Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo


Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah dengan ketinggian puncak 3.142 mdpl, selain puncak Kenteng Songo paling tertinggi Gunung Merbabu di sampingnya juga ada Puncak Triangulasi dengan ketinggian 3169 dan Puncak Syarif dengan ketinggian 3119 mdpl. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo.


Rute pendakian yang saya bahas kali ini melewati jalur Selo. Jalur Selo merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung merbabu yang sangat diminati banyak pendaki. Jalur pendakian Gunung Merbabu via selo berada di Dusun Pakis, Desa Tarurabatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Gunung Merbabu kini bisa dibilang tengah beristirahat. Namun walau sudah lama tidak aktif, Gunung Merbabu sebenernya memiliki lima kawah ada kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo


Informasi Transportasi Menuju Basecamp Selo

Gunung Merbabu via Selo memang sangat terkenal dengan pemandangan sabana yang sangat indah. Menuju basecamp Gunung Merbabu via Selo sahabat bisa menempuh dari Jawa barat menggunakan kereta jurusan Jakarta – Solo. Sesampainya di solo sahabat carilah bus yang menuju terminal Boyolali. Sesampainya di terminal Boyolali, naiklah angkutan umum arah ke Basecamp Selo, Akan tetapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai terminal Boyolali sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore. Jika sahabat sampai terminal Boyolali lewat sore hari sahabat bisa sewa mobil atau ojek untuk menuju basecamp Selo.

Akan tetapi jika sahabat dari Jawa Timur bisa naik kereta atau bus dengan jurusan Solo, dari Solo sahabat cari bus arah terminal semarang dan turun di terminal Boyolali, dari terminal Boyolali cari angkutan umum arah ke basecamp Selo. tapi perlu di ingat untuk naik angutan umum usahakan sampai terminal Boyolali sebelum sore hari dikarenakan angkutan umum beroprasi dari pagi sampai sore. Jika sahabat sampai terminal Boyolali lewat sore hari sahabat bisa sewa mobil atau ojek untuk menuju basecamp Selo.

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo
Trek di jalur pendakian via Selo berupa tanjakan berbatu namun waktu yang dibutuhkan untuk sampai Puncak Gunung Lawu relative singkat. Rute pendakian akan melewati lima pos sebelum menuju puncak Gunung Lawu

  • Basecamp – Pos 1 Dok Malang
Perjalanan dari Basecamp menuju Pos 1 membutuhkan waktu kurang lebih 120 menit perjalanan. Jalur ini bisa dibilang landau dan merupakan jalur terjauh ketika sahabat mendaki gunung merbabu via selo. Ketika mendaki jalur ini tidak memang tidak terasa jauh, tapi ketika turun lewat jalur ini pasti sahabat merasakan benar-benar sangat jauh.

Medan berupa tanah padat, vegetasi cukup terbuka, berupa barisan pohon pinus yang menciptakan pemandangan yang luar biasa indah. Jalur pendakian sangat jelas, karena petunjuk arah terpampang di sepanjang perjalanan. Mendekati Pos I ditandai dengan vegetasi yang mulai merapat, hutan semakin rimbun. Sekitar 120 menit berjalan, kita bakalan sampai di Pos I, sebuah tempat yang cukup luas, bernama Dok Malang, di sini kita dapat menemukan sebuah bangunan untuk berteduh atau beristirahat.

  • Pos 1 – Pos 2 Pandean
Perjalanan menuju Pos 2, kemiringan jalur sedikit meningkat, medan masih berupa tanah padat, meskipun kita berjalan di dalam hutan tropis yang lembab, namun vegetasi lebih terbuka dibanding perjalanan sebelumnya.

Dalam perjalanan menuju Pos 2, kita harus menghadapi tanjakan terjal, tanjakan yang memiliki tingkat kemiringan sekitar 70 derajat, tanjakan ini dikenal dengan sebutan Tikungan Macan. Berhati-hatilah saat menghadapinya, tetap jaga semangat. Sekitar 60 menit berjalan, kita akan sampai di Pos dua.


  • Pos 2 – Pos 3 Watu Tulis
Selepas Pos 2, medan jalanan semakin menanjak konstan, cukup merepotkan, vegetasi semakin terbuka, memperlihatkan hamparan alam yang mampu menghibur hati, serta bunga Edelweis yang tumbuh di lereng gunung. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

  • Pos 3 – Sabana Satu
Perjalanan berlanjut dengan jalur yang lebih terjal dari sebelumnya, medan berupa tanah merah berdebu tebal jika musim panas, bila musim hujan pasti akan sangat licin. Tapi tenang, pemandangan sepanjang perjalanan sangatlah indah, termasuk megahnya gunung Merapi yang terlihat di kejauhan.

Berjalan sekitar 60 menit, maka kita akan sampai di pos 4, sebuah tempat bernama Sabana Satu, merupakan salah satu tempat ideal untuk beristirahat dan mendirikan tenda karena memiliki lahan yang luas dan memiliki pemandangan indah yang berupa padang rerumputan hijau nan mempesona.

  • Sabana Satu – Sabana Dua
Jalanan menuju Sabana satu tidak terlalu terjal, namun berkelok-kelok, menaiki dan menuruni bukit, pemandangan sangat indah, sepanjang mata melihat, warna hijau rerumputan menghiasi perbukitan yang dibalut dengan udara sejuk pegunungan. Berjalan sekitar 30 menit, kita akan sampai di Sabana dua.

  • Sabana Dua – Puncak Kenteng Songo

Perjalanan menuju puncak Kenteng Songo medan tidak begitu terjal, namun vegetasi yang sangat terbuka menjadikan angin leluasa menampar tubuh kita, membuat udara terasa lebih dingin. Perjalanan menuju puncak Kenteng Songo membutuhkan waktu sekitar 120 menit.

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Merbabu

Gunung Merapi, Gunung, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo dan Gunung Lawu.

Puncak Gunung Merbabu

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak merbabu, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Merbabu Via Selo
  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu

Basecamp - Pos 1 Dok Malang : 120 menit
Pos 1 - Pos 2 Pandean : 60 menit
Pos 2 - Pos 3 Watu Tulis : 30 menit
Pos 3 – Sabana Satu : 60 menit
Sabana Satu – Sabana Dua : 30 menit
Sabana Dua – Puncak Kenteng Songo: 120 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

No comments:

Post a Comment