Etika Membersihkan Peralatan Makan Saat Di Gunung


 
Hai Sahabat saat melakukan pendakian gunung pastinya ada aturan-aturan yang harus kita taati kan. Memang sih nggak ada aturan tertulis, tapi ketika kita di tengah alam, kita tidak bisa bebas banget juga melakukan apa aja yang kita mau. Seperti membersihkan perlengkapan makanan yang telah kita pakai, nah disini saya akan menjelaskan tentang etika membersihkan perlengkapan makanan yang kita pakai. 
 
Perkara mencuci peralatan makan. Ini juga ada etikanya yang harus kita ketahui. Kelihatannya sih simple tapi memang nggak dibenarkan juga kalau asal-asalan mencuci peralatan makan. Nah, makanya buat kalian yang pertama kali naik gunung, pahami ini dulu ya. Karena kita bertamu di gunung, maka setidaknya cara mencuci peralatan makan yang baik dan benar yang harus kalian ketahui sedari awal.  
 
  • Hindari Memakai Sabun 
Normalnya mencuci peralatan makan supaya bersih ya harus pakai sabun. Tapi selama pendakian di gunung, hindari dulu penggunaan sabu untuk mencuci peralatan makan kalian. Penggunaan sabun di gunung sama sekali tidak dilarang karena kita bisa merusak ekosistem di sekitaran gunung. Sabun mengandung senyawa kimia yang bisa mengganggu kehidupan makhluk hidup di gunung.
 
Jadi lebih baik, supaya peralatan makan kita tetap higienis, cari alternatif lain yang bisa bikin alat-alat itu tetap kinclong setelah digunakan. Seperti kita bisa memanfaatkan dedaunan sebagai penggantinya. Tapi ingat juga, jangan asal petik daunnya. Kalaupun memang tidak ada dedaunan, cuci saja menggunakan air untuk membilas. Kalau nggak terlalu bersih bisa ditambah pakai tisu basah atau tisu kering. Sampahnya jangan lupa dibawa pulang.
 
  • Cucilah Peralatan Makan Jauh Dari Sumber Air
Masih banyak para pendaki yang mencuci peralatan makan langsung dari sumber airnya, di sungai atau danau. Duh, kalau bisa sih jangan diulang ya. Sebab, sumber air itu juga jadi sumber airnya para hewan yang tinggal di sekitar sana dan bias jadi sumber air itu juga mengalir ke pedesaan dan menjadi sumber mata air warga yang berada di bawah.
 
Kalau mencuci langsung di sumber airnya, bisa jadi berminyak, air kotor, sehingga nggak bisa diminum sama hewan-hewan di sana. Baiknya kalian mencuci peralatan dengan membawa wadah sendiri. Lalu bekas air cuciannya dibuang ke tanah, cuma jangan sekaligus, bisa dengan diciprat-cipratkan ke seluruh area.
 
  • Tips Mencuci Peralatan Makanan
Cara mencuci peralatan makan kita bisa mulai dengan membersihkan kerak-kerak yang tersisa menggunakan air serta sendok atau pisau. Kerak juga bisa dibersihkan pakai spoon cuci. Kita bisa siapkan dari sebelum perjalanan ke gunung. Kalau tidak ada bisa juga menggunakan tisu kering yang dibasahi air.
 
Yang terpaling penting setelah membersihkan semua sampah yang dihasilkan harus dikumpulkan ke trash bag dan dibawa lagi sampah kalian turun. Intinya jangan sampai mengotori gunung. Buat catatan kalian nih, alat masak dan makan yang digunakan di gunung sebenarnya nggak perlu dibersihkan sampai kinclong dan detail. Sekadar menghilangkan kotoran, lalu bisa dilanjut membersihkan selepas pendakian, baik itu di basecamp atau di rumah kalian masing-masing.

No comments:

Post a Comment