Perlengkapan Wajib Mendaki Ketika Musim Hujan


 

Ketika mendaki gunung musim hujan pastinya jalan menjadi lebih licin, angin yang bertiup kencang dan dinginnya suhu udara menjadi tantangan yang harus dilalui para pendaki. Wajar saja, kalau ada beberapa peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung di musim hujan. Nah apa saja peralatan tersebut? yuk langsung simak ulasan berikut.

 

Mendaki gunung di musim hujan memang memiliki sejumlah resiko yang tidak main-main, seperti kaki terkilir akibat terpeleset di jalur pendakian sampai hipotermia yang sangat ditakuti para pendaki gunung bisa saja hadir tanpa diduga-duga sebelumnya. Mendaki gunung di tengah guyuran hujan bisa dibilang memiliki kesulitan tersendiri. Oleh karena itu, kita wajib membawa beberapa peralatan saat mendaki gunung di musim hujan.

 

  • Raincoat atau Jas Hujan

Pasti masih banyak yang mengira kalau raincoat sama saja dengan jas hujan. Funsi raincoat memang hampir mirip dengan jas hujan. Hanya saja, raincoat lebih menyesuaikan dengan bentuk tubuh kita. Layaknya jaket antiair. Namun, mengingat harga raincoat yang terbilang mahal, bawa jas hujan yang biasa saja juga sah-sah aja. yang paling penting tubuh kita bisa tetap kering di tengah guyuran hujan saat berpetualang di tengah hutan. 

 

  • Ponco

Salah satu jenis jas hujan yang satu ini memang sangat umum dibawa para pendaki. Selain bisa dipakai di badan, ponco juga bisa dijadikan tempat berteduh yang praktis jika kita ingin istirahat saat hujan turun. Namun, hati-hati saat menggunakan ponco di tengah hutan, ya. Pasalnya, jenis jas hujan yang satu ini rawan tersangkut di ranting pohon atau semak belukar sepanjang jalur pendakian. 

 

  • Rain Cover

Gunakanlah raincover untuk menutupi carrier kita saat hujan mengguyur. Rain cover memang tidak menjamin barang bawaan di dalam carrier tetap aman saat hujan. Tapi, setidaknya barang bawan kita tidak akan terlalu basah saat guyuran hujan. Selain itu, rain cover juga bisa melindungi carrier kita agar tidak terlalu kotor. Jadi, kita tidak harus repot mencuci carrier saat sampai di rumah setelah mendaki gunung. 

 

  • Dry Bag

Peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung di musim hujan yang satu ini merupakan semacam tas anti air untuk menjaga barang bawaan kita tetap kering. Bawalah dry bag, meskipun tas carrier yang kita gunakan sudah memakai rain cover. 

 

Terlebih, saat musim hujan tiba. Pasalnya, hujan di atas gunung terkadang tidak kenal ampun alias bisa sampai deres banget. Hujan deras inilah yang bisa mengancam keselamatan barang-barang elektronik yang kita bawa saat mendaki gunung. Oleh karena itu, bawalah dry bag untuk dijadikan tempat menyimpan berbagai macam peralatan elektronik, seperti kamera, telepon genggam, lampu tenda dan lain sebagainya.

 

  • Trash Bag

Sesuai namanya, barang ini sebenarnya adalah sebuah plastik besar yang biasa digunakan untuk menampung sampah dalam jumlah yang banyak. Namun, saat musim hujan kita bisa menggunakan trash bag untuk untuk melindungi isi tas carrier agar tidak basah akibat hujan deras. 

 

Hal ini tentu saja dilakukan untuk mengantisipasi air atau embun yang masuk ke dalam carrier meskipun sudah menggunakan raincover. Caranya pun cukup mudah, sebelum memasukan semua barang ke dalam tas carrier, pasanglah trash bag di bagian dalam carrier. Jika dirasa sudah pas menyesuaikan bentuk tas, baru masukan barang-barang bawaan kita.

 

Memang sih tas carrier jaman sekarang sudah menyediakan pelindung berbahan parasut yang anti-air. Tapi, kebanyakan masih tembus kalau didera hujan yang deras. Ingat, masukan barang dari mulai yang terberat dan tidak sering digunakan terlebih dahulu. Tujuannya, tentu saja agar kita mampu menggendong carrier sampai pos terakhir.

 

  • Kanebo atau Lap Quick Dry 

Nah, peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung di musim hujan ini sangat berguna untuk mengeringkan alas tenda atau matras yang basah. Yup, saat membuka tenda di tengah guyuran hujan kemungkinan besar ada saja cipratan air yang masuk ke dalam tenda. 

 

Hal tersebut pasti bakal mengganggu tidur atau istirahat kita di dalam tenda. Oleh karena itu, bawalah kanebo atau lap quick dry lainnya saat mendaki gunung di musim hujan. kita bisa membeli kanebo di toko aksesoris motor, toko swalayan dan lain sebagainya. 

 

Nah, itulah beberapa peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung di musim hujan. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat mendaki gunung ya.

No comments:

Post a Comment