Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso


Gunung Sumbing berada di tiga kabupaten, yaitu Kab. Magelang, Brebes, Wonosobo, dan Kab. temanggung, Jawa Tengah. Gunung Sumbing adalah gunung api yang sudah lama sekali tidak meletus atau erupsi. Gunung ini terakhir kali erupsi adalah pada tahun 1730. Gunung ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pendaki. Gunung Sumbing ini menjadi gunung tertinggi ke dua di Jawa tengah. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Sumbing via Bowongso.


Rute pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Bowongso. Jalur Bowongso merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung Sumbing. Selain jalur paling baru diantara jalur gunung sumbing yang lain, jalur ini juga jarang di lewatin pendaki, jalur ini terletak di Desa Bowongso, Kecamatan kalikajar, Kabupaten Wonosobo.

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Bowongso 

Gunung Sumbing terkenal dengan jalurnya yang cukup berat namun memiliki pemandangan yang indah. Untuk sampai basecamp Gunung sumbing via Bowongso sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Semarang, atau Jakarta – Jogja, jika menggunakan bus bisa cari bus jurusan Wonosobo. Akan tetapi jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Surabaya – Wonosobo. 

Sesampainya di terminal wonosobo sahabat bisa naik angkutan ke pasar kertek, dari pasar kertek lurus terus sampai perrtigaan atau pangkalan ojek langsung kekiri. Basecamp bowongso terletak kurang lebih 10 KM dari pertigaan atau pangkalan ojek Kertek. Basecamp ini juga merupakan rumah dari Kepala Dusun Bowongso  

Pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso 

  • Basecamp – Parkiran Swadas 
Perjalanan dari basecamp menuju parkiran swadar jika di tempuh jalan kaki bisa memakan waktu kurang lebih dua sampai tiga jam, Parkiran swadas adalah sebuah cek poin pertama di gunung sumbing. Nah sahabat jangan khawatir jika membawa uang lebih bisa pakai opsi ke dua untuk sampai parkiran swadas sahabat bisa menggunakan ojek, jika menggunakan ojek untuk sampai di parkiran swadas di tempuh wktu 30 menit. 

  • Parkiran Swadas – Gardu Pandang 
Sesampainya di parkiran swadas kita akan menuju gardu pandang, jalur menuju gardu pandang kita akan melewati kebun warga yang di tanamin sayuran dan pohon tembakau. Waktu tempuh sampai gardu pandang selama 30 menit. 

  • Gardu Pandang – Pos 1 Taman Asmara 
Perjalanan dari gardu pandang menuju pos satu taman asmara medan jalanan akan mulai mendaki, jalan setapak kecil dengan kemiringan yang lumayan curam, dengan perlahan mulai meninggalkan ladang pertanian maka saat itulah pendakian yang sebenarnya dimulai. Perjalanan menuju pos satu membutuhkan waktu kurang lebih satu jam berjalan untuk sampai Pos satu taman asmara 

  • Pos 1 Taman Asmara – Camp Plalangan 
Setelah melewati pos satu jalur akan mulai terjal dan sempit, seperti jalur air yang sangat sempit dan menanjak, disini dibutuhkan fokus dan kecermatan, karena jalur menanjak panjang, sempit, licin, tidak ada pegangan dan banyak pohon tumbang. Berjalan sekitar satu jam maka kita akan menemui camp pelalangan. Disini bisa beristirahat dan mendirikan empat tenda. 

  • Camp Plalangan – Sumber Mata Air
Setelah camp plalangan, perjalanan di lanjutkan menuju sumber mata air sebelum pos dua. Di sumber mata air ini kita bisa isi botol kosong disini. Jalur masih sama semakin terjal dan disini kita sudah bisa milihat perubahan vegetasi. Perjalanan membutuhkan waktu satu jam untuk sampi di sumber mata air, disini adalah sumber mata air satu-satunya di jalur bowongso gunung sumbing. 

Perlu di ingat ya sahabat jangan pernah mengharap sesuatu yang tidak pasti, contohnya ketika kita di gunung jangan pernah berharap ada sumber mata air yang selalu ada air. Kalo pas musim hujan pasti bisa berharap, akan tetapi ketika musim kering jangan pernah berharap ya ada air di pos ini, alangkah baiknya sahabat membawa air dari basecamp. 

