Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Solo Traveling




Hai Sahabat kalian pasti pernah bahkan sering ketika ngerencanain liburan bareng teman tapi cuma jadi wacana? Berarti itu tandanya kita harus cobain solo traveling. Nah disini saya kan membakikan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat solo traveling. Langsung saja yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

Semakin bertambahnya umur pasti kita sangat sulit mengatur agenda perjalanan kita bersama teman seperjalanan bukan? Pasti setelah kita mengagendakan bersama temen seperjalanan sering tertunda bisa jadi si a kerja tambahan lah, si b ada acara keluarga lah dll, Kalau hanya tertunda sih, tidak jadi masalah. Tapi, bagaimana kalau rencana traveling yang udah lama kita buat malah jadi tidak jelas kapan bakal terlaksana.

 

Oleh karena itu, cobalah sesekali buat bepergian seorang diri atau yang kini ngetren dengan sebutan solo traveling. Dengan cara ini kita bisa bebas menentukan kapan kita akan pergi dan aktivitas apa saja yang ingin kita lakukan tanpa harus berkompromi dengan siapapun.

 

Tapi sebelum berangkat solo traveling, kalian sebaiknya persiapkan dulu hal-hal penting berikut ini. 

 

  • Riset Terkait Destinasi Wisata Tujuan

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum berangkat solo traveling yaitu riset semua hal terkait destinasi wisata tujuan. Mulai dari harga tiket menuju destinasi liburan, lokasi penginapan terdekat, cuaca saat kunjungan, sampai aspek keamanan tempat yang ingin kita kunjungi.

 

Saat solo traveling, kita harus tahu tempat mana saja yang rawan kejahatan agar bisa menghindari tempat tersebut. Sekarang memang gampang banget mencari informasi di internet, tapi bakal lebih bagus lagi kalau kita bisa menanyakan informasi terkait destinasi liburan kita ke orang yang sudah pernah berlibur ke sana ataupun orang lokal di sana.

 

  • Susun Itinerary dan Budget

Setelah melakukan riset terkait destinasi wisata tujuan, buatlah daftar tempat-tempat yang bakal kita kunjungi. Kemudian, ubahlah daftar tersebut menjadi itinerary perjalanan per hari. Menyusun itinerary bisa dibilang sangatlah penting untuk menghemat waktu dan ongkos perjalanan.

 

kita bisa mengelompokkan tempat-tempat yang berdekatan ataupun sesuaikan dengan waktu tertentu. Catat harga tiket masuk, cara menuju ke tempat tujuan, jam operasional dan berapa lama kita akan menghabiskan waktu di tempat tersebut.

 

Selain jadwal perjalanan, menentukan budget perjalanan juga tidak kalah penting nih, sahabat. Saat solo traveling, manfaatkan akomodasi dan transportasi yang bisa berbagi biaya dengan orang lain. Selain bisa menghemat biaya perjalanan, pada momen seperti ini biasanya kita bakal bertemu dengan orang baru dan bisa menambah jaringan pertemanan.

 

  • Atur Barang Bawaan

Ingat, kita bakal bepergian sendiri, tidak bakal ada orang yang membantu membawakan barang bawaan kita sahabat.Jadi, kunci sukses dalam mengatur barang bawaan saat solo traveling yang pertama adalah jangan terlalu banyak bawa baju. Bawalah pakaian yang ringan dan nyaman dipakai saja tentunya sesuaikan dengan cuaca ya sahabat jangan salah kostum.

 

Selanjutnya, janganlah tergoda membawa barang-barang yang tidak perlu, apalagi hanya buat gaya-gayaan saja. Setelah menentukan barang yang akan dibawa, kita bisa belajar cara packing praktis. Misalkan barang apa yang ditaruh di bawah dan mana yang perlu ditempatkan di posisi yang mudah dijangkau. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan perjalanan solo traveling kita.

 

  • Buat Daftar Barang Bawaan Saat Solo Traveling

Membuat daftar barang bawaan juga nggak kalah penting dilakukan sebelum berangkat solo traveling nih. Sebab, kita bakal sering berpindah tempat saat solo traveling dan tidak ada yang membantu memastikan apakah semua barang sudah masuk tas atau belum.

 

Dengan memiliki daftar barang bawaan, kita bisa mengecek ulang barang bawaan setiap kali ingin meninggalkan suatu tempat. Jadi, sangat berguna buat meminimalisir kemungkinan tertinggalnya barang bawaan pribadi yang kita bawa. 

