Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik



Gunung Sumbing berada di tiga kabupaten, yaitu Kab. Magelang, Brebes, Wonosobo, dan Kab. temanggung, Jawa Tengah. Gunung Sumbing adalah gunung api yang sudah lama sekali tidak meletus atau erupsi. Gunung ini terakhir kali erupsi adalah pada tahun 1730. Gunung ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pendaki. Gunung Sumbing ini menjadi gunung tertinggi ke dua di Jawa tengah. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Sumbing via Mangli.


Rute pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Mangli. Jalur Mangli merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung Sumbing yang terletak di kabupaten Magelang. Basecamp Mangli berada di desa Mangli, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Mangli

Basecamp Mangli berada di kantor kelurahan, jadi cukup mudah dicari bagi para pendaki juga tidak usah khawatir basecamp ini buka 24 jam dan banyak pemuda setempat juga standby 24 jam. Keramahan penjaga dan warga di basecamp menjadi nilai positif ketika kita mendaki melewati jalur ini.

Basecamp Mangli bisa di tempuh Jawa barat menggunakan kereta atau bus jurusan Jakarta – Semarang atau Jakarta – Joga, jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus jurusan Surabaya – Solo. Setelah itu keterminal naik bus jurusan magelang dan turun terminal tidar. Setelah sampai terminal tidar naik bus menuju pasar kaliangkrik, kemudian menuju kelurahan temanggung, tepatnya SDN Temanggung. Dari situ kita tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia, kita juga menuju basecamp menggunakan ojek.

Pendakian Gunung Sumbing Via Mangli 

Saya akan membahas jalur pendakian Mangli, jalur mangli ini sangat jarang di daki. Padahal jalur mangli adalah jalur terpendek ketimbang empat jalur lainya. Gunung Sumbing juga terkenal dengan jalur yang cukup menantang. Walapun jalur mangli sangat pendek view sepanjang jalur tidak kalah dengan empat jalur lainya.

  • Basecamp - Pos 1
Dari Basecamp, Menuju Pos satu jalur berupa jalan setapak seperti yang digunakan warga berupa batu - batu yang disusun dengan melewati ladang milik warga. Diujung ladang tersebut kita akan menemukan Pos satu yang merupakan batas antara ladang warga dan hutan.
  • Pos 1 - Pos 2
Perjalanan menuju Pos dua jarang ditemui penunjuk arah karena memang jalur ini sangat jarang digunakan oleh para pendaki. Trek menanjak tanpa ampun dan jarang sekali ditemukan jalan landai. Disekeliling jalan menuju Pos dua kita akan dikelilingi hutan pinus yang seakan tidak ada habisnya.
  • Pos 2 - Pos 3
Perjalanan Pos dua menuju Pos tiga kita akan menemukan sebuah pertigaan yang merupakan pertemuan dari jalur pendakian Butuh dan Mangli.
  • Pos 3 - Pos 4
Dari Pos 3 menuju Pos 4 jalur akan sama dengan pendakian via Butuh.  Perjalanan menuju Pos 4 jalan agak berat dengan trek tanah yang menanjak serta terkadang tertutup rumput. Estimasi waktu sampai di Pos 4 adalah sekitar 2,5 jam. Pos 4 terdapat tanah lapang yang bisa memuat 10 tenda. Namun tanah lapang tersebut agak miring sehingga membutuhkan sedikit akal agar bisa tidur dengan nyaman. Pos 4 ini merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda.
  • Pos 4 - Puncak
Perjalanan menuju puncak Kaliangkrik kamu akan menemukan trek tanah bercampur krikil yang licin apabila terjadi hujan. Perjalanan dari Pos 4 menuju puncak Kaliangkrik akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 hingga 2 Jam.
Pemandangan Gunung Lain di Puncak Sumbing

Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Gunung Andong, dan t
erkadang terlihat dari kejauhan Gunung Slamet.
Puncak Gunung Sumbing

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Sumbing, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki gunung Sumbing Via Mangli
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Jalur Mangli relatif sepi namun jalur ini juga terbilang lebih mudah. Akan tetapi banyak para pendaki lebih memilih jalur Garung untuk mendaki Sumbing.
  • Jalur mangli ini memiliki pemandangan yang terindah di bandingkan ke empat jalur lain.
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Saya sangat menyarankan ketika mendirian tenda di Pos 4
Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sumbing

Basecamp - Pos 1 : 1 jam
Pos 1 - pos 2 : 1 jam
Pos 2 - pos 3 : 1 jam
Pos 3 -pos 4 : 2,5 jam
Pos 4 - Puncak : 2 Jam

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian gunung Sumbing via Mangli. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya. Untuk mendaki gunung alangkah baiknya tidak musim hujan selain jalur yang licin untuk dapat pemandangan yang indah juga sulit.


No comments:

Post a Comment