Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Bansari

 
Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.136 mdpl, Masyarakan biasanya menyebut gunung ini dengan sebutan Sindoro, Sundoro atau Sendoro. Gunung Sindoro adalah termasuk dalam jajaran gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe Strato. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari.


Informasi Transportasi Menuju Basecamp Bansari

Bagi sahabat yang berdomisili jawa barat untuk menuju basecamp Gunung Sindoro via Bansari bisa menggunakan kereta dengan jurusan Jakarta – Purwokerto. Sesampainya setasiun Purwokerto sahabat bisa naik angkutan umum menuju terminal Bulupitu, dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Wonosobo, atau bisa juga menggunakan bus Jakarta – Wonosobo dan turun di terminal Mendolo. Sesampainya di terminal Mendolo sahabat melanjutkan perjalanan dengan bus elf jurusan temanggung menuju pasar legi. Sesampainya pasar legi di lanjut naik angkutan umum menuju basecamp bansari yang terletak di Desa Bansari, Kecamatan Parakan

Nah Bagi sahabat dari Jawa timur bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo dan turun di terminal Mendolo. Sesampainya di terminal Mendolo sahabat melanjutkan perjalanan dengan bus elf jurusan temanggung menuju pasar legi. Sesampainya pasar legi di lanjut naik angkutan umum menuju basecamp bansari yang terletak di Desa Bansari, Kecamatan Parakan

Oh iya sahabat perlu di ingat angkutan umum menuju basecamp cuma sampai jam 17:00 WIB jadi jangan samapai kemalaman ya, supaya bisa irit ongkos transportasi. Jika kemalaman sahabat bisa menggunakan jasa Ojek.

Pendakian Gunung Sindoro Via Bansari

  • Basecamp – Pos 1 Sidempul
Perjalanan dari basecamp menuju pos satu di awali dengan menempuh jalur perkebunan palawija perjalanan kurang lebih 3 km dengan waktu 120 menit yang harus kita tempuh dengan berjalan kaki. Rute dari basecamp menuju pos satu ini berupa jalan yang cukup luas dengan susunan batu yang cukup rapi. Selain berjalan kaki menuju pos satu banyak juga jasa ojek yang menawarkan para pendaki untuk mempersingkat waktu.

  • Pos 1 – Pos 2 Turunan
Perjalanan pos satu menuju ke pos dua ini sahabat akan melewati jalan yang kanan kirinya penuh dengan rumput dan pepohonan yang sangat rindang. Awalnya jalannya cukup datar namun selepas sungai pendakian mulai menanjak. Jalur bansari ini bila dibandingkan dengan jalur kledung sangat berbeda sekali. Jalur bansari memiliki karakter hutan yang lebat dengan di tumbuhi pohon – pohon besar, pakis, akasis juga yang tidak kalah lebat yang menutupi jalur pendakian.

Jalur ini sangat disarankan bagi sahabat yang ingin memperoleh sensasi rimba yang masih sangat lebat dan juga bagi kawan yang tidak kuat dengan terik matahari, karena jalur bansari benar benar hutan yang rapat. Di pos dua ada lapak untuk mendirikan satu tenda saja. Waktu tempuh dari pos satu menuju pos dua memakan waktu 90 menit

  • Pos 2 – Pos 3 Tunggangan
Perjalanan menuju pos tiga ini jalur semakin nanjak bahkan tidak ada bonusnya. Menuju pos tiga jalur berupa tanah yang berdebu kalo musim kemarau dan juga terdapat tanjakan curam yang benar – benar harus hati – hati karena jalurnya sempit. Waktu yang diperlukan sampai pos tiga itu sekitar 90 menit tergantung stamina dan kondisi tubuh.

Sesampainya di pos tiga ini tempat lumayan luas tempatnya cukup buat beberapa tenda dan juga terdapat shelter dan sumber airnya. Tapi kalo musim kemarau biasanya tidak ada airnya jadi jangan banyak berharap kalo musim kemarau.

  • Pos 3 – Pos 4 Bukit Soma
Menuju pos empat ini jalur semakin menanjak nanjak tapi bersahabat karena jaraknya yang dekat untuk sampai di pos empat. Pos empat ini berupa tanah lapang yang tidak terlalu luas hanya muat untuk 2-3 tenda saja. Perjalanan pos tiga ke pos empat membutuhkan waktu 40 menit. 

  • Pos 4 – Pos 5 Mlelan
Perjalanan menuju pos lima ini jalur semakin terjal dan medan tanahnya sangat gembur juka musim panas akan banyak debu, jika musim hujan pasti akan sangat licin. Sebelum sampai pos lima nanti kita akan melewati pos ojek yang berupa tanah lapang yang tidak terlalu luas bertulisan pos ojek. Perlu di ketahui pos lima ini sangat bagus buat menikmati pemandangan sunrise. Perjalanan pos empat ke pos lima membutuhkan waktu 120 menit 

  • Pos 5 – Pos 6 Centong
Menuju pos enam jalur berupa rerumputan dan tanah yang berdebu di kelilingi bunga edelweis yang indah. ditambah medan yang nanjaknya semakin terjal. Selain terjal jalur berupa tanah terbuka yang panas bila mendaki siang hari, dan juga berdebu bila musim kemarau. Jarak menuju pos enam itu kira 90 menit perjalanan. Di pos enam ini ada tempat yang cukup untuk mendirikan tenda jika ingin bermalam, pos enam merupakan tanah lapang yang dikelilingi tebing dan pohon edelweis

  • Pos 6 – Puncak
Perjalanan dari pos enam menuju puncak memutuhkan waktu 30 menit. Perlu di perhatikan ketika melewati pos enam ini adalah gas yang akan keluar dari kawah gunung sindoro.

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Sindoro

Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Kembang, Gunung Bismo, Gunung Sindoro, Gunung merapi, Gunung Lawu, Gunung Ungaran.

Puncak Gunung Sindoro

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak sindoro, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Sindoro Via Bansari

  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Persiapkan fisik sebelum hari pendakian tiba
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme 

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro

  • Basecamp – Pos 1 sidempul : 120 menit
  • Pos 1 – Pos 2 Turunan : 90 menit
  • Pos 2 – Pos 3 Tunggangan : 90 menit
  • Pos 3 – Pos 4 Bukit Soma : 40 menit
  • Pos 4 – Pos 5 Mlelan : 120 menit
  • Pos 5 – Pos 6 Centong : 90 menit
  • Pos 6 – Puncak : 30 menit 

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.