Hal Terpenting Harus Diperhatikan Ketika Mendaki


Halo sahabat pernah tidak kalian ketika mempunyai sebuah planning untuk melakukan pendakian di sebuah gunung kalian planning dari hal yang terkecil? Kalo saya sendiri selalu ketika mempunyai keinginan untuk mendaki sebuah gunung mas ti mempersiapkan dari hal yang terkecil. Mau tau apa saya yang saya planning? Yuk simak langsung.


  • Waktu pendakian dan Cuaca
Sebelum saya melakukan sebuah pendakian saya selalu menentukan gunung mana yang saya mau daki tentunya sesuai dengan kemampuan fisik kita loh sahabat, gimana tau fisik kita kuat atau tidak kita bisa melihat lama perjalanan dan medan yang kita cari tahu lewat web maupun video.

Perlu di ingat ya sahabat saya ketika melakukan pendakian selalu memperhitungkan musim juga, apakah saya mendaki musim hujan atau musim kemarau. Karena jika kita tidak melihat cuaca cukup berbahaya juga karena bila cuaca hujan memaksakan mendaki resikonya cukup besar terutama pasti barang yang kita bawa basah, terkena badai dan yang paling berbahaya itu kita akan terkena petir. Jadi jangan kita paksakan bila ketika mendaki terjadi hujan yang di sertai petir alangkah baiknya kita menunggu hujan sampai reda di basecamp.

  • Fisik
Ketika kita sudah tau medan dan gunung mana yang kita daki, langkah berikutnya kita mulai rutin melakukan olahraga supaya fisik kita kuat ketika hari pendakian tiba. Minimal sebulan sebelum mendaki mulailah untuk rutin berolahraga. Banyak macam olah raga supaya fisik kita kuat saat melakukan pendakian seperti tiap bangun pagi kita lari pagi, pull up, push up, dan juga olahraga lain agar badan kuat dan kaki kita kuat berjalan beberapa kilo dan membawa beban berat barang bawaan saat mendaki.

  • Peralatan dan Perlengkapan
Nah ini juga penting sahabat kita harus tau peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus kita bawa. Untuk yang satu ini bawalah barang bawaan sesuai kebutuhan, dan barang yang tidak perlu dibawa alangkah baiknya tidak usah dibawa.

Peralatan yang menurut saya wajib di bawa ketika mendaki seperti jaket gunung, sarung tangan, tutup kepala dan kuping, sepatu gunung, kaos kaki, sandal gunung, tas gunung, tas kecil, sleeping bag, martas, senter, P3K, tongkat pendaki untuk meringankan saat berjalan naik ataupun turun dan logistik. Jika kita melakukan pendakian bersama rombongan untuk tenda dan perlengkapan masak alangkah baiknya di kordinasikan supaya setiap orang tidak membawa tenda dan perlengkapan masak.

  • Teman mendaki
Ketika saya melakukan pendakian saya pastikan beberapa orang yang mau mendaki gunung sendiri atau bersama rombongan. Jika sahabat baru pertama mendaki alangkah baiknya mengajak teman yang sudah pernah mendaki dan tau medan pendakian. Dan sahabat bisa kordinasi sama teman pendakian yang sudah pernah melakukan pendakian.

Dengan adanya teman yang berpengalaman sahabat bisa meminta arahan. Semisal sahabat ketika melakukan sebuah pendakian dan tiba-tiba terjadi badai atau suatu yang tidak diinginkan selama perjalanan mendaki, sahabat akan merasa sedikit aman jika pergi dengan teman yang sudah punya pengalaman.

  • Berdoa
Ketika semua siap dan hari pendakian tiba sebaiknya sahabat dan rombongan mulailah semua kegiatan di awali dengan berdoa ketika akan berangkat dan saat pulang, karena dengan semua kegiatan di awalin dengan doa itu selain memintak perlindungan, kelancaran dan keselamatan doa juga bisa menjadi sebuah kekuatan pendorong kita saat melakukan sebuah kegiatan

  • Kebersamaan
Waktu perjalanan jangan pernah terpisah dari rombongan kalian, karena jika ada dari salah satu orang terpisah rombongan sangat berbahaya bisa jadi yang tertinggal rombongan tersesat. Jadi kalian usahakan tetep jalan dengan rombongan.

  • Taati Peraturan pendakian dan Aturan Alam
Menaati sebuah peraturan pendakian dan aturan alam sangatlah penting, karena ketika kita berjalan di jalur pendakian, kita menjadi orang asing sekaligus tamu. Jadi, sudah seharusnya kita menaati aturan-aturan yang ada di gunung yang akan kita daki. Biasanya sebelum kegiatan pendakian di mulai.

Saya selalu meminta petugas basecamp melakukan briefing terleih dahulu. Dan petugas selalumelakukan pengecekan perlengkapan logistic dan kelengkapan lainya. Supaya ketika berada di gunung kita tidak ada yang terlupakan.

  • Nikmati Perjalanan dan Beristirahatlah Ketika Keletihan
Agar rombongan tidak merasa kelelahan saat melakukan pendakian, ajaklah rombongan untuk selalu menikmati perjalanan dengan santai. Disetiap langkah perjalanan nikmatilah indahnya alam sekitar, selain itu ajalah rombongan bercanda agar mereka tidak merasakan kecapean.

Ketika ada rombongan kecapean alangkah baiknya semua rombongan berhenti untuk beristirahat semua, jangan pernah memaksakan semua rombongan fisiknya sama. Apa bila sudah lelah segeralah meminta istirahat kepada rombonga. Karena dengan istirahat selain mengembalikan stamina kita juga bisa mencegah cedera.

  • Bawalah Turun Sampah di Gunung

Ini sangat penting sekali sahabat, karena belakangan ini jumlah para pendaki sebakin tahun semakin banyak peminatnya. Banyak gunung-gunung sekarang sudah ramai di kunjungi para pendaki. Efek negatif yang di timbulkan adalah banyaknya sampah yang menumpuk karena ada beberapa orang membuang sampah sembarangan.

Gunung yang semestinya merupakan tempat yang bersih, malah sekarang tercemari oleh sampah-sampah yang di buang sembarangan. Kalo sahabat peduli sama lingkungan untuk masa depan selalu ingatkan diri kita sendiri dan teman pendakian supaya selalu membawa sampah ketika turun gunung. Saya yakin kalo Sahabat Keong yang baca tulisan ini pintar dan cerdas dan selalu membawa sampah turun dan dan tidak membuang sembarangan.

Sekian dulu ya sahabat, mudah mudahan tulisan ini membatu sahabat saat planning sebuah pendakian gunung. Oya saya ingatkan sekali jangan pernah buang sampah di gunung, bawalah sampah sampai ke basecamp dan buanglak ke tempat sampah. Jangan merusak lingkungan ya sahabat.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.