Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang, Tambi

 
Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.136 mdpl, Masyarakan biasanya menyebut gunung ini dengan sebutan Sindoro, Sundoro atau Sendoro. Gunung Sindoro adalah termasuk dalam jajaran gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe Strato. Nah sahabat, kali ini saya akan mengupas secara detail mengenai jalur Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang, Tambi.


Informasi Transportasi Menuju Basecamp Sigedang, Tambi

Bagi sahabat yang berdomisili jawa barat untuk menuju basecamp Gunung Sindoro via Tambi bisa menggunakan kereta dengan jurusan Jakarta – Purwokerto. Sesampainya setasiun Purwokerto sahabat bisa naik angkutan umum menuju terminal Mendolo, dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan minu bus jurusan dieng, atau bisa juga menggunakan bus Jakarta – Wonosobo dan turun di terminal Mendolo. Sesampainya di terminal Mendolo sahabat melanjutkan perjalanan dengan mini bus jurusan dieng. Turun di pertigaan Rejosari lanjut jalan kaki kurang lebih 4 km atau naik ojek menuju basecamp Tambi yang terletak di Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Nah Bagi sahabat dari Jawa timur bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo dan turun di terminal Mendolo. Sesampainya di terminal Mendolo sahabat melanjutkan perjalanan dengan mini bus jurusan dieng. Turun di pertigaan Rejosari lanjut jalan kaki kurang lebih 4 km atau naik ojek menuju basecamp Tambi yang terletak di Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Oh iya sahabat perlu di ingat angkutan umum menuju basecamp cuma sampai jam 17:00 WIB jadi jangan samapai kemalaman ya, supaya bisa irit ongkos transportasi. Jika kemalaman sahabat bisa menggunakan jasa Ojek. Perjalanan menuju basecamp kita akan di manjakan pemandangan hamparan kebun teh yang hijau.

Pendakian Gunung Sindoro Via Sigedang, Tambi

  • Basecamp – Pos Bayangan
Perjalanan dari basecamp menuju pos satu kita akan melewati terlebih dahulu Pos Bayangan atau Pintu Masuk menuju pendakian. Menuju pos bayangan membutuhkan waktu 50 menit dengan berjalan kaki, jika kita menuju Pos Bayangan menggunakan jasa Ojek waktu yang di butuhkan sekitar 20 menit.

  • Pos Bayangan – Pos 1
Perjalanan selanjutnya dari Pos Bayangan atau Pintu Masuk, kita mulai memasuki jalan setapak. Rute awal pendakian mendaki Gunung Sindoro via Tambi adalah melewati kawasan Kebun Teh Tambi. Pintu Masuk menuju Pos satu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit.

Pos satu berada di tengah kawasan Kebun Teh Tambi. Meski pendaki lewat jalan setapak, masih ada jalan untuk kendaraan. kita bisa menggunakan jasa ojek sampai ke Pos satu. Perjalanan dengan ojek bisa menghemat stamina dan waktu sekitar 60 menit.

  • Pos 1 – Pos 2
Perjalanan menuju pos dua kita masih akan melalui kawasan Kebun Teh Tambi. Saat cuaca cerah, Gunung Sindoro akan tampak indah dengan latar depan hamparan kebun teh. Perjalanan Pos satu menuju Pos dua membutuhkan waktu kurang-lebih 60 menit.

Oh ya sahabat di jalur pendakian gunung sindoro via tambi dari basecamp menuju pos dua bisa menggunakan jasa ojek atau mobil pick up karena dari basecamp sampai pos dua jalan masih bisa di lalui mobil dan kendaraan, jika sahabat mempunyai cukup uang bisa menyewa jasa ojek supaya menghemat tenaga.

  • Pos 2 – Patok Besi
Menuju patok besi ini jalur yang di lalui sudah mulai setapak, patok besi ini adalah batas Kawasan antara kebun teh dan hutan gunung sindoro. Waktu yang di butuhkan dari pos dua menuju patok besi sekitar 10 menit

  • Patok Besi – Pos 3
Perjalanan menuju pos tiga dari patok besi sekitar 60 menit, hutan di jalur pendakian Gunung Sindoro via Tambi hutan nya tidak terlalu lebat. Pos tiga merupakan tempat untuk mendirikan tenda dan beristirahat. Perjalanan bisa dilanjutkan kembali pada dini hari sekitar pukul 02.00 WIB agar sampai puncak saat sunrise.

