Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Sipetung


Gunung Sumbing berada di tiga kabupaten, yaitu Kab. Magelang, Brebes, Wonosobo, dan Kab. temanggung, Jawa Tengah. Gunung Sumbing adalah gunung api yang sudah lama sekali tidak meletus atau erupsi. Gunung ini terakhir kali erupsi adalah pada tahun 1730. Gunung ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pendaki. Gunung Sumbing ini menjadi gunung tertinggi ke dua di Jawa tengah. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Sumbing via Cepit.

Rute pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Sipetung. Jalur Sipetung merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung Sumbing yang terletak di Desa Jambu Kecamatan Kledung, Wonosobo.

Informasi Transportasi Menuju Basecamp Sipetung



Gunung Sumbing terkenal dengan jalurnya yang cukup berat namun memiliki pemandangan yang indah. Gunung Sumbing memiliki pemandangan sabana yang sangat indah, jalur sipetung resmi dibuka pada tahun 2015.

Untuk sampai basecamp Gunung sumbing via Sipetung sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Semarang, atau Jakarta – Jogja, jika menggunakan bus bisa cari bus jurusan Wonosobo.

Dan jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Surabaya – Wonosobo. sesampainya terminal wonosobo sahabat bisa bertanya di sekitar terminal bus yang bertujuan desa Jambu kec.Kledung.

Pendakian Gunung Sumbing Via Sipetung.

  • Basecamp - Gerbang Pendakian
Perjalanan basecamp menuju gerbang pendakian ditempuh dengan jalan kaki selama 60 menit. Tapi jika sahabat mempunyai dana lebih bisa sewa ojek dari basecamp menuju gerbang pendakian dengan biaya Rp.20.000 rute dari basecamp menuju gerbang pendakian melewati perkebunan warga dan jalan berbatu. Oh iya sahabat jika kalian menggunakan jasa ojek jangan lupa meminta nomer telfon supaya ketika kita turun kita butuh jasa ojek bisa di hubungi kembali.

  • Gerbang Pendakian - Pos 1
Perjalanan gerbang pendakian menuju Pos 1 perjalanan belum terlalu terjal dan sekeliling perjalanan berupa hutan pinus dan semak-semak yang cukup lebat. Perjalanan yang ditempuh untuk mencapai pos 1 ini dari Basecamp kurang lebih 30 menit. Pos 1 ini terdapat tanah yang cukup luas untuk mendirikan banyak tenda dan camping ground pramuka

  • Pos 1 - Kyai Santri
Perjalanan Pos 1 menuju kyai santri melewati pohon kopi arabika dari sini medan mulai terasa terjal dan harus menembus hutan yang cukup lebat. Sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan sampailah di Kyai Santri.

  • Kyai Santri - Pos 2
Dari Kyai Santri menuju pos 2 medan tidak begitu berubah jalur semakin terjal dan hutan yang lebat. Perjalanan menuju pos dua ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam 30 menit.

  • Pos 2 - Lembah Suci
Pos 2 menuju lembah suci memerlukan waktu 3 jam, dalam perjalanan kita akan menemukan sumber air, sumber air ini sudah di desain dari pihak basecamp untuk mempermudah kita untuk kita ambil air. Cara mengambil air dengan memutar pipa sampai ketemu lubang dan kita bisa mengisi botol kosong kita dengan air yang keluar dali lubang pipa. Setelah mengisi botol kosong dengan air jangan lupa tutup kembali dengan cara memutar, soalnya sumber mata air ini juga di gunakan warga sekitar basecamp sebagai kebutuhan sehari-hari.

  • Lembah Suci - Pos 3
Lembah suci tempat yang sangat cocok buat beristirahat, ketika kita sudah lelah kondisi lokasi lembah suci ada tempat lapang dan bisa buat mendirikan tenda dan istirahat. Lembah suci berada di ketinggian 2610mdpl selain tempat asik buat beristirahat tempat ini juga sangat cocok buat menikmati matahari terbit dengan latar gunung sindoro dan lautan awan.

Perjalanan menuju Pos 3 membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam, medan menuju pos 3 sudah melewati batas hutan dan memasuki sabana dan akan kita jumpai pohon edelweis. Jalan semankin menanjak dan berhati-hatilah karena jika musim hujan jalur ini sangat licin.

  • Pos 3 - Lemah Putih
Pos 3 menuju lemah putik medan semakin terjal dan berbatu waktu yang ditempuh sampai lemah putih kurang lebih 1 jam. Ketika melewati jalur ini kita bisa melihat para pendaki yang lewat jalur garung karena bukit yang di lewati bersebelahan dan kadang pendaki berterik dan saling sapa sama pendaki yang melewati jalur garung

  • Lemah Putih - Puncak Buntu
Perjalanan menuju ke puncak dari Lemah Putih ini medan berupa jalan lahar yaitu berupa batu-batuan yang labil sehingga diperlukan ekstra hati-hati agar tidak terpeleset. Dari Puncak Buntu kita akan melihat pemandangan yang mempesona. Kepulan asap yang berada di tebing, pemandangan ke arah kiri kita akan melihat Puncak Sejati. Perjalanan membutuhkan waktu 30 menit

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Sumbing

Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Gunung Andong, dan terkadang terlihat dari kejauhan Gunung Slamet.

Puncak Gunung Sumbing

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak Sumbing, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki gunung Sumbing Via Sipetung 
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki 
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sumbing

Basecamp - Gerbang Pendakian : 1 Jam
Gerbang Pendakian - Pos 1 : 30 menit
Pos 1 - Kyai Santri : 2 jam
Kyai Santri - Pos 2 : 1 jam 30 menit
Pos 2 - Lembah Suci : 3 jam 
Lembah Suci - Pos 3 : 2 jam
Pos 3 - Lemah Putih : 1 Jam
Lemah Putih - Puncak Buntu : 30 Menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian gunung Sumbing via Sipetung. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete