Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Cepit Parakan



Gunung Sumbing berada di tiga kabupaten, yaitu Kab. Magelang, Brebes, Wonosobo, dan Kab. temanggung, Jawa Tengah. Gunung Sumbing adalah gunung api yang sudah lama sekali tidak meletus atau erupsi. Gunung ini terakhir kali erupsi adalah pada tahun 1730. Gunung ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pendaki. Gunung Sumbing ini menjadi gunung tertinggi ke dua di Jawa tengah. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Sumbing via Cepit.

Rute pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Cepit Parakan. Jalur Cepit merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung Sumbing yang terletak di kabupaten Temanggung. Basecamp Cepit berada di desa Cepit, kecapatan parakan, Kabupaten Temanggung.

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Cepit

Jalur Cepit terletak di Kecamatan Parakan, Temanggung. Pendakian jalur Cepit tidak seramai jalur pendakian Sumbing utama yaitu Garung, namun menurut pengalaman para pendaki jalur Cepit memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan jalur Garung. Jalur ini biasanya dipakai oleh para peziarah. Basecamp Cepit bisa dibilang tidak ada, jadi kita hanya bertamu dan menitipkan kendaraan ataupun bertegur sapa dengan penduduk. Tenang saja penduduk disini ramah - ramah kok. Oiya sebelum melakukan pendakian sebaiknya lapor dulu ke pihak RT setempat.

Basecamp Sumbing via Cepit bisa di tempuh dari Jawa barat menggunakan kereta atau bus jurusan Jakarta – Semarang dan Jakarta – Jogja, akan tetapi jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Surabaya – Solo. Setelah itu keterminal dan cari bus dengan jurusan temanggung dan turun Rumah Sakit Ngesti Waluyo, Temanggung, setelah itu dilanjutkan menuju desa Cepit. Transportasi untuk menuju desa Cepit bisa menggunakan Ojek.

Pendakian Gunung Sumbing Via Cepit 
  • Basecamp – Pos Pengamatan
Dari basecamp kita akan melewati perkebunan milik warga. Sebelum sampai di pos pengamatan kita akan melewati sebuah bangunan kecil yang berada di kiri jalan dan kemudian menemukan pertigaan. Ambil jalur yang kiri untuk menuju pos pengamatan. Menurut penduduk setempat, pos pengamatan dijaga oleh siluman harimau. Estimasi waktu hingga sampai di pos pengamatan adalah sekitar 1,5 hingga 2 jam pendakian.
  • Pos Pengamatan - Pos 1
Dari pos pengamatan kita akan masuk ke hutan cemara. Di tengah perjalanan kita akan bertemu sungai yang berada di sebelah kanan jalan. Kita dapat mengambil air di sungai tersebut ketika musim hujan. Sesampainya di Pos 1, kita akan menemui bangunan yang berada di kiri jalan yang biasanya digunakan para pendaki untuk bermalam. Waktu untuk mencapai Pos 1 dari pos pengamatan yaitu sekitar 1 jam.
  • Pos 1 - Pos 2
Dari Pos 1 jalan akan menanjak hingga ke Pos 2. Di Pos 2 angin sangat kencang karena berada pada tempat terbuka jadi apabila mendirikan tenda disini siap - siap terkena hembusan angin. Perjalanan hingga ke Pos 2 adalah sekitar 1 jam perjalanan.
  • Pos 2 - Pos 3
Dari Pos 2 menuju Pos 3 waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 1 jam perjalanan. Jalur yang akan dilewati adalah padang rumput yang hijau dan indah. Terdapat bebatuan besar yang akan kita lalui sepanjang jalan menuju ke Pos 3. Di Pos 3 kita tidak akan menemukan bangunan apapun.
  • Pos 3 – Kawah Sumbing
Dari Pos 3 kita akan menyeberangi sungai ketika musim hujan datang.  Perjalanan ke Kawah Sumbing sangat indah dengan jalur berupa rerumputan yang hijau. Di sebelah kanan kita akan melihat Gunung Sindoro yang tegak berdiri sedangkan di belakang kita akan melihat kota Temanggung. Perjalanan menuju Kawah Sumbing menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan dengan trek menanjak dengan medan terbuka.
  • Kawah Sumbing – Puncak Buntu
Dari kawah sumbing kita dapat melihat Puncak Buntu yang berada di sebelah kanan dengan jalan yang terjal. Apabila ke kiri kita akan sampai ke kawah belerang Sumbing yang masih aktif. Hati - hati dengan kawah belerang yang mengepul di tempat ini. Biasanya para pendaki hanya sampi ke Puncak Buntu karena jalan menuju Puncak Rajawali terlalu berbahaya. Kita bisa mencapainya dengan menggunakan peralatan Climbing. Dari Puncak Buntu kita akan melihat pemandangan yang mempesona. Kepulan asap yang berada di tebing, pemandangan ke arah kiri kita akan melihat Puncak Sejati.
Pemandangan Gunung Lain di Puncak Sumbing

Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Gunung Andong, dan terkadang terlihat dari kejauhan Gunung Slamet. 

Puncak Gunung Sumbing

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Sumbing, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki gunung Sumbing Via Mangli
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
 Estimasi Waktu Pendakian GunungSumbing

Basecamp – Pos Pengamatan : 2 jam
Pos  Pengamatan - Pos 1 : 1 jam
Pos 1 – Pos 2 : 1 jam
Pos 2 – Pos 3 : 1 jam
Pos 3 – Kawah Sumbing : 4 Jam
Kawah Sumbing – Puncak Buntu : 30 Menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian gunung Sumbing via Cepit. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.



No comments:

Post a Comment