 

  • Bawa Buku Bacaan atau Jurnal Harian

Kita traveling ke tempat bagus dan mengasyikkan? Belum tentu kita tidak butuh buku bacaan atau jurnal harian buat menemani kita, lho. Bikin solo traveling jadi makin sempurna dengan menikmati view sekitar sembari membaca buku atau mengisi jurnal. Selain itu buku bajaan dan jurnal bisa mengisi waktu luang saat kita sedang dalam perjalanan menuju destinasi traveling kita.

 

  • Sedia Uang Cadangan dan Simpan di Beberapa Tempat Berbeda

Budgeting tentu sudah kita atur sedemikian rupa dari sebelum berangkat. Namun menyiapkan uang cadangan juga tidak boleh dilupakan, sepas-pasan apa pun budget yang kita persiapkan. Cadangan uang ini bisa kita keluarkan kalau misalnya terjadi sesuatu atau untuk kebutuhan yang tak terduga. Biar lebih efektif, simpan uang tersebut di beberapa tempat berbeda. Kita tidak akan pernah tahu apakah dalam perjalanan kita akan membutuhkannya, jadi ada baiknya melakukan antisipasi seperti ini.

 

  • Siapkan Alternatif Kedua Selain Rencana Awal yang Sudah Disiapkan

Bukan berniat pesimis duluan, tapi membuat plan alternatif dinilai krusial. Sesempurna apa pun rencana awal kita, bahkan jika kita sudah mengaturnya dari A sampai Z, tentu tidak menutup kemungkinan ada sesuatu tak terduga datang. Kalau seandainya memang terjadi, kita tinggal lancarkan alternative ke dua deh. Karena sudah siap dengan segala kemungkinan, kita tetap bisa happy melanjutkan solo traveling!

 

  • Beri Tahu Keluarga atau Kerabat Bahwa Kita Akan Pergi untuk Solo Traveling

Memberi tahu keluarga atau kerabat terdekat juga masuk poin penting. Bahkan saking pentingnya, hal ini haram hukumnya untuk kita lewatkan. Dengan mengabari terlebih dahulu, orang-orang pun tidak akan kebingungan dan khawatir mencarimu. Ini juga sebenarnya turut membantu kita kalau ada kesulitan yang terjadi. Pokoknya jangan sampai berangkat solo traveling tanpa seorang pun tahu.

 

  • Cek Rute Sekali Lagi Sebelum Pergi

Kalau di rumah kita sudah mencoba pelajari rute jalanan tempat tujuan, sesampainya di tempat penginapan pun kita perlu cek ulang rute tersebut. Kalau perlu coba deh mengingat dan buat catatan kecil yang penting supaya kita tidak lupa-lupa. Ibaratnya kalau kita sudah prepared, tentu akan mengurangi kendala kita ketika sedang keluar buat jalan-jalan. Kita akan lebih fokus keadaan sekeliling dibanding berpaku pada peta.

 

  • Percaya Diri dan Mencoba Berbaur Dengan Sekitar

Rasa percaya diri juga termasuk modal kita dapatkan solo traveling yang asyik. Percayakan dulu pada diri sendiri kalau perjalananmu pasti menyenangkan, tepis rasa pesimis dan takut ini itu. Jangan lupa pula buat coba berbaur dengan penduduk lokal. Hindari yang namanya menjauhkan diri dari keramaian supaya kita tetap aman. Sesuaikan juga pakaianmu dengan musim di tempat liburan tujuanmu.

 

  • Nikmati Pemandangan Sekitar

Saat lagi traveling, keinginan buat foto-foto bukan hal aneh malah rasanya seperti keharusan. Baik untuk koleksi pribadi atau untuk di-share ke medsos, tentu tidak ada yang salah dari berfoto. Karena ini pun pertama kalinya kita solo traveling, pasti kita ingin mengingat kenangan indahnya. Tapi ingatkan diri untuk sebisa mungkin nikmati juga view indah di sekitarmu, ya! Jangan sampai karena keasyikan foto-foto kita jadi lupa sekitar.

 

  • Pentingnya Menjaga Kesehatan

Jaga kesehatan tubuh saat lagi solo traveling? Wajib banget! Secara kita traveling sendirian, kita harus lebih bertanggung jawab pada kondisi tubuh. Kalau perlu kita sudah siap sedia obat-obatan yang sekiranya bakal kita butuhkan. Kita pastinya gak ingin jatuh sakit. Tapi kalau terlanjur gak enak badan entah karena cuaca ataupun hal lain, setidaknya kita sudah ada pegangan obat.

 

Berwisata bakal menunjukkan banyak keseruan meskipun kita pergi sendirian. Jadi, itulah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat solo traveling. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat solo traveling ya, Sahabat. Selamat bertualang!

No comments:

Post a Comment