  • Sumber Mata Air – Pos 2 Bogel 
Perjalanan sumber mata air menuju pos dua ditempuh dengan waktu 30 menit. Lokasi pos dua tidak begitu jauh dari lokasi sumber mata air. Walaupun jaraknya tidak begitu jauh medan untuk sampai pos dua semakin menanjak.

  • Pos 2 Bogel – Camp Gajah 
Perjalanan dari pos dua menuju camp gajah memakan waktu dua jam, untuk kondisi perjalananya tidak usah di tanya lagi ya sahabat. Masih terjal namanya juga naik gunung hehe. Tapi tenang pemandangan di sini sangat indah sahabat, view padang sabana yang bikin mengurangi rasa capek di perjalanan. 

Camp gajah sangat cocok mendirikan tenda sebelum melakukan perjalanan ke puncak karena disini ada tempat yang lumayan dan bisa buat mendirikan tenda. Selain itu camp gajah juga sangat cocok buat menikmati matahari tenggelam sembari minum kopi. Jika sahabat mendirikan tenda disini bikinlah tenda yang benar dan ikat dengan kencang dikarenakan di sini sudah tidak ada pohon pastinya banyak angin. 

  • Camp Gajah – Tanjakan PHP 
Dari Gajah menuju tanjakan PHP membutuhkan semangat ya kuat untuk memperjuangkan biar kita semua bisa melewati ini semua sahabat, seperti sebuah hubungan jangan pernah menyerah kalo di PHP in seseorang yang kamu suka sahabat, terus kejar dan dapetkan hasilnya sukses atau tidak sukses. Nah tanjakan PHP di gunung sumbing ini seperti itu sahabat akan melewati semua cobaan dengan waktu satu jam kok jadi tetep semangat yah. 

  • Tanjakan PHP – Pos 3 Zoro 
Menuju pos tiga zoro ini dari tanjakan PHP memerlukan kurang lebih waktu dua jam. Jalur disini semakin aduhai sahabat, jadi tetap semangat untuk melewatinya ya di balik kecapean dan parahnya trek pasti sahabat akan menemukan kenikmatan yang hakiki di setiap moment perjalananya. 

  • Pos 3 Zoro – Tanjakan Seginjel 
Perjalanan selanjutnya dari pos tiga kita menuju ke tanjakan seginjel, duh kenapa nama pos gunung aneh – aneh ya sahabat? Ada yang tau makna arti tanjakan seginjel? Kalo ada yang tau sejarahnya bisa di tulis di kolom komentar ya, sumpah bikin penasaran otak abang sahabat hehe. Tapi tenang sahabat ini adalah rintangan terakhir menuju puncak gunung sumbing. Untuk sampai sini membutuhkan waktu satu jam. 

  • Tanjakan Seginjel – Puncak Sejati 
Setelah tanjakan seginjel rute selanjutnya adalah puncak gunung sumbing dimana kalo kita lewat jalur bowongso ini kita langsung ketemu puncak sejati gunung sumbing tanpa haru memutar bibir kawah. Nah perjalanan menuju puncak sejati gunung sumbing memakan waktu kurang lebih satu jam sahbat. 

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Sumbing

Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Gunung Andong, dan terkadang terlihat dari kejauhan Gunung Slamet.

Puncak Gunung Sumbing

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Sumbing, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki gunung Sumbing Via Bowongso
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan 

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sumbing  

  • Basecamp – Parkiran Swadas : 30 menit menggunakan Ojek / 3 jam jika berjalan kaki
  • Parkiran Swadas – Gardu Pandang : 30 menit
  • Gardu Pandang – Pos 1 Taman Asmara : 60 menit
  • Pos 1 Taman Asmara – Camp Plalangan : 60 menit
  • Camp Plalangan – Sumber Mata Air : 60 menit
  • Sumber Mata Air – Pos 2 Bogel : 30 menit
  • Pos 2 Bogel – Camp Gajah : 120 menit
  • Camp Gajah – Tanjakan PHP : 120 menit
  • Tanjakan PHP – Pos 3 Zoro : 60 menit
  • Tanjakan Seginjel – Puncak Sejati : 60 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian gunung Sumbing via Bowongso. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya. 

No comments:

Post a Comment