi Dari Gigitan Lintah

Kalau sudah sering naik gunung pasti sudah tahu dengan jenis pakaian apa yang ideal buat hiking. Biar tidak digigit lintah kita harus pakai celana panjang dan benar-benar tertutup sampai ujung kaki. Artinya, harus lengkap menggunakan kaus kaki sampai sepatu yang tertutup rapat. Ujung celana panjang bisa dimasukkan juga ke dalam sepatu.

 

Buat jaga-jaga aja, karena lintah pada dasarnya suka sama area yang hangat. Misalnya perut juga jadi sasaran. Makanya utamakan pakai baju yang tertutup misalnya kemeja, supaya tidak ada ruang untuk lintah menempel di permukaan kulit.

No comments:

Post a Comment