  • Pos 3 – Pos 4 Ladang Batu Satu
Kondisi jalur menuju pos empat akan semakin menanjak. Jika kita memulai perjalanan dari Pos tiga pada dini hari akan sedikit diuntungkan karena tidak merasakan panasnya sinar matahari. medan terbuka membuat tidak ada tempat berlindung dari sengatan sinar matahari. Lama waktu perjalanan dari Pos tiga sampai Pos empat adalah sekitar 90 menit. Tanjakan seolah senantiasa setia menemani pendaki menuju pos empat.

  • Pos 4 – Ladang Batu Dua
Pos empat ini mempunyai nama Ladang Batu Satu Sesuai namanya, kondisi jalur pendakian saat tiba di pos empat memang penuh bebatuan. Namun, batu yang dipijak cukup kokoh sehingga tidak licin. Menuju Ladang Batu Dua bisa ditempuh dalam waktu sekitar 70 menit. Kondisi jalan masih tetap menanjak seperti sebelumnya. Namun antara Ladang Batu Satu dan Ladang Batu Dua, kondisi jalan berubah menjadi dari tanah sehingga cukup licin, terutama saat turun gunung.

  • Ladang Batu Dua – Sabana
Kondisi medan berubah menjadi bebatuan menjelang sampai Ladang Batu Dua. Perjalanan dari Pos tiga sampai Ladang Batu Dua bisa dibilang merupakan bagian terberat karena kondisinya yang menanjak. Selanjutnya pendaki akan sampai di Sabana dalam waktu sekitar 30 menit. Jika sudah sampai Sabana, maka perjalanan sudah sampai kawasan puncak. Tanjakan terjal sudah tidak ada lagi. Perjalanan menuju puncak pun tinggal sedikit lagi. 

  • Sabana – Segoro Wedi
Kawasan Puncak Gunung Sindoro memang cukup luas. Selain kawah utama, ada bagian lain seperti Segoro Wedi atau lautan pasir berupa kawah mati yang bisa dicapai dalam waktu 5 menit dari sabana. Waktu yang dibutuhkan sekitar lima menit

  • Segoro Wedi – Puncak
Puncak Gunung Sindoro sudah terlihat dari Segoro Wedi. Pendaki bisa berjalan menuju Puncak Kledung yang ada di sisi selatan kawah utama. Perjalanan tidak lagi melewati tanjakan. Kondisi jalan cukup datar untuk sampai ke sana. Waktu yang di butuhkan sekitar 10 menit

Pemandangan Gunung Lain di Puncak Gunung Sindoro

Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Kembang, Gunung Bismo, Gunung Sindoro, Gunung merapi, Gunung Lawu, Gunung Ungaran.

Puncak Gunung Sindoro

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati ketika mencapai puncak sindoro, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kita abadikan prosesnya, menikmati kopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

Tips Mendaki Gunung Sindoro Via Sigedang, Tambi

  • Mendakilah gunung ketika musim panas bukan musim hujan
  • Persiapkan fisik sebelum hari pendakian tiba
  • Gunakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung lengkap untuk kenyamanan dan keamanan
  • Sebelum mendaki dan setelah mendaki harap melaporkan diri ke basecamp selain buat data juga buat keamanan ketika kita ada kendala ketika mendaki
  • Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vadalisme

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro
  • Basecamp – Pos Bayangan : 50 menit
  • Pos Bayangan – Pos 1 : 20 menit
  • Pos 1 – Pos 2 : 60 menit
  • Pos 2 – Patok Besi : 10 menit
  • Patok Besi – Pos 3 : 60 menit
  • Pos 3 – Pos 4 Ladang Batu 1 : 90 menit
  • Ladang Batu Satu – Ladang Batu Dua : 70 menit
  • Ladang Batu Dua – Sabana : 30 menit
  • Sabana – Segoro Wedi : 5 menit
  • Segoro Wedi – Puncak : 10 menit

Nah sahabat itulah adalah ulasan tentang jalur pendakian Gunung Sindoro via Sigedang, Tambi. lengkap dengan informasi transportasi menuju basecamp, estimasi waktu dan review perjalanan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan ya.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.